Reaksi Pemimpin Dunia Atas Serangan Berdarah di Ankara, Putin Ucapkan Ini ke Erdogan
Lokasi serangan berdarah terhadap markas besar Industri Dirgantara Turki (TAI) di Ankara, Rabu (23/10/2024). Turki melabeli serangan ini sebagai aksi teror yang diduga dilakukan keompok separatis Kurdi (PKK). 
16:30
24 Oktober 2024

Reaksi Pemimpin Dunia Atas Serangan Berdarah di Ankara, Putin Ucapkan Ini ke Erdogan

- Para pemimpin dari seluruh dunia mengutuk serangan berdarah yang menargetkan fasilitas industri pertahanan di ibukota Turki di mana lima orang tewas dan 22 lainnya terluka, Rabu (23/10/2024).

Pihak berwenang Turki melabeli serangan ini sebagai aksi terorisme yang diduga dilakukan kelompok separatis Kurdi (PKK).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengutuk serangan terhadap markas besar Turkish Aerospace Industries atau Industri Dirgantara Turki (TAI) di Ankara.

“Saya mengutuk serangan keji ini terhadap fasilitas Industri Dirgantara Turki,” kata Erdogan.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga mengutuk serangan di sela-sela pertemuan puncak kelompok BRICS yang dihadiri Erdogan sebagai tamu.

"Dear Mr. Presiden, rekan-rekan terkasih, kami sangat senang menyambut Anda ke Kazan. Tapi sebelum kita mulai bekerja, saya ingin menyampaikan belasungkawa saya sehubungan dengan serangan teroris. Laporan media datang tentang serangan teroris di Türkiye,” kata Putin.

Dia menambahkan bahwa Moskow mengutuk setiap manifestasi terorisme.


Amerika Serikat (AS) juga mengutuk serangan teror mematikan, dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan "Amerika Serikat berdiri dengan Ally Türkiye kami dan sangat mengutuk serangan teroris hari ini.

“Pikiran saya bersama para korban dan keluarga mereka,” tambah Blinken dalam sambutannya di platform X.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby juga mengutuk serangan itu.

“Pagi ini, doa kami bersama semua orang yang terkena dampak dan keluarga mereka, dan tentu saja, juga orang-orang Türkiye pada saat yang sangat sulit ini,” katanya.

“Pihak berwenang Turki, seperti yang mereka katakan, sedang menyelidiki ini sebagai kemungkinan serangan teroris, dan sementara kami belum tahu motifnya atau siapa yang tepat di belakangnya, kami sangat mengutuk tindakan kekerasan ini,” katanya kepada wartawan pada briefing.

Sekretaris Jenderal NATO Mark Rutte juga mengutuk serangan itu.

“Kami sangat mengutuk terorisme dalam segala bentuknya dan memantau perkembangan dengan cermat,” kata Rutte.

“NATO berdiri dengan negara sekutunya Türkiye,” tambahnya.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell “mengutuk keras” terorisme dalam segala bentuk dalam sebuah posting di X setelah serangan itu.

Uni Eropa menyatakan solidaritas dengan Türkiye di masa sulit ini,” katanya.

Azerbaijan juga mengutuk serangan itu, menambahkan bahwa Baku akan selalu berada di sisi "saudaranya, Türkiye."

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga mengutuk “serangan teroris yang menghantam Ankara dalam istilah terkuat,” dalam sebuah posting di X.

Dia menyoroti bahwa orang-orang Prancis “berbagi rasa sakit keluarga mereka yang kehilangan nyawa dalam serangan itu dan menyampaikan belasungkawa kami kepada mereka.”

Macron mengatakan negaranya berdiri “dalam solidaritas dengan Türkiye dan rakyat Turki melawan terorisme.”

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan pada X: “Saya terkejut dengan laporan korban tewas dan terluka di Ankara. Kami sangat mengutuk terorisme dalam bentuk apa pun dan berdiri di samping mitra kami, Türkiye.

Perdana Menteri Belanda Dick Schoof juga menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Erdogan, dengan mengatakan Belanda “mengutuk semua bentuk terorisme. Kami bersimpati dengan Türkiye dan memantau situasi dengan cermat.”

Menyebut serangan teroris itu “mengerikan,” Jerman juga mengutuk “semua bentuk terorisme dalam istilah yang paling kuat.”

" Solidaritas kami bersama teman-teman Turki kami."

Kanselir Austria Karl Nehammer juga "sangat" mengutuk serangan itu, dengan mengatakan: "Terorisme dan kekerasan tidak memiliki tempat di masyarakat kita."

Kosovo juga mengutuk serangan itu, mengungkapkan solidaritas dengan Türkiye.

“Kami berdiri dengan sekutu kami, Türkiye, setelah serangan teroris hari ini di Ankara. Belasungkawa terdalam kami sampaikan kepada keluarga dan orang-orang terkasih dari para korban. Terorisme dan kekerasan tidak memiliki tempat di dunia kita!" kata Presiden Vjosa Osmani di X.

Slovenia juga mengutuk serangan "keji", dengan Wakil Perdana Menteri Tanja Fajon menarik perhatian pada korban tewas sipil.

"Saya mengutuk serangan keji - yang merenggut nyawa orang-orang yang tidak bersalah - di Türkiye hari ini. Tidak ada tempat untuk terorisme – atau segala bentuk kekerasan – dalam masyarakat demokratis. Pikiran saya bersama para korban dan orang-orang yang mereka cintai,” katanya.

Kementerian Luar Negeri Irlandia mengatakan pada X bahwa “Irlandia mengutuk serangan mematikan yang terjadi di Türkiye hari ini.”

“Kami menyampaikan belasungkawa dengan orang-orang Türkiye, terutama keluarga mereka yang telah terbunuh atau terluka,” tambahnya.

Presiden Serbia Aleksandar Vucic menyatakan "keprihatinan" atas serangan teroris di Ankara.

“Serbia mengutuk semua bentuk terorisme dan berdiri dalam solidaritas dengan Türkiye dan rakyatnya,” katanya, menyampaikan “bungkusan tulus kepada keluarga para korban, dan saya berharap mereka yang terluka cepat sembuh.”

Kementerian Luar Negeri negara Balkan mengatakan pada X: “Hati kami pergi ke para korban serangan mengerikan di #Ankara saat kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga mereka.”

"Terkejut dan sedih, kami sangat mengutuk tindakan kekerasan yang tidak masuk akal ini dan berdiri dengan orang-orang #Türkiye selama masa sulit ini," tambahnya.

Di Facebook, Ketua Kepresidenan Bosnia dan Herzegovina, Deniz Becirovic, juga mengutuk serangan teroris tersebut.

Dia menyatakan belasungkawa kepada Presiden Erdogan, keluarga korban serangan dan negara Turki.

KECAMAN DARI MISI DIPLOMATIK DI TÜRKİYE

Kedutaan Besar Kanada di Türkiye merilis pernyataan serupa tentang kecaman keras, menambahkan bahwa Ottawa berdiri bersama Türkiye, "teman dan sekutu kami, pada saat yang sulit ini."

Menyebut serangan itu “tercela,” kepala dinas intelijen Inggris MI6 juga mengutuk serangan itu.

“Saya menyampaikan belasungkawa saya kepada keluarga para martir dan berharap pemulihan yang cepat untuk yang terluka,” kata Richard Moore pada X.

Presiden Republik Turki Siprus Utara, Ersin Tatar, mengutuk serangan itu juga, menyampaikan belasungkawa.

Amerika Serikat Kedutaan Besar di Türkiye juga mengeluarkan pernyataan kecaman.

“Amerika Serikat sangat mengutuk serangan teroris hari ini dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga mereka yang hilang dan terluka. Kami berdiri dengan sekutu kami Türkiye,” katanya.

Kedutaan Swiss di Türkiye juga mengutuk serangan itu “dalam istilah terkuat,” menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Turki

 

 

 

Tag:  #reaksi #pemimpin #dunia #atas #serangan #berdarah #ankara #putin #ucapkan #erdogan

KOMENTAR