Kontroversi Alkohol dan Rokok, Tim Senam Putri Jepang Terguncang Jelang Olimpiade
11:28
20 Juli 2024

Kontroversi Alkohol dan Rokok, Tim Senam Putri Jepang Terguncang Jelang Olimpiade

Shoko Miyata, kapten tim senam artistik wanita Jepang berusia 19 tahun, telah mengundurkan diri dari skuad untuk Olimpiade Paris setelah melanggar kode etik tim dengan merokok, kata Asosiasi Senam Jepang pada hari Jumat.

Pejabat JGA mengatakan Miyata tiba di Jepang pada hari Kamis setelah meninggalkan kamp pelatihan tim di Monaco untuk penyelidikan, yang mengkonfirmasi pelanggaran tersebut termasuk meminum alkohol.

Skuad putri akan bertanding dengan empat atlet, bukan lima, kata JGA pada konferensi media.

“Kami meminta maaf dari lubuk hati kami yang terdalam atas hal ini,” kata Presiden JGA Tadashi Fujita sambil membungkuk dalam-dalam bersama pejabat lainnya termasuk pelatih pribadi Miyata, Mutsumi Harada.

Baca Juga: Selain Justin Hubner, Ini Barisan Pemain Timnas Indonesia yang Kariernya Nelangsa di Liga Jepang

Warga dengan masker pelindung akibat mewabahnya virus korona, berada di depan cincin Olimpiade 2020 di area tepi laut Taman Marina Odaiba, Tokyo, Jepang, Kamis (27/2/2020). [Antara Foto/Reuters/Athit Perawongmetha]Ilustrasi Olimpiade. [Antara Foto/Reuters/Athit Perawongmetha]

Harapan tinggi tertuju pada tim senam putri Jepang, yang berupaya memenangkan medali beregu di Olimpiade Paris untuk pertama kalinya sejak Olimpiade Tokyo 1964.

Miyata diharapkan memimpin tim yang seluruhnya terdiri dari atlet Olimpiade pertama dan remaja setelah dia mengamankan tempatnya di Paris pada bulan Mei dengan trofi NHK ketiga berturut-turut.

Pelatih Harada mengatakan meskipun tindakan Miyata ceroboh, dia berada di bawah tekanan ekstrem untuk tampil di level tertinggi.

“Dia menghabiskan hari-harinya dengan sangat terbebani dengan begitu banyak tekanan,” katanya sambil menyeka air mata. “Saya mohon orang-orang memahami hal itu.”

Kesehatan mental yang dihadapi para atlet muda menjadi pusat perhatian pada Olimpiade terakhir di Tokyo ketika bintang senam Simone Biles menarik diri dari kompetisi satu demi satu.

Baca Juga: Media Luar Ungkap Borok Sederet Pemain Indonesia Gagal Total di Liga Jepang

Senam artistik adalah salah satu olahraga terpopuler di Olimpiade Musim Panas dan akan diadakan mulai 27 Juli hingga 5 Agustus.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #kontroversi #alkohol #rokok #senam #putri #jepang #terguncang #jelang #olimpiade

KOMENTAR