Negara Barat Ngeri Rusia Makin Menggila di Ukraina
Kendaraan peluncur roket GRAD Rusia sedang beraksi di wilayah Donbass 
14:00
22 Maret 2024

Negara Barat Ngeri Rusia Makin Menggila di Ukraina

Negara-negara sekutu Ukraina saat ini dalam suasana ketakutan dengan sepak terjang Rusia di Ukraina yang semakin menggila.

Alissa de Carbonnel, wakil direktur program untuk Eropa dan Asia Tengah di International Crisis Group mengatakan, terobosan-terobosan baru yang dilakukan Vladimir Putin membuat negara-negara Barat sangat khawatir.

“Ada banyak ketakutan bahwa kita akan mencapai titik kritis di mana kita berpotensi melihat beberapa terobosan nyata Rusia pada musim panas ini,” kata de Carbonnel dikutip dari Politico, Jumat (22/3/2024).

Artikel tersebut mencatat bahwa meskipun Uni Eropa baru-baru ini menyetujui dana sebesar 5 miliar euro untuk mengganti sebagian biaya pengiriman senjata baru ke Ukraina kepada negara-negara anggotanya, situasi di medan perang tetap mengerikan.

Pada tanggal 13 Maret, panglima angkatan bersenjata Ukraina, Olexandr Syrsky, menyadari bahwa situasi di hampir seluruh lini pertempuran sangatlah rumit.

Ukraina kini dilanda krisis senjata, pasukannya tidak dibekali dengan senjata yang memadai sehingga banyak mengalami kekalahan.

Pada sisi lain, jumlah tentaranya pun semakin berkurang baik meninggal atau pun luka-luka.

Sementara Rusia semakin ganas usai menguasai kota strategis Avdiivka. Pasukan Vladimir Putin terus membombardir wilayah-wilayah Ukraina semakin ke barat mendekati bagian tengah negeri itu.

Sementara Rusia semakin jor-joran dengan persenjataannya. Bahkan media Ukraina, Ukrainska Pravda memberitakan Rusia menghabiskan senjata seharga Rp 5 triliun lebih untuk membombardir Kota Kiev, pada Rabu (20/3/2024).

Rusia mengerahkan rudal-rudal terbarunya seperti Kinzhal dan rudal Iskander yang diklaim menjadi rudal termodern dengan presisi tinggi.

Sementara di wilayah Ukraina timur dan selatan, Vladimir Putin mengerahkan jet temput SU-34 dan SU-35 untuk menjatuhkan ribuan bom FAB-500 dan FAB-1500 ke sasaran.

Belum lagi drone-drone Shahed dan Lancet serta artileri lainnya yang dipakai untuk membombardir pasukan Ukraina.

Bahkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menganggap bahwa Rusia telah melakukan bumi hangus ke Ukraina.

Kantor Berita Rusia, TASS mengabarkan Rusia terus merangsek ke bagian barat menguasai sejumlah daerah Ukraina.

Beberapa diantaranya adalah:

Kupyansk

Pasukan Rusia melenyapkan sekitar 40 tentara Ukraina dan 3 tank musuh di daerah Kupyansk selama sehari terakhir, kementerian melaporkan.

"Di arah Kupyansk, unit-unit Kelompok Pertempuran Barat menimbulkan kerusakan dalam operasi mereka yang terkoordinasi dengan baik pada personel dan peralatan pasukan mekanik ke-63, infanteri bermotor ke-57, dan brigade serangan udara ke-95 tentara Ukraina di dekat pemukiman Sinkovka di Wilayah Kharkov, Terny di Republik Rakyat Donetsk dan Chervonaya Dibrova di Republik Rakyat Lugansk. Kerugian tentara Ukraina berjumlah 40 personel, 3 tank, dan 4 kendaraan bermotor,” kata kementerian itu.

Pasukan Rusia memusnahkan lokasi tentara bayaran di daerah perbatasan Ukraina dekat Wilayah Belgorod

Pasukan Rusia menyerang lokasi penempatan tentara bayaran asing dan formasi pertahanan teritorial Ukraina di daerah perbatasan dekat Wilayah Belgorod selama sehari terakhir, kementerian melaporkan.

Rusia mengklaim Ukraina kehilangan sebanyak 30 militan, 3 truk pickup dan sebuah peluncur roket ganda Vampire buatan Ceko.

Rudal Iskander 9K720 ISKANDER-M Rusia Rudal Iskander 9K720 ISKANDER-M Rusia (YouTube)

Pasukan Rusia merebut stasiun kereta api di daerah Donetsk selama beberapa hari terakhir dan melenyapkan sekitar 250 tentara Ukraina selama sehari terakhir.

Mereka menimbulkan korban pada formasi serangan udara ke-79 tentara Ukraina, brigade mobil udara ke-46 dan ke-81 di dekat pemukiman Belogorovka, Razdolovka, Krasnoye, Novomikhailovka dan Georgiyevka di Republik Rakyat Donetsk,” kata kementerian itu.

Tentara Ukraina kehilangan sebanyak 250 personel, 2 tank, 3 kendaraan tempur lapis baja, dan 7 kendaraan bermotor ke arah Donetsk selama 24 jam terakhir.

Dalam serangan balik baterai, pasukan Rusia menghancurkan dua sistem artileri self-propelled Krab buatan Polandia, sebuah senjata artileri self-propelled Akatsiya, sistem artileri bermotor Gvozdika dan sebuah howitzer D-20, kementerian tersebut melaporkan.

Bom FAB-500 diluncurkan dari jet tempur Rusia di wilayah Ukraina Bom FAB-500 diluncurkan dari jet tempur Rusia di wilayah Ukraina (Telegram via Strana) Avdiivka

Pasukan Rusia menghancurkan lebih dari 320 tentara Ukraina di daerah Avdiivka selama sehari terakhir, kementerian tersebut melaporkan.

Pasukan Rusia menimbulkan korban pada infanteri bermotor ke-47 dan ke-59 serta brigade penyerangan ke-3 tentara Ukraina di dekat pemukiman Pervomaiskoe dan Berdychi di Republik Rakyat Donetsk. Di dekat pemukiman Novgorodskoe di Republik Rakyat Donetsk, pasukan Rusia berhasil menghalau serangan balik dengan sebuah serangan. kelompok brigade mekanik ke-24 tentara Ukraina. Musuh kehilangan lebih dari 320 personel, sebuah tank, 4 kendaraan tempur lapis baja dan 7 kendaraan bermotor.

Dalam serangan balik baterai, pasukan Rusia menghancurkan sistem artileri M777 buatan AS, howitzer D-20, howitzer D-30, dan senjata artileri M102 buatan AS, jelasnya.

Pasukan Rusia menyerang unit tentara Ukraina di arah selatan Donetsk, menghancurkan sekitar 120 tentara musuh dan stasiun radar buatan AS selama sehari terakhir, kementerian melaporkan.

Di dekat pemukiman Vodyanoye, pasukan Rusia berhasil menghalau serangan balik yang dilakukan oleh kelompok penyerang dari brigade mekanik ke-72 tentara Ukraina, katanya.

Kherson

Pasukan Rusia menghancurkan 50 tentara Ukraina di daerah Kherson selama sehari terakhir

Pasukan Rusia menyerang unit tentara Ukraina di wilayah Kherson, menghancurkan sekitar 50 tentara musuh dan sebuah howitzer buatan AS selama sehari terakhir, kementerian tersebut melaporkan.

“Di arah Kherson, unit-unit Kelompok Pertempuran Dnepr menimbulkan kerusakan akibat tembakan terhadap personel dan peralatan yang dikumpulkan dari brigade mekanis ke-65, penyerangan gunung ke-128, dan infanteri laut ke-35 tentara Ukraina di dekat pemukiman Rabotino dan Stepovoye di Wilayah Zaporozhye dan Ivanovka di Wilayah Zaporozhye. Wilayah Kherson. Kerugian tentara Ukraina berjumlah 50 personel, 5 kendaraan bermotor, sistem artileri M777 buatan AS, dan howitzer D-30,” kata kementerian tersebut.

Gudang Drone Dihancurkan

Pasukan Rusia menghancurkan fasilitas penyimpanan UAV (kendaraan udara tak berawak) Ukraina, bengkel produksi/perbaikan drone, dan menyerang tenaga kerja musuh serta perangkat keras militer di 132 wilayah selama sehari terakhir, kementerian melaporkan.

“Pesawat operasional-taktis, kendaraan udara tak berawak, pasukan rudal dan artileri dari kelompok pasukan Rusia menghancurkan fasilitas penyimpanan UAV dan bengkel produksi dan perbaikan drone serta menyerang tenaga kerja dan peralatan militer tentara Ukraina di 132 wilayah,” kata kementerian itu.

Pertahanan udara Rusia menghancurkan 163 UAV Ukraina selama beberapa hari terakhir
Pasukan pertahanan udara Rusia menembak jatuh 20 roket sistem peluncuran ganda HIMARS buatan Amerika dan Vampire buatan Ceko dan menghancurkan 163 kendaraan udara tak berawak (UAV) Ukraina selama sehari terakhir, kementerian melaporkan.

“Kemampuan pertahanan udara menembak jatuh 163 kendaraan udara tak berawak Ukraina dan 20 roket HIMARS buatan AS dan peluncur roket ganda Vampire buatan Ceko,” kata kementerian itu.

Secara keseluruhan, Angkatan Bersenjata Rusia telah menghancurkan 577 pesawat tempur Ukraina, 270 helikopter, 16.443 kendaraan udara tak berawak, 487 sistem rudal permukaan-ke-udara, 15.562 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 1.251 peluncur roket ganda, 8.480 senjata artileri lapangan dan mortir serta 20.027 unit. kendaraan bermotor khusus militer sejak dimulainya operasi militer khusus, kementerian melaporkan.

Tag:  #negara #barat #ngeri #rusia #makin #menggila #ukraina

KOMENTAR