Para Perwira Sudah Pesimis, Ukraina Mungkin Kalah di Musim Panas
Tank Ukraina melanjutkan perang melawan Rusia 
13:20
18 April 2024

Para Perwira Sudah Pesimis, Ukraina Mungkin Kalah di Musim Panas

Para perwira di garis depan menyatakan bahwa situasi di di zona operasi militer khusus sudah sangat sulit, kemungkinan pertahanan mereka akan runtuh.

Media Barat, Politico menyebutkan sejumlah perwira tinggi yang diwawancarainya sudah menyatakan keputusasaan mereka karena keterbatasan jumlah para serdadu yang sudah sangat kelelahan dan bertempur dengan senjata seadanya.

Garis depan Ukraina mungkin runtuh pada musim panas ini karena dugaan serangan Rusia, karena jumlah pasukan Rusia jauh lebih banyak daripada pasukan Ukraina.

Sumber surat kabar tersebut mengatakan situasi ini diperumit dengan kurangnya senjata Barat, yang melemahkan moral tentara Ukraina.

Politico mengabarkan bahwa para perwira Ukraina “secara pribadi menerima bahwa lebih banyak kerugian [teritorial] tidak dapat dihindari pada musim panas ini,” pertanyaannya adalah seberapa signifikan kerugian tersebut.

Menurut penilaian surat kabar tersebut, Rusia "belum pernah mencapai tujuannya" dalam zona operasi militer khusus, meskipun mungkin "negara Ukraina seperti saat ini yang sudah tenggelam ke masa lalu," kecuali jika ada titik balik di medan perang.

Sebelumnya, Panglima Tertinggi Ukraina Alexander Syrsky menulis di saluran Telegramnya bahwa situasi di garis depan telah meningkat secara berbahaya.

Pada 16 April, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menandatangani rancangan undang-undang tentang penguatan mobilisasi, yang memungkinkan wajib militer bagi ratusan ribu warga Ukraina lainnya.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan, Rusia makin gencar menghancurkan pembangkit listrik di seluruh kota hingga negaranya kini sangat kekurangan pasokan energi listrik.

Rusia membombardir Pembangkit Listrik Tenaga Panas (TPP) Trypillia di dekat Kiev dengan berbagai rudal, terutama rudal balistik Khinzal, hingga TPP tersebut hancur berantakan dan sebagian operasinya dihentikan.

Media-media Barat bahkan memberitakan kini pasokan energi di Ukraina tinggal 20 persen saja.

Diberitakan European Pravda, di sela-sela konsultasi pemerintah Ukraina dan Slowakia di Michalovce, Kuleba mengatakan bahwa sistem pertahanan yang memungkinan untuk melindungi pembangkit listrik di Ukraina adalah Patriot.

Pasukan Rusia menembakkan howitzer  ke arah musuh Pasukan Rusia menembakkan howitzer ke arah musuh (© Yevgeny Ponomarev/TASS)

"Apa yang perlu didiskusikan? Semuanya sederhana: berikan kami sistem Patriot! Jika kami memiliki Patriot, kami tidak akan kehilangan semuanya hari ini," kata Kuleba.

Ia juga menyatakan bahwa Ukraina akan berkonsultasi dengan mitra asing mengenai "percepatan maksimum pasokan pertahanan udara."

Kementerian Pertahanan Rusia memberikan rincian aksi tempur di wilayag pendudukan.

1. Daerah Kupyansk

“Grup tempur Rusia Barat telah mengambil posisi yang lebih menguntungkan dan menimbulkan kerusakan akibat kebakaran pada tenaga kerja dan peralatan brigade senapan bermotor Ukraina ke-57, brigade mobil udara ke-14 dan ke-54 di dekat Sinkovka dan Zagoruykovka di Wilayah Kharkiv, serta Stelmakhovka di Republik Rakyat Lugansk. Pasukan Rusia berhasil menghalau serangan tersebut dari unit penyerangan brigade mekanis ke-63, brigade penyerangan ke-3, dan brigade pertahanan teritorial ke-125 di dekat Chervonaya Dibrova LPR dan Torskoe dan Terny di Republik Rakyat Donetsk,” kata kementerian itu.

Kerugian musuh mencapai 70 prajurit, tiga kendaraan bermotor, sebuah howitzer D-30, 2 stasiun pengintaian elektronik Plastun-3000 dan sebuah stasiun peperangan elektronik Nota.

2. Daerah Donetsk

Unit Battlegroup Selatan meningkatkan posisi garis depan mereka, menimbulkan kerusakan akibat kebakaran pada pasukan dan peralatan Brigade Infanteri Bermotor ke-56, Brigade Serangan Udara ke-5 dan ke-79, Brigade Mekanik ke-28, ke-30 dan ke-93 dari angkatan bersenjata Ukraina di dekat Orekhovo-Vasilevka , Blagodatnoye, Bogdanovka, Andreyevka dan Kurdyumvoka di Republik Rakyat Donetsk Selain itu, tiga serangan balik oleh tim penyerang dari Brigade Serangan Gunung ke-10 dan Brigade Mobil Udara ke-46 angkatan bersenjata Ukraina berhasil dipukul mundur di dekat Vyemka dan Krasnogorovka di Republik Rakyat Donetsk, " kata kementerian.

Musuh kehilangan hingga 480 tentara, serta sebuah tank, kendaraan tempur lapis baja, 20 kendaraan bermotor, howitzer M777 155 mm buatan AS, howitzer D-20 122 mm, dan sistem peperangan elektronik Anklav-N.

3. Daerah Avdiivka

Unit-unit dari Pusat Kelompok Pertempuran Rusia telah berpindah ke posisi yang lebih menguntungkan di wilayah Avdiivka sambil menimbulkan kerusakan pada formasi brigade mekanik ke-24, ke-47, dan ke-59 Ukraina di wilayah Novgorodskoe, Netailovo, dan Karlovka di Republik Rakyat Donetsk.

Delapan serangan balik oleh unit Brigade Lintas Udara ke-25 Ukraina, brigade jaeger ke-68 dan ke-71, brigade mekanis ke-23 dan ke-115, serta Resimen Serangan Lintas Udara Terpisah ke-78 berhasil dipukul mundur di wilayah Leninskoe, Novokalinovo, Pervomayskoe, Umanskoe dan Berdychi di Republik Rakyat Donetsk.

Pasukan Ukraina kehilangan sekitar 330 tentara, dua kendaraan tempur lapis baja, tiga mobil dan sebuah howitzer D-30 122mm.

4. Daerah Donetsk Selatan

Unit-unit dari Grup Pertempuran Timur Rusia telah meningkatkan posisi garis depan di wilayah Donetsk Selatan, menyebabkan kerusakan pada formasi brigade mekanik ke-72 Ukraina dan Brigade Pertahanan Teritorial ke-128 di wilayah pemukiman Vodyanoye dan Makarovka di Republik Rakyat Donetsk

Ukraina kehilangan hingga 80 tentara, sebuah tank, dua mobil, artileri self-propelled Akatsiya 152 mm, dan howitzer D-30 122 mm.

5. Daerah Kherson

“Grup tempur Rusia Dnepr menimbulkan kerusakan akibat kebakaran pada tenaga kerja dan peralatan brigade pertahanan teritorial Ukraina ke-126 di dekat pemukiman Kazatskoe, Berislav, dan Nikolayevka di Wilayah Kherson. Pasukan Ukraina kehilangan hingga 35 prajurit, lima mobil, dan howitzer D-30 122 mm , " kata kementerian. (Politico/TASS/Russia Today)

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #para #perwira #sudah #pesimis #ukraina #mungkin #kalah #musim #panas

KOMENTAR