Tiga Relawan World Central Kitchen Asal Inggris Tewas Dibom Israel, Begini Sikap Pemerintah Inggris
Kombinasi gambar tak bertanggal yang diterima dari World Central Kitchen (WCK) dan dibuat pada tanggal 3 April 2024 ini menunjukkan potret anggota tim bantuan dan keamanan dari kelompok bantuan yang berbasis di AS (Dari Kiri ke Kanan) Lalzawmi dari Australia (Zomi) Frankcom , Damian Sobol dari Polandia, James Kirby dari Inggris, Saifeddin Issam Ayad Abutaha dari Palestina, (dari kiri ke kanan) James (Jim) Henderson dari Inggris, John Chapman dari Inggris, dan Jacob Flickinger
14:20
9 April 2024

Tiga Relawan World Central Kitchen Asal Inggris Tewas Dibom Israel, Begini Sikap Pemerintah Inggris

Inggris mengklaim tidak ada kekuasaan penuh untuk Israel.

Beberapa menteri Inggris telah meminta pemerintah yang berkuasa di Inggris untuk menghentikan penjualan senjata ke Israel, dengan alasan kekhawatiran mengenai pelanggaran hukum internasional.

Wakil Perdana Menteri Inggris Oliver Dowden pada tanggal 7 April mengatakan bahwa Inggris tidak mendukung operasi Israel di Gaza tanpa syarat.

Tetapi menambahkan bahwa London terus memasok senjata karena hingga saat ini tidak ditemukan pelanggaran hukum internasional.

Dalam wawancara dengan Sky News, Dowden mencatat sikap pemerintah.

Dia mengatakan Inggris tidak memberikan kekuasaan penuh kepada Israel dan menambahkan bahwa London sedang melakukan percakapan yang kuat dengan Israel.

“Tentu saja, Israel telah melakukan kesalahan, dan membuat kesalahan besar, dan kita harus meminta pertanggungjawaban mereka, namun kita menetapkan standar yang sangat tinggi pada mereka,” tambahnya.

Pemerintah Inggris mengambil sikap ini menyusul serangan udara terhadap konvoi bantuan pangan yang menyebabkan kematian tujuh pekerja bantuan, termasuk tiga warga negara Inggris.

Dowden menyatakan dalam wawancara terpisah dengan BBC bahwa pemerintah Inggris tidak melihat pelanggaran yang dilakukan Israel akan mengakibatkan penangguhan penjualan senjata, dan mencatat bahwa pelanggaran tersebut akan terus berlanjut sampai ditemukan pelanggaran hukum internasional.

“Israel secara sah dapat menerima ekspor senjata dari kami dan saran kami tidak berubah mengenai hal itu. Tentu saja, kami mempunyai kekhawatiran mengenai cara Israel bertindak. Itu sebabnya kami mengangkat isu… Tapi itu dalam konteks konflik sah yang sedang dilakukan Israel,” kata wakil perdana menteri di BBC pada hari Minggu bersama Laura Kuenssberg.

“Tentu saja kami akan bertindak sesuai dengan kewajiban kami berdasarkan hukum sehubungan dengan penjualan senjata,” kata Dowden.

“Jika kami tidak dapat melakukannya secara sah, sesuai dengan undang-undang, tentu saja kami tidak akan memasok senjata tersebut.”

Komentar Dowden muncul setelah Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron mengatakan bahwa bantuan Inggris kepada Israel bukannya tanpa syarat.

Menteri Luar Negeri Israel juga mencatat tanggung jawab Israel dalam serangan konvoi bantuan pangan dalam sebuah artikel yang diterbitkan di The Sunday Times di mana ia menulis bahwa tidak ada keraguan di mana letak kesalahannya… Hal ini tidak boleh terjadi lagi.

Beberapa anggota parlemen oposisi dan beberapa anggota parlemen Partai Konservatif telah menyuarakan keprihatinan atas potensi keterlibatan Inggris dalam kejahatan perang jika ekspor senjata ke Israel terus berlanjut.

“Hal yang penting sekarang adalah, saran tersebut dipublikasikan sehingga kita semua dapat memahami dengan jelas bahwa jika telah terjadi pelanggaran terhadap hukum humaniter internasional – dan saya harus mengatakan bahwa saya memiliki kekhawatiran yang sangat serius – maka penjualan senjata akan ditangguhkan,” kata Kepala Kebijakan Partai Buruh, David Lammy, mengatakan kepada wartawan.

Tiga mantan Hakim Agung dan lebih dari 600 pengacara, akademisi hukum, dan pensiunan hakim senior menulis surat setebal 17 halaman kepada Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan menyerukan penangguhan penjualan senjata ke Israel.

Anggota Partai Konservatif Inggris terus menyuarakan dukungan terhadap kelanjutan penjualan senjata untuk operasi Israel di Gaza terlepas dari hilangnya nyawa warga sipil Palestina.

Mantan perdana menteri Inggris Boris Johnson menyebut penangguhan penjualan senjata ke Israel gila dan memalukan.

(Sumber: The Cradle)

Tag:  #tiga #relawan #world #central #kitchen #asal #inggris #tewas #dibom #israel #begini #sikap #pemerintah #inggris

KOMENTAR