Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Sebut Israel Sabotase Perundingan Gencatan Senjata
Kepala sayap politik Hamas, Ismail Haniyeh 
08:40
20 Maret 2024

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Sebut Israel Sabotase Perundingan Gencatan Senjata

Pemimpin Hamas yang berbasis di Qatar, Ismail Haniyeh, menuduh Israel menyabotase perundingan gencatan senjata dengan melakukan serangan ke Rumah Sakit Al-Shifa.

Belasan orang terbunuh pada hari Senin (18/3/2024), The New Arab melaporkan.

Ratusan orang lainnya juga ditangkap saat penyerbuan rumah sakit terbesar di Gaza tersebut.

Kompleks RS Al-Shifa dipenuhi pasien dan warga yang mengungsi.

Pasukan Israel beralasan orang-orang itu adalah militan Hamas.

“Tindakan pasukan pendudukan Zionis di Kompleks Medis Al-Shifa menegaskan niat mereka untuk menghalangi pemulihan kehidupan di Gaza dan membongkar aspek-aspek penting dari keberadaan manusia,” kata Haniyeh.

“Penargetan yang disengaja terhadap petugas polisi dan pejabat pemerintah di Gaza menggambarkan upaya mereka untuk menabur kekacauan dan melanggengkan kekerasan di antara masyarakat kita yang tangguh."

"Hal ini juga menunjukkan upaya para pemimpin pendudukan untuk menyabotase perundingan yang sedang berlangsung di Doha."

Sejumlah delegasi China bertemu dengan perwakilan Hamas di Qatar, termasuk kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh, pada Minggu (17/3/2024). Sejumlah delegasi China bertemu dengan perwakilan Hamas di Qatar, termasuk kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh, pada Minggu (17/3/2024). (X)

Negosiasi untuk gencatan senjata perang di Gaza dan pembebasan sandera sedang berlangsung di Doha.

Proposal balasan akan segera diajukan ke Hamas, kata negosiator Qatar pada hari Selasa.

Kepala Mossad David Barnea telah terbang untuk melakukan pembicaraan dengan perdana menteri Qatar dan pejabat Mesir pada hari Senin.

Ini adalah pembicaraan pertama sejak mediator gagal mencapai gencatan senjata sebelum masuk bulan suci Ramadhan.

Menteri Pertahanan AS akan menjamu Menteri Pertahanan Israel minggu depan

Dalam perkembangan terbaru, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin akan menjamu Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant minggu depan, kata seorang pejabat Amerika.

Pertemuan tersebut terjadi setelah Austin baru-baru ini mengundang Gallant untuk berkunjung.

Rencana kunjungan ini terpisah dari pengumuman pada hari Senin setelah pembicaraan di telepon antara Presiden AS Joe Biden dan PM Israel Benjamin Netanyahu.

Dalam pembicaraan tersebut, Netanyahu setuju untuk mengirim tim pejabat senior ke Washington untuk membahas perkembangan terkait perang di Gaza.

Update Perang di Gaza

Hingga saat ini, setidaknya 31.819 warga Palestina telah tewas dan 73.934 terluka dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober, mengutip Aljazeera.

Jumlah korban tewas di Israel akibat serangan Hamas pada 7 Oktober mencapai 1.139 orang dan puluhan orang ditawan.

Serangan udara Israel terhadap tim distribusi bantuan di Kota Gaza yang menewaskan sedikitnya 23 orang adalah bukti lebih lanjut dari sadisme Israel, kata Hamas.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan seluruh populasi Gaza yang berjumlah 2,3 juta orang kini 100 persen sangat rawan pangan, kejadian pertama dalam sejarah.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Israel Yisrael Katz mengutuk tindakan Kanada yang melarang ekspor senjata di masa depan.

Ia memperingatkan bahwa sejarah akan menilai tindakan tersebut dengan keras.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Editor: Bobby Wiratama

Tag:  #pemimpin #hamas #ismail #haniyeh #sebut #israel #sabotase #perundingan #gencatan #senjata

KOMENTAR