Tahun 2027, Amsterdam Akan Punya Pelabuhan Terapung Canggih!
Kanal Amsterdam. (pixabay.com/zwaan6)
22:12
11 Juli 2024

Tahun 2027, Amsterdam Akan Punya Pelabuhan Terapung Canggih!

Pemerintah Kota Amsterdam, Belanda belum lama ini mengumumkan rencana ambisius untuk membangun pelabuhan terapung yang inovatif di jantung kota. Proyek ini bertujuan untuk mengatasi tantangan ruang yang terbatas dan menciptakan ruang publik baru yang berkelanjutan.

Pelabuhan terapung yang akan berlokasi di persimpangan Sungai IJ dan Kanal Timur, akan terdiri dari platform modular yang mengapung di atas air. Platform ini akan digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk dermaga untuk kapal, ruang publik, dan fasilitas rekreasi.

Desain pelabuhan terapung berfokus pada keberlanjutan dan ketahanan. Platform akan dilengkapi dengan panel surya untuk menghasilkan energi terbarukan, dan desainnya memperhitungkan kemungkinan kenaikan permukaan air laut.

Sepeda di jembatan kanal Amsterdam. (Pixabay/RalfGervink)Sepeda di jembatan kanal Amsterdam. (Pixabay/RalfGervink)

Proyek ini diharapkan akan memberikan sejumlah manfaat bagi kota Amsterdam. Di antaranya mampu meningkatkan ruang publik karena pelabuhan terapung akan menciptakan lebih dari 100.000 meter persegi ruang publik baru, yang akan digunakan untuk taman, alun-alun, dan area rekreasi.

Baca Juga: Evan Dimas Ungkap Alasan Pilih Persik Kediri Jadi Pelabuhan Baru

Selain itu proyek ini juga diharapkan mampu meningkatkan konektivitas. Platform akan dihubungkan ke jaringan transportasi kota, menyediakan akses mudah melalui feri dan jalur sepeda. Pelabuhan terapung akan mengurangi kemacetan lalu lintas dengan menyediakan alternatif untuk pengiriman barang melalui jalan darat.

Pembangunan ini juga diproyeksikan mampu mendorong inovasi, di mana pelabuhan terapung akan berfungsi sebagai pusat untuk inovasi dan pengembangan di bidang konstruksi terapung dan teknologi berkelanjutan.

Pemerintah Kota Amsterdam bekerja sama dengan Perusahaan Air Belanda (Rijkswaterstaat) dan konsorsium perusahaan untuk mengembangkan proyek ini. Konstruksi pelabuhan terapung diharapkan dimulai pada tahun 2024 dan selesai pada tahun 2027.

"Pelabuhan terapung adalah proyek transformatif yang akan merevolusi garis pantai Amsterdam," kata Wali Kota Amsterdam Femke Halsema. "Ini akan menciptakan ruang publik yang dinamis dan berkelanjutan, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi dan inovasi di kota kita."

Baca Juga: ASDP Perangi Calo Tiket di 4 Pelabuhan Utama

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #tahun #2027 #amsterdam #akan #punya #pelabuhan #terapung #canggih

KOMENTAR