Update Runtuhnya Jembatan Baltimore: Derek Besar Tiba untuk Bersih-bersih, 4 Orang Masih Hilang
Derek terbesar di pantai timur Amerika Serikat tiba di Baltimore pada hari Jumat (29/3/2024) untuk membersihkan puing-puing Jembatan Francis Scott Key, yang runtuh ketika sebuah kapal kargo menabraknya. 
16:30
30 Maret 2024

Update Runtuhnya Jembatan Baltimore: Derek Besar Tiba untuk Bersih-bersih, 4 Orang Masih Hilang

Derek terbesar di pantai timur Amerika Serikat tiba di Baltimore pada hari Jumat (29/3/2024) untuk membersihkan puing-puing Jembatan Francis Scott Key, yang runtuh ketika sebuah kapal kargo menabraknya.

Dilansir AFP, derek apung ini mampu mengangkat beban seberat 1.000 ton.

Derek itu akan bergabung dengan derek lain yang lebih kecil.

Proses pembersihan material jembatan diperkirakan akan berlangsung selama berbulan-bulan.

Sementara itu, Gedung Putih mengumumkan bahwa Presiden AS Joe Biden akan mengunjungi Baltimore minggu depan.

Operasi pembersihan kemungkinan akan dimulai dengan membersihkan rangka jembatan yang lebih besar dari sungai sebelum memindahkan ruas jembatan di atas kapal kargo Dali.

Para pekerja kemudian akan membersihkan puing-puing baja dan beton dari dasar sungai di bawahnya.

Korps Insinyur Angkatan Darat AS memimpin operasi tersebut.

Mereka telah mengerahkan lebih dari 1.100 spesialis teknik, konstruksi, kontraktor dan operasi, serta kapal, kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh, dan peralatan sonar.

Jembatan Francis Scott Key berada di atas kapal kontainer setelah jembatan tersebut runtuh, Baltimore, Maryland, AS. Selasa (26 Maret 2024).  Jembatan runtuh ditabrak oleh kapal Singapura- kapal kontainer berbendera Dali, Belum ada konfirmasi mengenai penyebab bencana tersebut, namun Komisaris Polisi Baltimore Richard Worley mengatakan Jembatan Francis Scott Key berada di atas kapal kontainer setelah jembatan tersebut runtuh, Baltimore, Maryland, AS. Selasa (26 Maret 2024). (AFP/JIM WATSON)

4 Pekerja Masih Hilang

Sebelumnya, tim penyelam telah menemukan dua jenazah pria di sungai.

Namun empat pekerja masih hilang dan diperkirakan tewas.

Gubernur Maryland Wes More mengatakan pencarian jenazah yang tersisa adalah prioritas utama.

“(Kapal) Dali hampir sepanjang Menara Eiffel, dan Dali memiliki Jembatan Key di atasnya," kata Moore pada konferensi pers pada hari Kamis.

"Kita berbicara tentang 3.000 atau 4.000 ton baja yang jatuh di atas kapal itu, jadi kita punya pekerjaan yang harus dilakukan."

Namun, puing-puing tersebut dapat mempersulit upaya penyelamatan.

“Para penyelam bisa meletakkan tangan mereka di material jembatan tapi mereka tidak bisa melihat tangan mereka,” kata Donald Gibbons, instruktur di Pusat Teknis Tukang Kayu Negara Bagian Atlantik Timur, kepada Associated Press.

"Jadi kami menyebutnya visibilitas nol."

"Ini sangat mirip dengan mengunci diri Anda di lemari gelap di malam yang gelap dan benar-benar tidak bisa melihat apa pun."

Kapan jalur pelayaran akan dibuka kembali?

Jalur di bawah Francis Scott Key Bridge dapat dibuka kembali untuk lalu lintas maritim satu arah setelah rangka pertama dari jembatan terlepas.

“Ada banyak spekulasi mengenai kapan saluran tersebut akan dibuka kembali,” kata Administrasi Pelabuhan Maryland.

“Faktanya adalah kita tidak tahu.”

Detik-detik runtuhnya jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat. Detik-detik runtuhnya jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat. (@sentdefender/X)

Video Detik-detik Runtuhnya Jembatan Key Bridge di Baltimore, Kapal Besar Tabrak Tiang Penyangga

Jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, runtuh pada Selasa (26/3/2024) pagi waktu setempat setelah ditabrak oleh kapal kargo besar.

Video kejadian tersebut diposting di media sosial X atau Twitter.

Dalam video tersebut, terlihat sebuah kapal berukuran besar bertabrakan dengan salah satu tiang penyangga jembatan.

Asap terlihat mengepul dari kapal sebelum jembatan mulai runtuh.

"PERINGATAN LALU LINTAS BALTIMORE UTAMA: HINDARI koridor tenggara I-695. Jembatan Kunci I-695 runtuh karena tertabrak kapal," tulis Otoritas Transportasi Maryland dalam postingan X pada Selasa pagi.

Insinyur struktur Ian Firth mengatakan kepada BBC bahwa kapal berat itu menghantam penyangga jembatan dengan beban ribuan metrik ton.

“Penopangnya adalah struktur yang sangat, relatif, tipis jika Anda melihatnya, itu semacam struktur tiang penyangga dengan kaki-kaki tersendiri,” katanya kepada BBC.

“Jadi, jembatan itu runtuh hanya karena dampak kekuatan yang sangat besar ini.”

Berdasarkan pantauan di situs pemantauan kapal VesselFinder.com, pada pukul 02.50 waktu setempat, Dali, kapal kontainer berbendera Singapura, terlihat diam di bawah jembatan tersebut.

Dali dimiliki oleh Grace Ocean, sebuah perusahaan yang berbasis di Singapura.

Perusahaan tersebut mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan pada Selasa pagi bahwa benar kapal mereka telah menabrak salah satu pilar jembatan, menurut TradeWinds.

"Seluruh awak pesawat, termasuk dua pilot, telah dicatat dan tidak ada laporan adanya korban luka. Juga tidak ada polusi," demikian bunyi pernyataan perusahaan tersebut.

Menurut Grace Ocean, kapal tersebut sedang menuju Kolombo, Sri Lanka saat kecelakaan terjadi.

kapal kargo Dali kapal kargo Dali (Screengrab/VesselFinder.com)

Juru bicara Penjaga Pantai AS (USCG) juga mengonfirmasi kepada media lokal Baltimore Sun bahwa kapal Dali sepanjang 948 kaki bertabrakan dengan jembatan.

“USCG telah mengerahkan tiga perahu tanggap, dan petugas tanggap polusi sedang dalam perjalanan,” kata Petty Officer Kelas Satu Matthew West kepada NBC News.

Tim layanan darurat, termasuk penyelam dan setidaknya dua helikopter, merespons lokasi kejadian, menurut pemindai polisi Baltimore County dalam satu setengah jam setelah runtuhnya jembatan.

Jembatan Francis Scott Key dibuka pada Maret 1977 sebagai penghubung terakhir di Baltimore Beltway.

Jembatan itu memiliki panjang 10,9 mil (17,5 km) dengan biaya pembangunannya $60,3 juta.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Editor: Whiesa Daniswara

Tag:  #update #runtuhnya #jembatan #baltimore #derek #besar #tiba #untuk #bersih #bersih #orang #masih #hilang

KOMENTAR