Sumitomo Mitsui Financial Group Jepang Perluas Bisnis di Indonesia 200 Miliar Yen
Kantor SMBC Holdings di Tokyo Jepang. Sumitomo Mitsui Financial Group Inc. (SMFG) akan memperluas bisnis pinjaman mobilnya di Indonesia. 
13:30
27 Maret 2024

Sumitomo Mitsui Financial Group Jepang Perluas Bisnis di Indonesia 200 Miliar Yen

- Sumitomo Mitsui Financial Group Inc. (SMFG) akan memperluas bisnis pinjaman mobilnya di Indonesia.

Sebuah bank anak perusahaan lokal dan perusahaan pembiayaan penjualan telah berkolaborasi untuk menandatangani perjanjian yang dapat bersama-sama membiayai sekitar 20 triliun rupiah (sekitar 200 miliar yen).

Hal ini untuk menangkap permintaan yang meningkat melalui kolaborasi antar kelompok.

Sementara Jepang menderita penurunan populasi dan pertumbuhan yang rendah, tiga kelompok megabank secara aktif berinvestasi di Asia Tenggara, di mana pertumbuhan tinggi diharapkan.

Secara khusus, di sektor ritel, persaingan di antara bank-bank Jepang memanas karena dapat menjadi peluang untuk menangkap pertumbuhan ekonomi sebagai keuntungan apa adanya.

"BTPN, bank lokal di mana SMBC memegang lebih dari 90 persen saham, menandatangani perjanjian pinjaman bersama untuk nasabah bulan ini dengan Oto Multiarta, perusahaan pinjaman mobil pribadi, dan Summit Oto Finance (Sof), perusahaan pinjaman sepeda motor, di bawah payung bank," ungkap Bloomberg.

Pembiayaan bersama menggunakan metode yang disebut "keuangan bersama".

Sembilan puluh persen dari jumlah pinjaman disediakan oleh BTPN dan 10 persen oleh Sof, dan Sof bertanggung jawab atas akuisisi, penyaringan, dan penagihan pinjaman nasabah.

Seorang staf Bank Sumitomo Mitsui Trust Bank sedang On Air melayani konsultasi nasabahnya. Seorang staf Bank Sumitomo Mitsui Trust Bank sedang On Air melayani konsultasi nasabahnya. (Foto NHK)

Dikatakan sebagai skema pembiayaan umum di Indonesia. Saldo pinjaman Sof saat ini berjumlah sekitar 250 miliar yen.

Seorang juru bicara Sumitomo Mitsui FG mengatakan meskipun benar bahwa perusahaan sedang mempertimbangkan berbagai cara untuk menangkap pertumbuhan pasar pinjaman mobil di Indonesia, yang diperkirakan akan berkembang, perusahaan menolak untuk memberikan rincian.

Bagi Sumitomo Mitsui FG, Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi fokus di Asia.

Pada tahun 2016, perusahaan mengakuisisi sebagian sahamnya dari Sumitomo Corporation Group, yang memegang 100% saham Sof, dan kemudian menjadi afiliasi metode ekuitas.

Pada akhir tahun lalu, perseroan mengumumkan akan menambah investasi di Sof melalui BTPN dan menjadikannya anak usaha.

Pembiayaan bersama ini akan dimulai dengan akuisisi anak perusahaan.

Perusahaan juga mempertimbangkan untuk menambahkan fungsi yang memungkinkan pengguna untuk mengajukan dan membayar pinjaman dari aplikasi perbankan BTPN ke Sof.

Di Indonesia, pasar kredit mobil sedang booming dengan pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya pendapatan.

Penjualan mobil bekas serta mobil baru berkembang pesat.

Di antara bank-bank besar Jepang, Mitsubishi UFJ Financial Group juga mengumumkan pada Juni tahun lalu bahwa mereka akan mengakuisisi perusahaan pinjaman mobil lokal dengan harga sekitar 67 miliar yen.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #sumitomo #mitsui #financial #group #jepang #perluas #bisnis #indonesia #miliar

KOMENTAR