Wajah Palsu, Kejahatan Nyata: Topeng Silikon Picu Gelombang Aksi Kriminal di China
Ilustrasi topeng (pexels)
10:20
15 Juli 2024

Wajah Palsu, Kejahatan Nyata: Topeng Silikon Picu Gelombang Aksi Kriminal di China

Serangkaian pencurian yang melibatkan penggunaan masker wajah silikon ultra-realistis di China telah memicu perdebatan mengenai legalitas produk yang banyak tersedia ini.

Pada bulan Maret tahun ini, empat rumah di Shanghai dibobol, dan lebih dari 100.000 yuan ($13.760) barang berharga dicuri. Ketika polisi mengidentifikasi tersangka utama, mereka menemukan bahwa pria berusia 40 tahun tersebut menggunakan masker silikon untuk menyamar sebagai orang tua saat melakukan kejahatan.

Bulan lalu, polisi yang menyelidiki serangkaian pencurian di Provinsi Jiangsu mengidentifikasi seorang pria yang menyamar sebagai pekerja listrik menggunakan masker realistis untuk meminimalkan risiko diidentifikasi. Ini hanya dua contoh dari tren yang berkembang di China yang menurut para ahli dapat menyebabkan lonjakan kejahatan kecuali penjualan masker silikon realistis diatur.

"Memproduksi masker tidak salah," kata pengacara Liu Jiong dari Universitas Xiamen kepada Legal Daily. "Kuncinya adalah mengatur penggunaannya. Otoritas terkait harus menilai realisme masker wajah."

Baca Juga: Viral Oknum Aparat dan Warga Saling Tilang, Kaca Spion Diduga Jadi Persoalan

Topeng Wajah Silikon (ist)Topeng Wajah Silikon (ist)

Masalah lain dengan masker silikon di China adalah ketersediaannya yang luas melalui penjual online yang memastikan masker dibuat sesuai ukuran yang diminta oleh pembeli dan se-realistis mungkin. Beberapa bisnis di platform seperti Taobao menjual masker silikon mirip selebriti, tetapi yang lain menerima hampir semua pesanan selama klien dapat memberikan semua detail yang diperlukan untuk pembuatan masker, seperti foto, ukuran, dan bahkan pemindaian 3D.

"Setelah Anda melakukan pemesanan, kami akan mengarahkan Anda ke titik pemindaian 3D lokal. Jika Anda tidak bisa pergi, berikan foto, ukuran kepala, dan gambar wajah 360 derajat," kata seorang penjual online kepada calon klien.

Jelas, tidak semua orang membeli masker silikon ultra-realistis untuk melakukan kejahatan. Beberapa orang hanya ingin bersenang-senang dengan masker selebriti favorit mereka, mengerjai teman, atau sekadar penasaran. Namun, majalah China Shine menulis bahwa produk yang lebih mahal dalam pasar niche ini sering dibeli untuk tujuan yang sangat spesifik, seperti membuka kunci ponsel pasangan dengan pengenalan wajah, menghindari sistem pengenalan wajah yang kurang canggih, atau mencatat kehadiran di tempat kerja saat bekerja dari rumah.

Ilustrasi pencurian. (Pixabay/Thedigitalway)Ilustrasi pencurian. (Pixabay/Thedigitalway)

Masker silikon berkualitas tinggi dapat berharga hingga 23.000 yuan ($3.200) dan membutuhkan waktu hingga sebulan untuk dibuat, tetapi beberapa penjual bahkan menjamin pengembalian uang jika masker tidak bisa melewati pengenalan wajah smartphone. Beberapa klien di Taobao mengonfirmasi bahwa masker bekerja dengan beberapa sistem pengenalan wajah smartphone, tetapi kesulitan dengan perangkat lunak yang fokus pada tes warna mata dan kulit.

China bukan satu-satunya negara di dunia di mana penjahat menggunakan masker silikon untuk melakukan kegiatan jahat, tetapi kemungkinan menggunakan penyamaran semacam itu untuk menghindari teknologi pengenalan wajah merupakan masalah besar di negara di mana pengawasan hampir ada di mana-mana. Ancaman ini tampaknya begitu besar sehingga setelah peningkatan penggunaan masker silikon untuk aktivitas kriminal, beberapa situs e-commerce telah menyensor pencarian untuk masker silikon.

Baca Juga: Beri Uang Gepokan 12 Tingkat ke Aurel, Segini Penghasilan YouTube Atta Halilintar

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #wajah #palsu #kejahatan #nyata #topeng #silikon #picu #gelombang #aksi #kriminal #china

KOMENTAR