Mengapa Serangan IDF ke Iran Dinamakan 'Operasi Hari Pertobatan'?
Jet tempur buatan AS F-35 menembakkan rudal AMRAAM. Jet ini diduga digunakan oleh Israel untuk membombardir Teheran, Iran 
13:00
26 Oktober 2024

Mengapa Serangan IDF ke Iran Dinamakan 'Operasi Hari Pertobatan'?

Pasukan Israel alias IDF akhirnya merealisasikan ancamannya dengan menyerang Iran.

Serbuan dilakukan dengan meluncurkan rudal dan serangan dengan angkatan udara IDF pada Jumat (25/10/2024) malam atau Sabtu (26/10/2024).

Serangan tersebut oleh IDF dinamakan dengan “Days of Repentance” atau " Hari Pertobatan". Ternyata nama operasi tersebut tidak diambil sembarangan.

Israel memiliki alasan memberikan nama operasi tersebut.

Dikutip dari Jerusalem Post, frasa “Hari Pertobatan” mengacu pada sepuluh hari antara Rosh Hashanah dan Yom Kippur dalam agama Yahudi, yang dikenal sebagai Sepuluh Hari Pertobatan. 

Selama periode ini, orang-orang dipanggil untuk merenungkan tindakan mereka, menebus kesalahan, dan kembali ke jalan integritas, yang mengarah ke Yom Kippur, Hari Penebusan Dosa. 

Istilah Ibrani teshuva, yang berarti “kembali,” merangkum gagasan tentang pembaruan spiritual dan peningkatan diri ini.

Dalam tradisi Yahudi, hari-hari ini dipandang sebagai kesempatan ketika “gerbang surga” terbuka, yang memungkinkan individu untuk mencari pengampunan dan menyelaraskan diri dengan nilai-nilai yang lebih tinggi. 


Dengan menamai operasi tersebut setelah waktu ini, Israel menggarisbawahi pentingnya akuntabilitas dan komitmen terhadap perlindungan nasional.

bagi kaum Yahudi, waktu dan nama "Operasi Hari Pertobatan" membawa banyak makna simbolis.

Pertama, menandai satu tahun sejak 7 Oktober. Operasi tersebut diluncurkan sehari setelah Simchat Torah, tanggal yang menandai ulang tahun insiden tragis 7 Oktober setahun sebelumnya. 

Waktu ini memberikan bobot historis yang suram pada kampanye tersebut, mengingatkan Israel dan negara-negara tetangganya tentang dampak agresi yang tidak terkendali.

Selain itu, serangan itu berfungsi sebagai pesan pasca-Hari Raya. Tak lama setelah Hari Raya dan Sepuluh Hari Pertobatan, operasi tersebut mencerminkan seruan untuk bertindak yang berakar pada rasa pembaruan. 

Pilihan Israel untuk menghindari lokasi nuklir dan minyak, dan sebaliknya berfokus pada target militer, menandakan pengekangan diri sekaligus menggarisbawahi kemampuannya untuk merespons dengan tegas.

Terakhir, nama tersebut mewakili respons langsung Israel terhadap serangan Hizbullah dan Hamas yang didukung Iran, serta meningkatnya ancaman dari Iran

Pilihan nama tersebut menyelaraskan respons militer Israel dengan komitmennya untuk membela diri, memperkuat tekad untuk melawan segala ancaman terhadap warganya.

Dengan menamai kampanye tersebut "Hari-hari Pertobatan," Israel mengirimkan pesan yang melampaui strategi militer. 

Kampanye ini memadukan refleksi historis dengan sikap yang jelas tentang pertahanan dan akuntabilitas. 

Nama tersebut mencerminkan tekad Israel untuk melindungi rakyatnya dari ancaman yang terus-menerus sambil menyerukan periode introspeksi dan pengembalian yang signifikan secara budaya.

Target Militer Iran

Juru bicara IDF Daniel Hagari mengatakan serangan Israel tersebut melancarkan serangan tepat sasaran terhadap target militer di Iran.

"Menanggapi serangan terus-menerus selama berbulan-bulan dari rezim di Iran terhadap Negara Israel - saat ini Pasukan Pertahanan Israel tengah melancarkan serangan tepat sasaran terhadap target militer di Iran," kata Hagari dalam sebuah pernyataan video singkat.

"Kami akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk membela Negara Israel dan rakyat Israel," katanya, seraya menambahkan bahwa "kemampuan defensif dan ofensif negara Yahudi itu dimobilisasi sepenuhnya."

Skala serangan itu belum jelas, dan tidak ada informasi mengenai kerusakan di Republik Islam itu. 

Seorang warga Teheran mengatakan kepada AP bahwa sedikitnya tujuh ledakan terdengar di ibu kota.

Pada tanggal 1 Oktober, Iran menembakkan hampir 200 rudal balistik ke Israel sebagai tanggapan atas pembunuhan para pemimpin Hamas dan Hizbullah serta seorang jenderal Korps Garda Revolusi Islam (IRGC).

Israel sejak itu mengancam akan melakukan pembalasan yang "mematikan, tepat sasaran, akurat, dan mengejutkan", tanpa menyebutkan kerangka waktu apa pun.

Teheran telah memperingatkan Israel agar tidak melakukan serangan apa pun, dan bersumpah akan memberikan tanggapan yang "tegas dan penuh penyesalan", jika Israel melakukannya.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #mengapa #serangan #iran #dinamakan #operasi #hari #pertobatan

KOMENTAR