Karyawan Museum Jerman Menukar Lukisan Asli dengan Palsu, Jual untuk Gaya Hidup Mewah
Ilustrasi lukisan atau Karyawan Museum Jerman Menukar Lukisan Asli dengan Palsu, Jual untuk Gaya Hidup Mewah(Shutterstock).
01:04
19 Juli 2024

Karyawan Museum Jerman Menukar Lukisan Asli dengan Palsu, Jual untuk Gaya Hidup Mewah

Seorang karyawan museum Jerman harus mendekam di balik jeruji usai aksi licik yang dilakukan selama bekerja. Pasalnya, seorang pegawai itu menukar lukisan asli dengan palsu.

Hasil dari aksi pencurian lukisan tersebut, karyawan tersebut menjualnya untuk gaya hidup lebih mewah.

Karena undang-undang privasi Jerman yang ketat, identitas mantan pegawai Museum Deutsches di Munich yang berusia 30 tahun belum diungkapkan kepada publik.

Namun, dilaporkan bahwa ia mengaku mengganti setidaknya empat lukisan dengan salinan di Jerman. periode dia bekerja di sana (2016 – 2018).

Baca Juga: Kisah Pilu Lin, Diperas Foto Sensitif oleh Suami, Wanita Ini Pilih Cerai dan Ungkap Semuanya

Ia diduga menjual karya seni tersebut di beberapa lelang, menggunakan uangnya untuk melunasi hutang dan kemudian membeli barang-barang mewah, termasuk Rolls-Royce dan jam tangan mahal.

Rumah lelang yang terlibat dalam penjualan tiga lukisan yang dicuri mengatakan bahwa tidak mungkin mengidentifikasi lukisan-lukisan itu sebagai barang curian.

“Terdakwa tanpa malu-malu mengeksploitasi kesempatan untuk mengakses ruang penyimpanan… dan menjual aset budaya yang berharga demi menjamin standar hidup yang tinggi bagi dirinya sendiri dan untuk pamer,” demikian isi persidangan dari jaksa penuntut.

Pegawai museum yang tidak disebutkan namanya mencuri “Das Märchen vom Froschkönig” (Kisah Pangeran Katak) karya Franz von Stuck, menggantinya dengan yang palsu, dan melelang yang asli.

Dia mengatakan kepada rumah lelang bahwa karya seni itu adalah milik kakek dan nenek buyutnya, dan berhasil mendapatkan hampir 50.000 euro ($52.000) tunai, setelah biaya lelang dipotong.

Baca Juga: Rusia Lancarkan Serangan Udara Bertubi-tubi di Myrhorod dan Kremenchuk Ukraina

Dia kemudian menukar “Die Weinprüfung” (Tes Anggur) oleh Eduard von Grützner dan “Zwei Mädchen beim Holzsammeln im Gebirge” (Dua Gadis Mengumpulkan Kayu di Pegunungan) oleh Franz von Defregger dan menjualnya di rumah lelang yang sama, menghasilkan puluhan ribuan euro.

Dia juga mencuri “Dirndl” karya Franz von Defregger, dan mencoba menjualnya melalui rumah lelang lain di Munich, tetapi tidak terjual.

Pada akhirnya, pria berusia 30 tahun itu berhasil menghindari hukuman penjara, namun dijatuhi hukuman percobaan 21 bulan dan diperintahkan untuk membayar kembali museum lebih dari $64.000.

Dalam putusannya, pengadilan berpendapat bahwa mereka telah mempertimbangkan pengakuan pria tersebut dan fakta bahwa dia menunjukkan ‘penyesalan yang tulus’.

“Dia bilang dia bertindak tanpa berpikir,” bunyi putusan pengadilan. “Dia tidak bisa lagi menjelaskan perilakunya hari ini.”

Pencurian yang dilakukan oleh karyawan tersebut diketahui ketika seorang peneliti sumber memperhatikan bahwa Das Märchen vom Froschkönig adalah “salinan yang cukup kikuk,” meskipun berada dalam bingkai yang benar, yang menunjukkan bahwa seseorang telah menukarnya dengan salinan.
Penyelidikan lebih lanjut terhadap depo penyimpanan museum menghasilkan penemuan tiga lukisan lainnya yang hilang.

“Staf kami semuanya sangat dapat diandalkan, namun tidak banyak yang dapat Anda lakukan jika salah satu karyawan menyimpan energi kriminal. Dia tidak memiliki rekor sebelumnya dan tidak ada cara untuk mengetahui bahwa dia mampu melakukan hal ini ketika kami mempekerjakannya,” kata juru bicara Deutsches Museum.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #karyawan #museum #jerman #menukar #lukisan #asli #dengan #palsu #jual #untuk #gaya #hidup #mewah

KOMENTAR