Bos Perusahaan Jepang yang Menipu 930 Orang Berhasil Ditangkap di Indonesia
Tersangka Yusuke Yamazaki (43) Wakil Presiden Nishiyama Form di Wakayama Jepang sebelum ditangkap (kiri) dan saat ditangkap (kanan). 
16:20
24 Februari 2024

Bos Perusahaan Jepang yang Menipu 930 Orang Berhasil Ditangkap di Indonesia

Sedikitnya 930 orang menjadi korban penipuan yang dilakukan tersangka Yusuke Yamazaki (43) Wakil Presiden Nishiyama Form, Wakayama Jepang.

Yamazaki ditangkap di kapal di pulau Bulan Batam saat mau menuju ke Malaysia 31 Januari 2024 sekitar jam 13:40 WIB.

"Saat itu Yamazaki pakai kaos putih kacamata hitam dan topi hitam di atas kapal kecil di pulau Bulan yang hendak menuju Malaysia," ungkap sumber Tribunnews.com dari kepolisian Jepang Jumat lalu (24/2/2024).

Tersangka Yusuke Yamazaki (43) yang ditangkap hanya mengomentari, "Saya tidak tahu mengapa saya dicari secara internasional, saya rasa saya tidak pernah menipu."

Dia menyangkal persepsi bahwa dia telah menipu dan mengumpulkan uang. Jumlah kerugian yang diderita korban sekitar 13,3 miliar yen, ungkap kepolisian Jepang lagi.

Kasus penipuan besar dengan setidaknya 930 korban di seluruh tempat di Jepang. Bahkan di Jakarta pun dia menggunakan nama palsu sebagai investor Jepang dengan nama Fukuda. Bahkan saat ditangkap mengguunakan nama lain lagi, Hajime Hatanaka.

Yamazaki ditahan, dan salah satu korban diwawancarai pers Jepang (NTV).

Jumlah kerusakan sekitar 2 juta yen pada seorang wanita yang mengeluh merasa ditipu, "Saya ingin tersangka mendengarkan semua cerita orang lain yang telah menjadi korban, menerima mereka, dan tinggal bersama mereka."

Yamazaki diperkirakan akan dideportasi ke Jepang tanggal 12 Maret 2024 setelah koordinasi dengan berbagai pihak Indonesia dan Jepang.

Yusuke Yamazaki lahir di Miyazu Kyoto tanggal 28 Januari 1981.

Blue Notice yang dikeluarkan polisi Jepang dengan No. B-3931/12-2022 atas dugaan pelanggaran tindak pidana penipuan.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #perusahaan #jepang #yang #menipu #orang #berhasil #ditangkap #indonesia

KOMENTAR