Vladimir Putin Ungkap Kelompok Islam Radikal Ikut Melancarkan Serangan ke Moskow
Pemimpin Rusia, Vladimir Putin. (Sputnik/REUTERS)
12:03
26 Maret 2024

Vladimir Putin Ungkap Kelompok Islam Radikal Ikut Melancarkan Serangan ke Moskow

 

 – Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan bahwa serangan teroris di gedung konser Crocus City di Moskow dilakukan oleh kelompok Islam radikal.

Dilansir dari The Guardian, Selasa (26/3), ia juga menegaskan kembali klaim sebelumnya bahwa Ukraina mungkin terlibat dalam penembakan yang menewaskan 139 orang.

“Kami tahu bahwa kejahatan itu dilakukan oleh kelompok Islam radikal,” kata Putin dalam pertemuan dengan pejabat pemerintah pada Senin malam.

“Kami tertarik pada siapa yang memesannya,” katanya, seraya menambahkan bahwa penembakan itu merupakan bagian dari kampanye intimidasi yang lebih luas yang dilakukan Ukraina.

“Kekejaman ini mungkin hanya satu bagian dari serangkaian upaya yang dilakukan oleh mereka yang berperang dengan negara kita sejak tahun 2014 oleh rezim neo-Nazi Kyiv,” tambahnya.

Putin tidak menyebutkan afiliasi kelompok Negara Islam (ISIS) yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut

Namun semakin banyak bukti bahwa cabang ISIS di Afghanistan, yang dikenal sebagai Negara Islam Provinsi Khorasan (ISKP) mendalangi serangan tersebut.

Kyiv membantah terlibat dalam serangan itu dan menuduh Rusia memberikan pernyataan palsu bahwa merekalah yang harus disalahkan atas peningkatan pertempuran di Ukraina.

ISIS telah mengatakan beberapa kali sejak Jumat bahwa mereka bertanggung jawab, dan saluran media yang berafiliasi dengan ISIS telah menerbitkan video grafis dari orang-orang bersenjata di dalam lokasi tersebut.

Merujuk pada pernyataan AS bahwa Washington tidak memiliki indikasi bahwa Ukraina terlibat dalam serangan tersebut, Putin mengatakan, “AS sedang berusaha meyakinkan semua orang bahwa tidak ada jejak Kyiv.”

Putin kemudian mengulangi pernyataan sebelumnya bahwa para penyerang berencana melarikan diri ke Ukraina sebelum mereka ditangkap.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #vladimir #putin #ungkap #kelompok #islam #radikal #ikut #melancarkan #serangan #moskow

KOMENTAR