Perang Rusia-Ukraina Hari ke-741, London Desak Berlin Kirim Rudal Taurus Buat Bantu Zelensky
Rudal Taurus Jerman yang diinginkan Ukraina. - Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina yang telah memasuki hari ke-741 pada Selasa (4/3/2024). 
10:50
5 Maret 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-741, London Desak Berlin Kirim Rudal Taurus Buat Bantu Zelensky

Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina yang telah memasuki hari ke-741 pada Selasa (5/3/2024).

Inggris mendesak Jerman untuk memasok rudal jarak jauh Taurus ke militer Ukraina.

Rudal Taurus, yang memiliki jangkauan 300 mil, atau dua kali lipat dari sistem senjata Strom Shadow/Scalp Anglo-Prancis yang sudah diberikan ke Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Menanggapi seruan Inggris, Kanselir Jerman, Olaf Scholz pada hari Senin (4/3/2024) menegaskan bahwa dia tidak akan menyumbangkan rudal yang dapat menyerang jembatan strategis Kerch yang menghubungkan Rusia dan wilayah pendudukan Krimea.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-741:

  • Militer Ukraina mengklaim mampu menahan kemajuan pasukan Rusia di luar kota Avdiivka, kota yang baru direbut Moskow bulan kemarin.

    Kini pasukan Rusia berkumpul lebih jauh ke selatan, di sekitar Novomykhailivka
  • Badan intelijen militer Ukraina melancarkan serangan dunia maya terhadap server Kementerian Pertahanan Rusia.

    Intelijen Ukraina mengatakan pihaknya memperoleh akses ke “sebagian besar dokumen layanan rahasia”.
  • Staf angkatan udara AS telah didakwa di Nebraska karena menyebarkan informasi rahasia tentang perang Rusia dengan Ukraina pada platform kencan online, menurut Departemen Kehakiman AS.

    David Franklin Slater (63) diduga berbagi rincian tentang target militer dan kemampuan Rusia pada platform pesan online dengan rekan konspirator yang tidak didakwa, yang mengaku sebagai seorang wanita yang tinggal di Ukraina.

    Slater diperkirakan akan hadir di pengadilan untuk pertama kalinya pada hari Selasa (5/3/2024).

  • Secara terpisah, Jack Teixeira, yang membocorkan dokumen rahasia tentang perang Rusia di Ukraina ke layanan obrolan online Discord, telah mengaku bersalah di pengadilan federal.

    Jaksa mengatakan mereka akan menuntut hukuman hampir 17 tahun penjara bagi Teixeira, seorang anggota garda nasional udara Massachusetts.

    Seorang pengacara pembela menggambarkan Teixeira (22) sebagai “anak-anak” yang masa mudanya ikut disalahkan atas perilakunya.

  • Syrskyi mengatakan mereka juga berbicara dengan Menteri Pertahanan Inggris, Grant Shapps, dan Kepala Staf Pertahanan Inggris, Sir Tony Radakin, membahas kebutuhan militer Ukraina dan pengembangan kemampuan angkatan laut Ukraina .
  • Kepala Pengawas Nuklir PBB, Rafael Grossi hendak membahas rencana Rusia untuk Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang didudukinya di Ukraina ketika dia bertemu minggu ini dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Tiara Shelavie

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #london #desak #berlin #kirim #rudal #taurus #buat #bantu #zelensky

KOMENTAR