8 Serangan Hizbullah Hantam Perbatasan, Komandan Israel Hampir Tewas Kena Rudal
Pejuang Hizbullah Lebanon berdiri di atas truk militer yang dilengkapi dengan peluncur roket ganda di desa Aaramta, Lebanon Selatan. --- Hizbullah meluncurkan 8 serangan ke perbatasan Israel hari ini. 
19:10
18 Maret 2024

8 Serangan Hizbullah Hantam Perbatasan, Komandan Israel Hampir Tewas Kena Rudal

Kelompok Hizbullah di Lebanon melaporkan mereka telah melakukan 8 serangan terhadap posisi Israel di luar perbatasan pada Senin (18/3/2024).

Media Israel mengkonfirmasi seorang komandan batalion selamat dari serangan rudal Hizbullah di perbatasan Lebanon-Israel.

Sebelumnya, Hizbullah mengumumkan adanya serangan pesawat Israel di kota Ramia di Lebanon selatan pada Senin pagi.

Pasukan Israel mengebom kota Aitaroun dan Khiam, serta sekitar kota Naqoura, Alma al-Shaab, Aita al-Shaab, dan Marwahin.

Artileri Israel juga mengebom sekitar kota-kota perbatasan di Lebanon selatan.

Juru bicara militer Israel melaporkan pesawatnya mengebom 4 situs Hizbullah di Lebanon secara bersamaan.

"Di antara lokasi yang menjadi sasaran adalah infrastruktur Hizbullah dan titik observasi di wilayah Aitaroun, kompleks militer yang berafiliasi dengan partai tersebut di Alma al-Shaab, dan dua titik observasi di Marwahin dan Aita al-Shaab," kata juru bicara militer itu, Senin pagi.

Di sisi lain, surat kabar Israel, Israel Broadcasting Corporation menyebut seorang perwira senior Israel selamat setelah Hizbullah menembakkan peluru kendali pada tengah malam terhadap kendaraan militer di perbatasan utara.

Israel Broadcasting Corporation menambahkan, komandan batalyon tidak terluka, namun kendaraannya rusak parah.

Kepala Staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Herzi Halevy, mengatakan pasukannya bertekad untuk merugikan anggota Hizbullah di Lebanon.

"Kami tidak akan mengembalikan penduduk wilayah utara ke rumah mereka sampai keamanan dan stabilitas sepenuhnya terjalin di sana," kata Herzi Halevy, Minggu (17/3/2024).

Di sisi lain, Hizbullah menyatakan pihaknya menargetkan dengan senjata rudal situs Al-Samaqa di perbukitan Kafr Shuba, dan membombardir kendaraan Israel dengan peluru artileri saat memasuki situs Al-Malikiyah.

Sementara lain, Hizbullah mengatakan mereka mengebom dua pertemuan tentara Israel di sekitar barak Mitat dan di seberang kota Wazzani dengan senjata roket.

Hizbullah juga mengumumkan pemboman terhadap situs Al-Marj dan Al-Matula, dan penargetan peralatan mata-mata di situs Al-Asi.

Hamas Palestina vs Israel

Jumlah kematian warga Palestina di Jalur Gaza mencapai 31.645 jiwa dan 73.676 lainnya terluka sejak Sabtu (7/10/2023) hingga Senin (18/3/2024), 1.147 kematian di wilayah Israel, dan 375 kematian warga Palestina di Tepi Barat hingga Selasa (30/1/2024), dikutip dari Xinhua News.

Sebelumnya, Israel mulai membombardir Jalur Gaza setelah gerakan perlawanan Palestina, Hamas, meluncurkan Operasi Banjir Al-Aqsa untuk melawan pendudukan Israel dan kekerasan di Al-Aqsa pada Sabtu (7/10/2023).

Israel memperkirakan, masih ada kurang lebih 136 sandera yang ditahan Hamas di Jalur Gaza, setelah pertukaran 105 sandera dengan 240 tahanan Palestina pada akhir November 2023.

Sementara itu, ada lebih dari 8.000 warga Palestina yang berada di penjara-penjara Israel, menurut laporan The Guardian pada Desember 2023 lalu.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina vs Israel

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #serangan #hizbullah #hantam #perbatasan #komandan #israel #hampir #tewas #kena #rudal

KOMENTAR