Perang Rusia-Ukraina Hari ke-780: Putin Rekrut Tahanan Wanita untuk Ikut Perang
Presiden Rusia Vladimir Putin dengan hakim Mahkamah Konstitusi di Moskow pada 12 Desember 2023. --- Berikut ini update perang Rusia-Ukraina hari ke-780. 
17:20
13 April 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-780: Putin Rekrut Tahanan Wanita untuk Ikut Perang

Berikut ini perkembangan terkini perang Rusia dan Ukraina hari ke-780 pada Sabtu (13/4/2024).

Hari ini pukul 11.54 waktu setempat, Rusia menembaki wilayah Kupyansk di Kharkiv, hingga sebuah rumah terbakar.

Dua pria diselamatkan dari bangunan yang terbakar dan di dekat reruntuhan bangunan.

Sebelumnya, pada pukul 11.05 waktu setempat, Rusia dilaporkan menembak dua orang di Donetsk, dikutip dari Suspilne.

Rusia Rekrut Tahanan Wanita untuk Perang

Badan Intelijen Pusat Ukraina mengklaim Rusia telah merekrut tahanan wanita untuk perang melawan Ukraina.

“Para penjajah, untuk mencari sumber daya manusia tambahan, secara aktif merekrut perempuan dari koloni pemasyarakatan Federasi Rusia. Agitator dari Kementerian Serangan Federasi Rusia terutama mencari petugas medis, penembak jitu, dan, jika diinginkan, untuk pasukan penyerang," kata badan itu, Sabtu.

"Para perempuan yang dipenjara dijanjikan uang dan kesempatan untuk kembali ke rumah,” tambahnya.

Ukraina Kewalahan saat Dihujani Bom Rusia

Pertahanan udara Ukraina kewalahan oleh gelombang pemboman Rusia yang terkonsentrasi yang ditujukan pada pembangkit listriknya.

Hal ini disampaikan oleh Penasihat Senior Kepresidenan Ukraina, Mykhailo Podolyak, setelah penghancuran seluruh pembangkit listrik pada Kamis (11/4/2024).

"Moskow mengadopsi taktik baru untuk menyerang pembangkit listrik dengan 10 atau 12 rudal sekaligus, melewati Patriot dan perisai rudal lainnya," katanya.

“Sistemnya kelebihan beban,” tambahnya, seperti diberitakan The Guardian.

Pilot Ukraina Latihan Pakai Jet Tempur F-16

Pilot pesawat tempur Ukraina yang kemungkinan akan menerbangkan pesawat F-16 AS sedang menerima pelatihan awal mereka dengan angkatan udara Prancis.

"Para pilot menerima pelatihan umum tentang Alpha Jet (pesawat militer Perancis-Jerman), yang memungkinkan pilot Ukraina memperoleh dasar-dasar menerbangkan jet tempur”, kata Sebastien Lecornu kepada surat kabar Ouest France.

Negara-negara lain termasuk Belanda, Denmark dan Rumania berupaya membantu Ukraina melatih pilot F-16 mereka setelah Amerika memberikan izin.

AS Tuduh China Bantu Rusia Ekspansi Senjata

Amerika Serikat menuduh China membantu Rusia melakukan ekspansi militer terbesarnya sejak masa Soviet.

Termasuk meningkatkan penjualan peralatan mesin, mikroelektronik, dan teknologi lainnya yang digunakan Moskow untuk memproduksi rudal, tank, pesawat terbang, dan persenjataan lainnya untuk perang melawan Ukraina.

Para pejabat AS berharap rilis informasi intelijen itu akan mendorong sekutu-sekutu Eropa untuk menekan China.

Belanda akan Kirim Bantuan Uang ke Ukraina

Belanda akan memberi Ukraina €1 miliar ($1,1 miliar) sebagai bentuk dukungan militer tahun ini dan telah mengalokasikan €3 miliar untuk tahun 2025

"Jumlah ini menjadikan total bantuan pada tahun 2024 menjadi €3 miliar dan akan dilengkapi dengan bantuan €400 juta untuk mendukung perekonomian Ukraina," kata Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, pada Jumat (12/4/2024).

Rusia: Ukraina Tembak 6 Orang di Zaporozhzhia

Vladimir Rogov, pejabat yang dilantik Rusia di wilayah Zaporizhzhia di Ukraina selatan, mengklaim penembakan oleh militer Ukraina telah menewaskan enam orang, termasuk seorang anak-anak, di kota Tokmak.

Ia mengatakan di Telegram sedikitnya 20 orang terluka kemarin.

Dia juga mengunggah gambar rumah-rumah yang rusak, salah satunya hancur menjadi puing-puing.

Rusia Panggil Dubes Prancis

Rusia memanggil duta besar Prancis untuk Moskow gara-gara komentar Stéphane Séjourné, Menteri Luar Negeri Prancis.

Sebelumnya, Stéphane Séjourné mengatakan Paris tidak tertarik untuk berdialog dengan Rusia karena pernyataan dari pejabat Rusia berisi informasi palsu.

"Komentar tersebut sebagai tindakan yang disengaja untuk melemahkan kemungkinan pembicaraan antar negara," kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

Akhirnya DPR AS Mulai Bahas Bantuan untuk Ukraina

Setelah tertunda selama berbulan-bulan, Ketua DPR AS sedang bernegosiasi dengan Gedung Putih untuk memajukan pendanaan masa perang untuk Ukraina.

Sebelumnya, paket bantuan itu dinilai menyimpang dari paket keamanan luar negeri Senat yang berjumlah $95 miliar dan mencakup beberapa tuntutan Partai Republik.

Mike Johnson telah menghadapi tekanan yang meningkat atas paket bantuan Ukraina tidak hanya dari Presiden Joe Biden tetapi juga dari anggota sayap kanan partainya sendiri.

Ribuan Tentara Rusia Kabur ke Jerman

Ribuan tentara Rusia melarikan diri dari perang di Ukraina, bersembunyi sambil menunggu hasil permohonan suaka mereka ke negara-negara barat seperti Jerman, Perancis dan Amerika Serikat, lapor Associated Press.

Pengajuan suaka dari warga negara Rusia telah meningkat namun hanya sedikit yang mendapatkan perlindungan, dengan kurang dari 300 warga Rusia yang mendapatkan status pengungsi di AS pada tahun fiskal 2022.

Sementara kurang dari 10 persen dari 5.246 orang yang permohonannya diproses tahun lalu mendapat semacam perlindungan dari otoritas Jerman.

Di Prancis, permintaan suaka meningkat lebih dari 50 persen menjadi sekitar 3.400 orang pada tahun 2022-2023.

Ukraina Geledah Gereja terkait Patriarkat Rusia

Pihak berwenang Ukraina telah menggeledah seorang pendeta tingkat tinggi di sebuah gereja yang terkait dengan Moskow.

Tempat milik Imam Besar Mykola Danylevych, seorang anggota senior gereja Ortodoks Ukraina dari patriarkat Moskow, digeledah pada Jumat pagi oleh dinas keamanan Ukraina.

Gereja yang terkait dengan patriarkat Moskow telah berulang kali dituduh bersekutu dengan pemerintah Rusia, namun hal ini dibantah oleh gereja tersebut, seperti dikutip dari Kyiv Independent.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Rusia dan Ukraina

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #putin #rekrut #tahanan #wanita #untuk #ikut #perang

KOMENTAR