Kemaluan Pria Ini Harus Diamputasi dan Diganti dengan Jaringan Paha, Penyebabnya Sungguh Tak Terduga
ilustrasi penis berdarah (freepik.com)
12:56
26 Juli 2024

Kemaluan Pria Ini Harus Diamputasi dan Diganti dengan Jaringan Paha, Penyebabnya Sungguh Tak Terduga

Seorang pria berusia 68 tahun di Amerika Serikat terpaksa menjalani amputasi sebagian kemaluannya setelah cincin mainan seks yang dikenakannya menyebabkan gangrene dan menghitamkan organ tersebut.

Pria tersebut mengalami kondisi serius setelah menggunakan cincin ereksi selama sehari penuh, sebelum akhirnya mencoba melepaskannya sendiri dengan tang.

Menurut laporan dalam Urology Case Reports, tim medis berusaha keras menyelamatkan kemaluan pria tersebut yang telah menghitam. Setelah upaya penyelamatan gagal, keputusan untuk mengamputasi bagian ujung kemaluan pun diambil.

Dalam tindakan medis yang tampaknya menjadi yang pertama di dunia, ahli bedah kemudian menggunakan bagian dari paha pria itu untuk membangun kembali kemaluannya.

Baca Juga: Air Mata Bahagia Mengalir, Wanita Tunawisma Akhirnya Punya Rumah Baru Berkat Orang Ini

Dikenal sebagai cincin kemaluan, cincin ketegangan, atau cincin konstriksi, alat ini biasanya digunakan di sekitar pangkal kemaluan atau testis untuk memperlambat aliran darah keluar. Alat ini dapat membantu membuat ereksi lebih keras dan tahan lama, serta dapat meningkatkan kenikmatan seksual bagi sebagian orang.

Namun, pengguna disarankan untuk tidak menggunakannya lebih dari 30 menit setiap kali dan memastikan cincin tersebut pas dengan baik. Cincin harus segera dilepas jika pengguna mengalami nyeri, mati rasa, kesemutan, pembengkakan yang tidak biasa, atau memar.

Perlu diingat bahwa mengenakan cincin konstriksi dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan risiko gangrene, yaitu kondisi ketika jaringan di kemaluan tidak mendapatkan cukup oksigen dan mati akibat terhentinya suplai darah.

Pria tersebut mengaku kepada dokter dari departemen urologi Universitas California, bahwa ia telah memakai cincin itu selama 24 jam dan terpaksa menggunakan tang untuk melepaskannya setelah gagal melepaskannya dengan tangan.

Namun, pria tersebut baru mencari bantuan ke bagian gawat darurat seminggu kemudian setelah mengalami kesulitan buang air kecil. Ia masih merasakan sakit dan pembengkakan di kemaluannya.

Baca Juga: Polisi Tembak Wanita Kulit Hitam di Amerika Serikat, Joe Biden Sampaikan Belasungkawa

Setelah diperiksa oleh tim urologi empat hari kemudian, dokter mencatat bahwa kemaluannya tampak gelap dan melepuh.

Setelah memasang kateter untuk membantunya buang air kecil, pasien dinyatakan dalam kondisi stabil dan dipulangkan ke fasilitas perawatan. Namun, ini bukan akhir dari cerita.

Pasien, yang saat itu tidak memiliki tempat tinggal, kembali ke klinik dua minggu kemudian dengan kondisi kemaluan yang menghitam dari pangkal hingga ujung, menunjukkan bahwa gangrene telah berkembang akibat penggunaan cincin kemaluan yang berkepanjangan tiga minggu sebelumnya.

Dokter segera memberikan antibiotik untuk menghentikan nekrosis jaringan. Pasien kemudian dibawa ke ruang operasi keesokan harinya, di mana ahli bedah mulai melakukan proses pengangkatan jaringan mati yang menghitam hingga mencapai jaringan sehat. Keputusan dibuat untuk sepenuhnya mengamputasi kepala kemaluannya setelah menemukan jaringan "hitam tebal" yang tidak bisa diselamatkan.

Setelah pemulihan selama seminggu, pasien mengalami pengangkatan jaringan mati lebih lanjut sebelum dokter memfokuskan perhatian pada rekonstruksi kemaluannya. Mereka mengambil kulit seluas delapan kali 13 cm dari paha kanannya dan mencangkokkannya di sekitar batang kemaluan pria tersebut.

"Sejauh yang kami tahu, ini adalah deskripsi pertama dari pemanfaatan teknik ini secara berhasil untuk kehilangan jaringan setelah pembersihan nekrosis kemaluan akibat penggunaan cincin konstriksi," tulis para dokter dalam laporan tersebut.

Mereka melaporkan bahwa pria itu tetap stabil setelah operasi, dan sekitar 85 persen dari cangkok kulit berhasil menempel pada kemaluannya. Pasien dipasangkan kateter baru melalui perutnya untuk membantunya buang air kecil - biasanya kateter dipasang melalui kemaluan - yang tampaknya berfungsi dengan baik.

Pria itu kembali dipulangkan ke fasilitas perawatan, tetapi akan terus dipantau dengan kunjungan rutin ke klinik, tambah para dokter.

Editor: Bella

Tag:  #kemaluan #pria #harus #diamputasi #diganti #dengan #jaringan #paha #penyebabnya #sungguh #terduga

KOMENTAR