Video 3 Negara Panggil Kepala Misi Diplomatik Teheran Buntut Serangan Iran ke Israel
11:50
16 April 2024

Video 3 Negara Panggil Kepala Misi Diplomatik Teheran Buntut Serangan Iran ke Israel

- Tiga negara memanggil Kepala Misi Diplomatik Teheran buntut serangan Iran terhadap Israel pada Sabtu (13/4/2024) kemarin.

Sehari setelah Israel dihujani rudal Iran, Inggris, Prancis, dan Yordania memanggil utusan Iran untuk masing-masing negara.

Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan bahwa kuasa usaha di Kedutaan Iran di London dipanggil sebagai tanggapan atas serangan Iran terhadap Israel.

“Inggris mengutuk keras serangan Iran yang langsung dan belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel, serta pelanggaran mereka terhadap wilayah udara Yordania dan Irak," kata Kemenlu Inggris.

Kemudian, Menteri Luar Negeri Prancis Stéphane Séjourné mengatakan negaranya juga akan memanggil duta besar Iran untuk Prancis untuk memprotes serangan republik Islam tersebut.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi mengatakan negaranya memanggil duta besar Iran.

Amman memprotes komentar Iran yang mencampuri urusan dalam negeri kerajaan.

Pada Sabtu (13/4), Amman mengumumkan rencana untuk menutup wilayah udara Yordania untuk semua penerbangan karena meningkatnya eskalasi.

"Wilayah udara Yordania ditutup untuk semua penerbangan masuk, keluar, dan transit selama beberapa jam, mulai pukul 23.00 waktu setempat," demikian pernyataan Otoritas Pengaturan Penerbangan Sipil Yordania, dikutip dari PETRA.

Dalam keterangannya disebutkan bahwa kebijakan tersebut akan diperbarui dan diperiksa sesuai perkembangan. (Tribunnews/Reka/Andari)

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha

Tag:  #video #negara #panggil #kepala #misi #diplomatik #teheran #buntut #serangan #iran #israel

KOMENTAR