Terharu! Anak Autis Hilang, Anjing Pelacak Ini Berhasil Menemukan Jalan Pulang
Ilustrasi Anjing Pelacak. (Suara.com/Tyo)
16:44
26 Juli 2024

Terharu! Anak Autis Hilang, Anjing Pelacak Ini Berhasil Menemukan Jalan Pulang

Di North Carolina, Kantor Sheriff Monroe County menerima telepon bahwa seorang anak berkeliaran sendirian di jalan pada tanggal 7 Juli.

Saat mengirim petugas ke Waxhaw Indian Trail Road, anak tersebut ditemukan dan diamankan, tetapi karena autis dan non-verbal, petugas tersebut tidak tahu ke mana anak tersebut pergi.

Karena respondennya adalah Unit K-9, dan bekerja bersama anjing pelacaknya yang berusia 1 tahun, Remi, Deputi B. Belk memanfaatkan indra penciuman anjing yang luar biasa itu untuk “membalikkan” proses pelacakan penciuman normal untuk menemukan rumah anak laki-laki tersebut. .

“Biasanya, [anjing pengharum] melacak dari mana seseorang pergi untuk mencoba menemukan di mana orang tersebut berada saat ini. Kali ini kami melakukannya secara terbalik,” kata Letnan Pejabat Informasi Publik James Maye kepada CNN.

Baca Juga: Sempat Sesumbar Mau Polisikan Netizen, Robby Purba Akhirnya Minta Maaf

Ilustrasi Anjing Doberman (unsplash/ryan hyde)Ilustrasi Anjing Doberman (unsplash/ryan hyde)

“Seperti yang diketahui banyak pengikut kami, anjing pelacak menggunakan artikel aroma untuk melacaknya. Untuk mendapatkan artikel wewangian yang akan membantu mengidentifikasi rumah anak tersebut, Deputi Belk menggunakan kain kasa steril untuk mengumpulkan aroma dari lengan bawah dan bagian belakang lehernya,” kata pernyataan dari Kantor Sheriff.

“Artikel aroma tersebut diberikan kepada Remi, yang kemudian berhasil melacak mundur sekitar setengah mil sebelum menemukan rumah anak tersebut di lingkungan terdekat.”

Ketika tiba, Deputi Belk menemukan pintu garasi terbuka dan memutuskan bahwa anak tersebut pergi secara rahasia dan tidak terjadi kelalaian tingkat pidana. Dapat dimengerti bahwa orang tuanya sangat bersyukur melihat putra mereka dan Belk memberikan serangkaian “tips” tentang bagaimana mencegah hal serupa terjadi lagi.

Lieutenet Maye menjelaskan teknik reverse tracking kini akan diterapkan dalam kurikulum pelatihan petugas K-9.

“Saya sudah ada selama 10 atau 12 tahun. Saya belum pernah mendengar hal seperti ini dilakukan. Ini bukanlah sesuatu yang biasa dilakukan oleh para pemain ini, namun ini adalah sesuatu yang akan mereka tanamkan dalam latihan mulai saat ini,” kata Maye.

Baca Juga: Kontroversi Robby Purba, Terbaru Dihujat usai Viralkan Sekuriti Pukul Anjing

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #terharu #anak #autis #hilang #anjing #pelacak #berhasil #menemukan #jalan #pulang

KOMENTAR