Fakta Thomas Matthew Crooks, Sosok Penembak Donald Trump Diduga Republikan
Donald Trump
17:08
14 Juli 2024

Fakta Thomas Matthew Crooks, Sosok Penembak Donald Trump Diduga Republikan

FBI telah mengidentifikasi penembak dalam upaya pembunuhan terhadap mantan presiden Donald Trump sebagai Thomas Matthew Crooks yang berusia 20 tahun.

Dinas Rahasia AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penembak "melepaskan beberapa tembakan ke arah panggung dari posisi tinggi di luar rapat umum" sebelum "dinetralisir" oleh agen.

Donald Trump dilarikan dari panggung dengan darah berlumuran di wajahnya setelah penembakan di Butler.

Thomas Matthew Crooks disebut oleh FBI "sebagai subjek yang terlibat dalam upaya pembunuhan Donald Trump". Catatan pendaftaran pemilih menunjukkan bahwa dia terdaftar sebagai seorang Republikan.

Baca Juga: Rekaman Detik-detik Donald Trump Ditembak saat Kampanye di Pennsylvania

Donald Trump jadi korban penembakan saat kampanye [X/Trump M via George]Donald Trump jadi korban penembakan saat kampanye [X/Trump M via George]

Thomas Matthew Crooks adalah penduduk Bethel Park di Pennsylvania. Dia tampaknya telah lulus pada tahun 2022 dari Sekolah Menengah Bethel Park. Dia bahkan menerima "penghargaan bintang" sebesar $500 pada tahun itu dari National Math and Science Initiative, menurut The Tribune-Review di Pennsylvania barat.

Dia dipersenjatai dengan senapan semi-otomatis AR-15. Beberapa saksi mengatakan mereka melihatnya sebelum penembakan dan memberi tahu pihak berwenang.
Crooks ditempatkan di atap gedung sekitar 130 meter dari panggung tempat Donald Trump berpidato di rapat umum.

Dia ditembak mati oleh pejabat Dinas Rahasia setelah serangan terhadap mantan Presiden AS berusia 78 tahun itu. Polisi mengatakan motif Crooks di balik penembakan terhadap calon presiden dari Partai Republik itu tidak jelas.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #fakta #thomas #matthew #crooks #sosok #penembak #donald #trump #diduga #republikan

KOMENTAR