Moskow: Aneh, Kasus Teror Baru Terjadi, AS Serta Barat Sudah Main Tuding dan Bela
Tiga orang tersangka teroris di Balai Kota Crocus, Moskow yang ditangkap 
14:00
28 Maret 2024

Moskow: Aneh, Kasus Teror Baru Terjadi, AS Serta Barat Sudah Main Tuding dan Bela

Rusia menganggap reaksi Amerika Serikat dan negara Barat terhadap kasus teror di Balai Kota Crocus, Moskow, sebagai hal yang aneh.

AS langsung menuding ISIS sebagai pelakunya, pada sisi lain mereka juga mengklaim bahwa Ukraina tak terlibat dalam kasus penembakan yang menewaskan 143 orang itu.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan, AS dan Barat langsung menuding ISIS sebagai pelaku teror di Balai Kota Crocus dan menyebut Ukraina tak terlibat beberapa jam setelah tragedi yang menewaskan 143 orang tersebut.

“Aneh, setidaknya. Amerika berani mengumumkan satu narasi.Ini setidaknya menunjukkan bahwa mereka mencoba mengalihkan perhatian dari sesuatu,” kata Peskov kepada media Rusia Izvestiya pada hari Rabu dikutip dari Russia Today.

AS dan Uni Eropa mulai menegaskan bahwa Ukraina sama sekali tidak ada hubungannya dengan serangan tersebut dan bahwa kelompok teroris ISIS Khorasan (ISIS-K) adalah satu-satunya pelaku.

Peskov juga mencatat bahwa klaim ini muncul sebelum Moskow merumuskan versi resmi kejadian tersebut, karena penegak hukum Rusia masih menangani kasus ini.

Empat pria yang dicurigai sebagai pelaku ditangkap pada Sabtu pagi ketika mereka berusaha melarikan diri ke Ukraina, menurut Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB). Mereka diidentifikasi sebagai warga negara Tajikistan.

Meskipun mengakui penilaian badan keamanan bahwa orang-orang tersebut adalah “Islamis radikal,” Putin mencatat pada hari Senin bahwa banyak pertanyaan yang masih belum terjawab.

Dia juga mencatat bahwa serangan teroris tersebut sesuai dengan pola tindakan permusuhan terhadap Rusia yang dilakukan oleh sponsor asing Ukraina.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova juga mengomentari desakan aneh Washington terhadap narasi ISIS-K.

AS jelas-jelas bias dan berusaha “menjauhkan Ukraina dari bahaya,” katanya dalam pengarahan harian pada hari Rabu.

Seandainya Kiev benar-benar tidak bersalah, AS akan menyerukan penyelidikan penuh, kata Zakharova. Sebaliknya, Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri hanya mengumumkan bahwa “Ukraina tidak ada hubungannya dengan hal ini.”

“Berdasarkan data apa dan informasi apa?” Zakharova bertanya-tanya.

“Hanya satu hal yang jelas – mereka mulai memaafkan rezim Kiev demi memaafkan diri mereka sendiri. Karena semua orang paham betul bahwa tidak ada [Ukraina] yang merdeka tanpa bantuan keuangan dan militer dari Barat.”

AS dan sekutunya telah mengirimkan lebih dari 200 miliar dolar AS senjata, amunisi, dan peralatan – belum termasuk bantuan keuangan – sejak konflik dengan Rusia meningkat pada tahun 2022.

Mereka mengabaikan peringatan Moskow bahwa hal ini dapat mengarah pada konfrontasi langsung, dan bersikeras bahwa hal ini tidak akan terjadi. menjadikan mereka pihak dalam permusuhan.

Menurut laporan media AS yang mengutip mata-mata Amerika, agen Ukraina yang dilatih CIA bertanggung jawab atas beberapa pembunuhan warga sipil Rusia, meskipun Kiev secara resmi membantahnya.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin hari Senin mengakui bahwa “kelompok Islam radikal” berada di balik pembantaian ratusan warga di gedung konser di Moskow.

Ia menunjuk Ukraina sebagai dalang di balik serangan teror tersebut.

“Pertanyaan yang muncul adalah siapa yang diuntungkan dari hal ini?” kata Putin di Kremlin saat konferensi video dengan para pemimpin pasukan keamanan Rusia.

“Kami tahu siapa yang melakukan kejahatan terhadap Rusia dan rakyatnya. Namun yang menjadi kepentingan kami adalah siapa yang memerintahkannya.”

Empat penyerang menyerbu Balai Kota Crocus di Moskow Jumat malam lalu, melancarkan tembakan ke ratusan orang di sana yang menonton band rock era Soviet, Picnic, dalam serangan paling mematikan di Rusia dalam dua dekade.

Jumlah korban tewas bertambah menjadi 139 pada hari Senin, kata Alexander Bastrykin, ketua Komite Investigasi negara bagian.

Sementara Prancis bergabung dengan AS dalam menyalahkan ISIS.

“Informasi yang tersedia bagi kami dan juga mitra utama kami, memang menunjukkan bahwa ISIS-lah yang memicu serangan ini,” kata Presiden Prancis Emmanuel Macron kepada wartawan saat berkunjung ke Amerika Selatan.

“Kelompok ini juga mencoba melakukan beberapa tindakan di wilayah kami sendiri.” (Russia Today/USA Today)

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #moskow #aneh #kasus #teror #baru #terjadi #serta #barat #sudah #main #tuding #bela

KOMENTAR