Bertemu Menteri Ekonomi Malaysia, Menlu RI Bahas Program Pertukaran Pelajar Antar Dua Negara
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Sugiono membahas isu pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia saat bertemu dengan Menteri Ekonomi Malaysia, Hon. Tuan Mohd Rafizi Bin Ramli di sela perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS Plus 2024 di Kazan, Rusia pada Rabu (23/10/2024). 
22:50
23 Oktober 2024

Bertemu Menteri Ekonomi Malaysia, Menlu RI Bahas Program Pertukaran Pelajar Antar Dua Negara

- Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Sugiono membahas isu pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia saat bertemu dengan Menteri Ekonomi Malaysia, Hon. Tuan Mohd Rafizi Bin Ramli di sela perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS Plus 2024 di Kazan, Rusia pada Rabu (23/10/2024).

Pada pertemuan itu Sugiono membicarakan program pertukaran pelajar antar instansi pendidikan di Indonesia dan Malaysia. Sugiono juga membicarakan isu regional dan mendukung penuh keketuaan Malaysia di ASEAN pada tahun 2025.

Kedua menteri turut bertukar pandangan atas dinamika kawasan, termasuk perluasan anggota BRICS dan dampak politik ekonomi bagi kawasan.

Menteri Ekonomi Malaysia, Mohd Rafizi menyebut pengaruh Indonesia dalam diplomasi tingkat regional dan global punya peran yang penting. Utamanya dalam hal meningkatkan peran ASEAN di tingkat global. 

Lebih lanjut, Sugiono turut menyampaikan apresiasi kepada Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim lantaran telah hadir pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Jakarta pada 20 Oktober 2024 kemarin.

Sebelumnya, Sugiono langsung terbang ke Kazan, Rusia untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS Plus 2024 yang diselenggarakan pada 23-24 Oktober 2024. 

Sugiono terbang ke Rusia tak sampai 24 jam setelah dirinya dilantik oleh Presiden Prabowo Subianto sebagai Menlu RI menggantikan Retno Marsudi di Istana Negara, Jakarta pada Senin (21/10/2024) pagi.


Ia hadir di KTT BRICS bertindak sebagai Utusan Khusus Presiden Prabowo. 

Kunjungan ini juga menjadi kunjungan resmi perdananya melakukan kerja-kerja diplomasi RI.

“Menlu Sugiono ditugaskan hadir sebagai Utusan Khusus Presiden RI Prabowo Subianto pada pertemuan tersebut. Kunjungan ini adalah kunjungan resmi perdana Menlu Sugiono setelah resmi dilantik sebagai Menteri Luar Negeri RI,” dikutip dari keterangan resmi Kemlu RI, Selasa (22/10/2024).

Dalam KTT BRICS Plus 2024 yang dihelat Presidensi Rusia, Sugiono mewakili Indonesia akan menyuarakan pesan perdamaian dan pentingnya negara berkembang serta Global South menguatkan solidaritasnya, memainkan peran untuk menciptakan tatanan dunia yang lebih adil, inklusif, dan setara.

Sebagai informasi, BRICS merupakan forum kerja sama yang beranggotakan Brazil, Rusia, India, RRT, dan Afrika Selatan. Forum kerja sama ini membahas permasalahan global teranyar.

Pada awal 2024, sejumlah negara seperti UAE, Iran, Mesir, Ethiopia ikut bergabung.

Presidensi Rusia dalam KTT BRICS telah mengundang negara-negara anggota, negara-negara non-anggota, dan organisasi internasional.

Indonesia sendiri sejak beberapa tahun terakhir kerap diundang menghadiri forum BRICS.

Di Rusia, Sugiono juga dijadwalkan melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa negara sahabat untuk membahas isu bilateral kawasan dan global.

(*)

Editor: Endra Kurniawan

Tag:  #bertemu #menteri #ekonomi #malaysia #menlu #bahas #program #pertukaran #pelajar #antar #negara

KOMENTAR