Brasil Dilanda Banjir, 90 Orang Tewas dan 155.000 Mengungsi
Pesawat terendam banjir di Bandara Porto Alegre, Rio Grande do Sul, Brasil, pada 6 Mei. (Diego Vara/Reuters)
15:00
8 Mei 2024

Brasil Dilanda Banjir, 90 Orang Tewas dan 155.000 Mengungsi

Pihak berwenang mengatakan banjir kemarin sebagai bencana iklim terburuk yang pernah melanda Brasil Selatan. Korban tewas telah meningkat menjadi 90 orang.

Hujan lebat telah membanjiri sebagian besar negara bagian Rio Grande do Sul, menyebabkan lebih dari 155.000 orang mengungsi. Banjir juga memaksa penutupan bandara utama di negara bagian tersebut.

Dilansir dari The Guardian, Rabu (8/5), foto-foto Bandara Porto Alegre, salah satu bandara tersibuk di Brasil, menunjukkan terminal utama terendam seluruhnya. Terlihat sebuah pesawat kargo diparkir di hamparan air di samping sepasang tangga keberangkatan yang setengah terendam.

Setidaknya 361 orang terluka dan 131 orang hilang, Gubernur Negara Bagian Eduaro Leite menyebut sebagai bencana iklim terbesar yang pernah ada.

”Negara bagian ini menghadapi situasi seperti perang,” kata Leite kepada wartawan pada Minggu (5/5) ketika Presiden Luiz Inácio Lula da Silva terbang ke wilayah tersebut untuk mengawasi upaya penyelamatan.

”Ini adalah salah satu peristiwa yang akan tercatat dalam sejarah,” tambah Leite, yang telah mengumumkan keadaan darurat di 397 dari 497 kota kecil dan kecil di negara bagiannya.

Salah satu kota yang terkena dampak paling parah adalah Ibu Kota Negara Bagian Porto Alegre, di sepanjang Sungai Guaíba.

Ketinggian saluran air mencapai rekor tertinggi 5,33 meter (17,5 kaki) pada Minggu (5/5), bahkan lebih tinggi dibandingkan banjir bersejarah tahun 1941 ketika hujan turun selama lebih dari 20 hari berturut-turut.

”Porto Alegre telah hancur, menyebabkan hampir seluruh kota tanpa pasokan air, listrik, dan makanan,” tulis surat kabar O Globo melaporkan pada Selasa (7/5), menggambarkan situasi kesedihan yang belum pernah terjadi sebelumnya di kota berpenduduk 1,4 juta jiwa.

Jurnalis lokal Rodrigo Lopes mengunggah sebuah video di mana dia tampak mendayung kano melalui jalan-jalan yang biasanya ramai, melewati pusat perbelanjaan dan bank yang banjir.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #brasil #dilanda #banjir #orang #tewas #155000 #mengungsi

KOMENTAR