Update Korban Jiwa Gempa di Taiwan 7,4 Skala Richter, 9 Orang Tewas, 963 Luka-luka, 50 Orang Hilang
Gempa di Taiwan pagi ini membuat bangunan ambruk 
23:40
3 April 2024

Update Korban Jiwa Gempa di Taiwan 7,4 Skala Richter, 9 Orang Tewas, 963 Luka-luka, 50 Orang Hilang

Update jumlah Korban jiwa gempa Taiwan 7,4 skala Richter terus bertambah, 9 Tewas dan 963 Luka-luka.

Angka ini diperkirakan akan terus bertambah. Mengingat masih ada beberapa korban yang terjebak di tambang batu dan terowongan jalan raya.

Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala Richter, diikuti oleh beberapa gempa susulan yang kuat, terjadi di lepas pantai timur Taiwan pada Rabu pagi.

Gempat telah menewaskan sembilan orang dan melukai sedikitnya 963 orang, menurut pemadam kebakaran Taiwan.

Gempa yang merusak bangunan dan menyebabkan tanah longsor ini merupakan gempa terbesar yang melanda Taiwan dalam 25 tahun terakhir dan juga dirasakan hingga sebagian wilayah Tiongkok.

Gempa terjadi sekitar 15 mil selatan wilayah Hualien sebelum pukul 8 pagi waktu setempat.

Taiwan mencatat 76 gempa susulan dalam waktu kurang dari lima jam, menurut Administrasi Cuaca Pusat.

Departemen pemadam kebakaran mengatakan tim penyelamat berupaya menyelamatkan hampir 150 orang yang terjebak, beberapa di antaranya berada di tambang dan terowongan jalan raya.

Lainnya terjebak akibat rusaknya bangunan dan jalan.

Taiwan telah mengalami banyak gempa. Beberapa di antaranya menimbulkan kerugian besar.

Sejak tahun 1900, hampir 80 gempa berkekuatan lebih dari 5 skala Richter telah melanda Taiwan.

Walaupun banyak yang mengakibatkan jumlah korban yang relatif kecil, ada beberapa yang menyebabkan kehancuran massal.

Gempa bumi pada tahun 1999 menyebabkan lebih dari 2.000 orang tewas, dan gempa bumi pada tahun 1935 menyebabkan lebih dari 6.000 kematian.

Setelah gempa tahun 1999, pihak berwenang mewajibkan peraturan bangunan yang lebih ketat.

Pusat gempa melanda sisi pulau yang berpenduduk sedikit

Episentrum gempa berkekuatan 7,4 skala Richter terjadi di lepas pantai timur Taiwan, di sisi lain pulau itu dari sebagian besar kota-kota besar di Taiwan.

Taipei, ibu kota dan kota terbesar di Taiwan, berada di sisi utara pulau, dengan kota-kota besar lainnya seperti Taichung, Tainan dan Kaohsiung di sisi barat pulau.

Puluhan orang terjebak di tambang batu, terowongan jalan raya.

Dalam pembaruan pada hari Rabu pukul 9 pagi waktu bagian Timur (pukul 9 malam waktu setempat), Badan Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan mengatakan jumlah korban tewas mencapai sembilan orang, dengan 963 orang terluka.

Setidaknya 143 orang masih terjebak, sebagian besar dari mereka berada di terowongan jalan raya dan dua tambang batu, kata badan tersebut.

Seraya menambahkan bahwa semua orang yang diketahui terjebak di dalam bangunan telah ditarik keluar.

Salah satu orang yang berhasil diselamatkan dari reruntuhan termasuk di antara korban tewas, kata badan tersebut.


Mengapa Taiwan Rawan Gempa?

Mengapa Taiwan rawan gempa? Apa yang perlu diketahui tentang Cincin Api.

Taiwan rentan terhadap gempa bumi karena posisinya di zona seismik paling aktif di dunia, yang dikenal sebagai Cincin Api.

Menurut Survei Geologi A.S., Taiwan terletak di wilayah tektonik yang kompleks di dekat perpotongan tiga lempeng tektonik utama — lempeng Laut Filipina di timur dan tenggara, lempeng Eurasia di utara dan barat, dan lempeng Sunda di timur barat daya."

Karena lokasinya, gempa bumi sedang hingga besar sering terjadi di Taiwan, kata USGS.


50 Orang Masih Hilang

Gempa bumi terkuat di Taiwan dalam 25 tahun menewaskan 9 orang, 50 orang dinyatakan hilang.

Departemen pemadam kebakaran Taiwan mengatakan pada hari Rabu bahwa gempa berkekuatan 7,2 melanda pantai timur pulau itu. Menurut laporan, sembilan orang tewas, lebih dari 800 orang terluka, dan lebih dari 50 orang hilang.

Gempa bumi terbesar di Taiwan dalam setidaknya 25 tahun terakhir menewaskan sembilan orang pada hari Rabu, melukai lebih dari 900 orang, sementara 50 pekerja hotel hilang dalam perjalanan ke taman nasional, kata pihak berwenang, ketika tim penyelamat menggunakan tangga untuk menyelamatkan orang lain.

Televisi menyiarkan gambar bangunan-bangunan yang miring pada sudut berbahaya di wilayah pegunungan Hualien bagian timur yang berpenduduk jarang, dekat pusat gempa berkekuatan 7,2 skala Richter, yang terjadi di lepas pantai sekitar pukul 8 pagi.

Rasanya seperti rumah akan roboh,” kata Chang Yu-lin, 60, seorang pekerja di sebuah rumah sakit di ibu kota Taipei dikutip dari Reuters.

Seorang wanita yang mengelola akomodasi bed-and-breakfast di kota Hualien mengatakan dia berusaha menenangkan tamunya yang ketakutan akibat gempa tersebut.

“Ini adalah gempa bumi terbesar yang pernah saya alami,” kata wanita yang meminta disebutkan namanya hanya dengan nama keluarganya, Chan.

Gempa tersebut terjadi pada kedalaman 15,5 km (9,6 mil), tepat ketika orang-orang sedang berangkat kerja dan sekolah, memicu peringatan tsunami untuk Jepang bagian selatan dan Filipina yang kemudian dicabut.

Video menunjukkan tim penyelamat menggunakan tangga untuk membantu menjebak orang-orang keluar dari jendela, sementara di tempat lain terjadi tanah longsor besar. Getaran kuat di Taipei memaksa sistem kereta bawah tanah ditutup sebentar, meskipun sebagian besar jalur kembali beroperasi.

Otoritas pemadam kebakaran mengatakan mereka telah mengevakuasi sekitar 70 orang yang terjebak di terowongan dekat kota Hualien, termasuk dua warga Jerman.

Namun mereka kehilangan kontak dengan 50 pekerja di empat minibus yang menuju ke sebuah hotel di taman nasional, Ngarai Taroko, kata mereka, dan tim penyelamat sedang mencari mereka. Sebanyak 80 orang lainnya terjebak di area pertambangan, meski belum jelas apakah mereka berada di dalam tambang.

Pemerintah menyebutkan jumlah korban luka sebanyak 946 orang.

“Saat ini hal yang paling penting, prioritas utama, adalah menyelamatkan orang-orang,” kata Presiden terpilih Lai Ching-te, berbicara di luar salah satu bangunan yang runtuh di Hualien.

Jalur kereta api ke daerah tersebut diperkirakan akan dibuka kembali pada hari Kamis, kata Lai, yang akan mulai menjabat bulan depan, kepada wartawan.

Angkatan udara Taiwan mengatakan enam jet tempur F-16 mengalami kerusakan ringan di sebuah pangkalan utama di kota tersebut, tempat jet-jet tersebut sering dikerahkan untuk menghalau serangan angkatan udara Tiongkok, namun pesawat tersebut diperkirakan akan segera kembali beroperasi.

Ancaman Tsunami di Jepang, Filipina, dan Tiongkok

Di Jepang, badan cuaca menyebutkan kekuatan gempa sebesar 7,7 skala Richter, dan mengatakan beberapa gelombang tsunami kecil mencapai bagian selatan prefektur Okinawa, dan menurunkan peringatan tsunami menjadi peringatan.

Di Filipina, pejabat seismologi memperingatkan penduduk pesisir di beberapa provinsi untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi.

Media pemerintah Tiongkok mengatakan gempa itu terasa di provinsi tenggara Fujian, sementara seorang saksi mata Reuters mengatakan gempa juga terasa di pusat komersial Shanghai.

Gempa susulan masih terasa di Taipei, tercatat lebih dari 50 kali gempa susulan, kata pejabat cuaca.

Sebagian besar listrik telah pulih setelah gempa, kata perusahaan listrik Taipower, dan dua pembangkit listrik tenaga nuklir di pulau itu tidak terpengaruh.

Operator kereta api berkecepatan tinggi Taiwan mengatakan tidak ada kerusakan atau cedera yang dilaporkan pada keretanya, meskipun layanannya akan tertunda karena pihaknya melakukan inspeksi.

Pemasok utama chip untuk Apple AAPL.O dan Nvidia NVDA.O, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co 2330.TW, mengatakan pihaknya telah mengevakuasi beberapa pabrik fabrikasi dan sistem keselamatan beroperasi normal.

“Untuk menjamin keselamatan personel, beberapa pabrik dievakuasi sesuai prosedur perusahaan,” kata raksasa semikonduktor itu dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa para karyawan sudah mulai kembali bekerja.

Saham TSMC yang terdaftar di Taipei berakhir turun 1,3 persen, namun indeks acuan TWII sebagian besar mengabaikan dampak gempa dan ditutup turun 0,6%.

Kantor berita resmi pusat mengatakan gempa tersebut adalah yang terbesar sejak gempa berkekuatan 7,6 skala Richter pada tahun 1999 yang menewaskan sekitar 2.400 orang dan merusak atau menghancurkan 50.000 bangunan.

Pejabat cuaca Taiwan memberi peringkat gempa hari Rabu di Hualien sebagai “6 Besar,” atau tingkat intensitas tertinggi kedua dalam skala mulai dari 1 hingga 7.

Gempa seperti itu meruntuhkan dinding kecuali jika dinding tersebut terbuat dari balok beton bertulang, sementara orang tidak dapat berdiri tegak dan harus merangkak untuk bergerak, kata para ahli.

(Sumber: Washinton Post, Reuters)

Tag:  #update #korban #jiwa #gempa #taiwan #skala #richter #orang #tewas #luka #luka #orang #hilang

KOMENTAR