Unit Brigade Golani IDF yang Hendak Menyusup ke Lebanon Kena Hantam Peluru Artileri Hizbullah
BERTERIAK - Seorang anggota pasukan Israel (IDF) berteriak melewati bom asap saat menjalani latihan di wilayah dataran tinggi Golan yang mereka duduki, 4 Januari 2024. 
17:30
4 Maret 2024

Unit Brigade Golani IDF yang Hendak Menyusup ke Lebanon Kena Hantam Peluru Artileri Hizbullah

Kelompok Hizbullah  Lebanon mengklaim menggagalkan dua upaya penyusupan (infiltrasi) tentara Israel (IDF) ke wilayah Lebanon.

Lewat saluran medianya, Hizbullah menyatakan, upaya penyusupan dilakukan oleh unit Brigade Golani IDF sekitar tengah malam pada Sabtu (3/3/2024).

“Saat pasukan Israel dari unit Brigade Golani berupaya  menyusup ke wilayah Lebanon dari arah Khirbet Zarit, di seberang kota Ramia di Lebanon, Mujahidin Perlawanan Islam pada pukul 12:15 tanggal 03/04/2024, meledakkan alat peledak besar di dekat pasukan penyusupan, kemudian menargetkannya dengan sejumlah peluru artileri dan mengenai sasaran langsung,” kata Hizbullah dalam sebuah pernyataan.

Sesaat sebelum pernyataan itu, Hizbullah telah mengumumkan kalau mereka menyerang pasukan Israel yang menyusup ke wilayah Lebanon di Lembah Qatmoun di seberang Rmeish.

"Serangan mengenai sasaran secara langsung,” klaim pernyataan Hizbullah.

Tel Aviv belum mengomentari upaya tentara Israel untuk menyusup ke Lebanon.

BERTERIAK - Seorang anggota pasukan Israel (IDF) berteriak melewati bom asap saat menjalani latihan di wilayah dataran tinggi Golan yang mereka duduki, 4 Januari 2024. BERTERIAK - Seorang anggota pasukan Israel (IDF) berteriak melewati bom asap saat menjalani latihan di wilayah dataran tinggi Golan yang mereka duduki, 4 Januari 2024. (Tangkap Layar/AP)

Lontarkan Bom Asap, IDF Tarik Mundur Pasukan

Hizbullah melakukan beberapa operasi lain terhadap situs Israel pada awal 3 Maret, termasuk serangan terhadap pasukan di Gunung Nader dan serangan terhadap pasukan Israel yang menghadap desa Al-Wazzani.

"Serangan di dekat Al-Wazzani “mendorong tentara musuh untuk menembakkan bom asap untuk menutupi proses penarikan tentara yang tewas dan terluka dengan helikopter,” kata Hizbullah.

Kelompok perlawanan tersebut kemudian merilis rekaman serangannya terhadap situs militer Israel di Jal al-Alam dan Metulla.

Bakal Lancarkan Perang ke Lebanon

CNN mengutip pernyataan para pejabat AS pada akhir bulan lalu, melaporkan kalau tentara Israel merencanakan invasi darat ke Lebanon selatan dalam beberapa bulan mendatang.

Media Barat juga melaporkan hal ini pada Desember, mengatakan Israel mempunyai rencana untuk mendorong Hizbullah menjauh dari perbatasan dan melewati Sungai Litani.

Hal ini untuk memastikan kembalinya ratusan ribu pemukim yang mengungsi dari wilayah utara Israel sebagai akibat dari operasi kelompok perlawanan tersebut.

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) dan Perancis berusaha menekan pemerintah Lebanon agar menyetujui perjanjian yang menyerukan penarikan mundur Hizbullah dari wilayah perbatasan namun gagal mendapatkan konsesi apa pun dari Israel.

"Para pejabat Lebanon belum secara resmi menanggapi permintaan tersebut namun pada prinsipnya menolaknya," tulis al mayadeen..

(oln/tc/almydn/*)

Tag:  #unit #brigade #golani #yang #hendak #menyusup #lebanon #kena #hantam #peluru #artileri #hizbullah

KOMENTAR