Mengerikan! Dari Lincoln Hingga Reagan, Ini Sederet Upaya Pembunuhan Presiden AS
Lukisan Wajah Abraham Lincoln (Unsplash.com )
15:40
15 Juli 2024

Mengerikan! Dari Lincoln Hingga Reagan, Ini Sederet Upaya Pembunuhan Presiden AS

Insiden penembakan yang menyasar mantan presiden yang juga calon presiden AS, Donald Trump membuka ingatan pada beberapa sosok pemimpin Amerika Serikat yang pernah menghadapi kejadian serupa.

Beberapa pemimpin AS telah menjadi korban penembakan, baik dalam bentuk upaya pembunuhan maupun insiden tragis yang mengakhiri hidup mereka. Berikut adalah daftar beberapa pemimpin Amerika Serikat yang ditembak:

1. Abraham Lincoln

Abraham Lincoln, Presiden AS ke-16. (Pixabay/skeeze)Abraham Lincoln, Presiden AS ke-16. (Pixabay/skeeze)

Abraham Lincoln, Presiden ke-16 Amerika Serikat, ditembak oleh John Wilkes Booth, seorang aktor dan simpatisan Konfederasi, pada malam 14 April 1865 di Teater Ford di Washington, D.C. Lincoln meninggal pada pagi berikutnya, 15 April 1865. Pembunuhan Lincoln terjadi beberapa hari setelah berakhirnya Perang Saudara Amerika, menjadikannya presiden pertama yang dibunuh dalam sejarah AS (Tokchart).

Baca Juga: Donald Trump Ditembak Saat Kampanye, Kepolisian Jepang Tak Mau Kecolongan dan Bakal Lakukan Ini

2. James A. Garfield

James A. Garfield (instagram)James A. Garfield (instagram)

James A. Garfield, Presiden ke-20 Amerika Serikat, ditembak oleh Charles J. Guiteau, seorang pengacara dan penulis yang kecewa, pada 2 Juli 1881, di stasiun kereta api Baltimore and Potomac di Washington, D.C. Garfield akhirnya meninggal pada 19 September 1881, setelah menderita infeksi yang disebabkan oleh luka tembak tersebut (Tokchart).

3. William McKinley

William McKinley (instagram)William McKinley (instagram)

William McKinley, Presiden ke-25 Amerika Serikat, ditembak oleh Leon Czolgosz, seorang anarkis, pada 6 September 1901, saat menghadiri Pan-American Exposition di Buffalo, New York. McKinley meninggal delapan hari kemudian pada 14 September 1901, akibat gangren yang berkembang dari luka tembak (Tokchart).

4. John F. Kennedy

Baca Juga: Terungkap! Alasan Donald Trump Kepalkan Tangan saat Diserang Pria Bersenjata

Foto John F. Kennedy. (Shutterstock)Foto John F. Kennedy. (Shutterstock)

John F. Kennedy, Presiden ke-35 Amerika Serikat, ditembak oleh Lee Harvey Oswald pada 22 November 1963, saat berparade di Dealey Plaza, Dallas, Texas. Kennedy dinyatakan meninggal segera setelahnya. Pembunuhan ini memicu berbagai teori konspirasi dan penyelidikan resmi, termasuk penyelidikan oleh Komisi Warren yang menyimpulkan bahwa Oswald bertindak sendirian (Tokchart) (Inquirer Global Nation).

5. Theodore Roosevelt

 Patung Theodore Roosevelt akan diturunkan.(Anadolu Agency/Tayfun Coskun)Patung Theodore Roosevelt akan diturunkan.(Anadolu Agency/Tayfun Coskun)

Theodore Roosevelt, mantan Presiden ke-26 Amerika Serikat, ditembak oleh John Flammang Schrank pada 14 Oktober 1912, saat berkampanye untuk pemilihan presiden sebagai calon Partai Progresif. Meskipun terkena peluru di dada, Roosevelt tetap melanjutkan pidatonya selama 90 menit sebelum menerima perawatan medis. Untungnya, Roosevelt berhasil pulih sepenuhnya dari cedera tersebut (Inquirer Global Nation).

6. Ronald Reagan

Presiden Amerika Serikat ke-40, Ronald Reagan ( Instagram : ronaldreagan86)Presiden Amerika Serikat ke-40, Ronald Reagan ( Instagram : ronaldreagan86)

Ronald Reagan, Presiden ke-40 Amerika Serikat, ditembak oleh John Hinckley Jr. pada 30 Maret 1981, di luar Hotel Hilton di Washington, D.C. Reagan tertembak di paru-paru tetapi berhasil pulih setelah menjalani operasi. Upaya pembunuhan ini meningkatkan keamanan presiden dan mempengaruhi pandangan publik tentang kesehatan dan ketahanan presiden (Inquirer Global Nation).

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #mengerikan #dari #lincoln #hingga #reagan #sederet #upaya #pembunuhan #presiden

KOMENTAR