Dari Riwayat Pencarian di Internet, Penyerang Trump Diduga Juga Incar Biden dan Sejumlah Tokoh Penting
Thomas Crooks terduga Penembakan terhadap mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump [Foto NDTV]
09:40
19 Juli 2024

Dari Riwayat Pencarian di Internet, Penyerang Trump Diduga Juga Incar Biden dan Sejumlah Tokoh Penting

Pihak berwenang yang meninjau riwayat pencarian di internet terhadap individu yang menembak mantan Presiden Donald Trump telah menemukan indikasi yang menunjukkan potensi gangguan depresi dan ketertarikan pada berbagai tokoh masyarakat selain Trump.

Thomas Matthew Crooks, penyerang berusia 20 tahun yang ditembak mati oleh penegak hukum, dilaporkan meneliti "gangguan depresi berat" pada perangkat elektroniknya dan memeriksa tanggal acara Trump dan Konvensi Nasional Partai Demokrat sebelum penembakan pada rapat umum Trump di Pennsylvania , menurut The New York Times, mengutip sumber informasi dalam penyelidikan.

Selain Trump, Crooks, dalam penelusuran daringnya, juga mencari Presiden Joe Biden dan beberapa tokoh politik lainnya, termasuk seorang bangsawan Inggris yang dirahasiakan.

Thomas Matthew Crooks (youtube)Thomas Matthew Crooks (youtube)

Dalam diskusi dengan anggota Kongres, pejabat FBI menyoroti ketertarikan Crooks terhadap individu-individu berpengaruh dan terkenal, yang menunjukkan tidak adanya afiliasi politik yang jelas. Crooks juga menyelidiki Direktur FBI Christopher Wray dan Jaksa Agung Merrick Garland, menurut The New York Times.

Baca Juga: Elon Musk Bakar Uang Rp 728 Miliar Setiap Bulan untuk Kampanye Trump

Selama percakapan ini, pihak berwenang membahas pesan-pesan di situs game Steam yang mengisyaratkan terjadinya penembakan, meskipun penegak hukum menolak pesan-pesan ini dan menganggapnya palsu.

Seseorang memposting di Steam, '13 Juli akan menjadi pemutaran perdana saya, saksikan kelanjutannya,' menurut Fox News. Tinjauan profil pengguna oleh NBC News mengungkapkan bahwa akun tersebut kemudian berganti nama menjadi Thomas M. Crooks sehari setelah penembakan.

Meskipun penyelidikan sedang dilakukan, para pejabat belum mengidentifikasi motif signifikan di balik penembakan yang mengakibatkan satu korban jiwa tersebut.

Donald Trump ditembak saat berpidato di Pennsylvania, Sabtu (13/07/2024) (Twitter/DonaldTNews)Donald Trump ditembak saat berpidato di Pennsylvania, Sabtu (13/07/2024) (Twitter/DonaldTNews)

Crooks, yang diidentifikasi sebagai anggota Partai Republik terdaftar yang juga menyumbang ke komite aksi politik progresif pada tahun 2021, digambarkan oleh kenalannya sebagai orang yang pendiam dan cerdas, dengan beberapa menyebutkan pengalaman penindasan di masa lalu selama masa sekolahnya.

Dia tidak memiliki catatan kriminal dan tidak berhasil bergabung dengan tim senapan sekolah menengahnya karena keahlian menembak yang buruk.

Baca Juga: Aksi Nekat Thomas Matthew Crooks Dorongan Politik Atau Ideologi?

Penegakan hukum, sesuai laporan sebelumnya dari The New York Times, menemukan alat peledak dengan unit penerima radio di kendaraan Crooks yang diparkir di dekat rapat umum, yang menunjukkan potensi ledakan jarak jauh.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #dari #riwayat #pencarian #internet #penyerang #trump #diduga #juga #incar #biden #sejumlah #tokoh #penting

KOMENTAR