10 Jasad Korban Tabrakan 2 Helikopter di Malaysia Teridentifikasi, 3 di Antaranya Wanita
Bangkai helikopter Agusta Westland AW139 yang jatuh di tribun Stadion Angkatan Laut Malaysia setelah bertabrakan dengan helikopter Eurocopter Fennec di Kota Lumut, Selasa (23/4/2024). 10 jasad korban tabrakan dua helikopter yang terjadi di Malaysia berhasil diidentifikasi. Adapun tiga diantaranya adalah wanita. 
15:30
23 April 2024

10 Jasad Korban Tabrakan 2 Helikopter di Malaysia Teridentifikasi, 3 di Antaranya Wanita

10 jenazah korban tabrakan dua helikopter saat latihan parade Angkatan Laut Malaysia di Lumut, Perak, Malaysia pada Selasa (23/4/2024) berhasil teridentifikasi.

Dikutip dari The Star, Kepala Polisi Perak, Komandan Datuk Seri Mohd Yusri Hassan Basri mengungkapkan dari 10 jenazah tersebut, tiga di antaranya adalah wanita.

Kini, katanya, seluruh jenazah masih berada di rumah sakit pangkalan angkatan laut malaysia yaitu RS Raja Permaisuri Bainun di Ipoh untuk keperluan post-mortem.

Yusri juga mengungkapkan seluruh keluarga dari korban tabrakan helikopter ini sudah diberitahu.

"Keluarga mereka telah diberitahu," katanya singkat.

Yusri menambahkan bahwa informasi lebih lanjut terkait para korban bakal diumumkan lebih lanjut oleh Angkatan Laut Malaysia.

"Penyelidikan dipimpin oleh Angkatan Laut, dengan bantuan dari Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta kepolisian setempat," tuturnya.

Di sisi lain, satu korban tewas sudah diketahui namanya yaitu seorang perwira bernama Muhammad Faisol Tamadun.

Masih dikutip dari The Star, hal ini diketahui dari salah satu unggahan di Facebook dari rekan Tamadun bernama Zakaria Md Disa.

"Al Fatihah teman saya Muhammad Faisol Tamdun. Semoga semuanya dimudahkan. Tunggu kami," tulis Zakaria.

Sebeleumnya, dua helikopter bertabrakan saat latihan untuk parade Angkatan Laut Malaysia (TLDM) di negara bagian barat Perak, Malaysia pada Selasa (23/4/2024) pukul 09.32 pagi waktu setempat.

Dikutip dari The Straits Times, tabrakan helikopter ini mengakibatkan 10 kru tewas.

"Semua korban dipastikan tewas di tempat kejadian dan dikirim ke rumah sakit pangkalan militer Lumut untuk diidentifikasi," demikian pernyataan resmi dari Angkatan Laut Malaysia.

Sementara berdasarkan rekaman video amatir yang beredar di media sosial, ada delapan helikopter yang melakukan latihan untuk parade.

Lalu, ada dua helikopter yang justru tampak terlalu dekat hingga membuat tabrakan tak terhindarkan.

Akibatnya salah satu helikopter menabrak baling-baling helikopter lain dan membuat keduanya jatuh berputar-putar.

Pasca-insiden ini, Angkatan Laut Malaysia bakal membentuk dewan penyidik untuk menyelidiki penyebabnya.

Di sisi lain, masyarakat juga diminta untuk tidak menyebarkan video insiden tersebut demi melindungi privasi kelaurga korban dan proses investigasi.

Adapun dua helikopter yang terlibat dalam kecelakaan ini adalah Fennec dengan nomor helikopter M502-6 dan AW 139 dengan nomor helikopter HOM M503-3.

Untuk helikopter Fennec, terdapat tiga kru yang berada di dalamnya.

Sedangkan untuk helikopter AW 139, ada tujuh kru yang menjadi penumpang.

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto)

Editor: Tiara Shelavie

Tag:  #jasad #korban #tabrakan #helikopter #malaysia #teridentifikasi #antaranya #wanita

KOMENTAR