AS Iri Gara-gara Putin Beri Mobil ke Kim Jong Un: Rusia-Korea Utara Langgar Resolusi PBB
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kanan) mengunjungi Kosmodrom Vostochny di wilayah Amur pada 13 September 2023.--- AS dan Korea Selatan panas ketika Putin beri mobil mewah untuk Kim Jong Un. 
14:40
22 Februari 2024

AS Iri Gara-gara Putin Beri Mobil ke Kim Jong Un: Rusia-Korea Utara Langgar Resolusi PBB

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) berpendapat Rusia melanggar sanksi internasional terhadap Korea Utara ketika Presiden Rusia, Vladimir Putin, menghadiahkan sebuah mobil mewah kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Matthew Miller, mengatakan penyerahan mobil mewah limusin Aurus buatan Rusia oleh Putin kepada Kim Jong Un kemungkinan bertentangan dengan hukuman PBB terhadap Korea Utara.

”Resolusi Dewan Keamanan PBB memang mengharuskan seluruh negara anggota PBB untuk melarang pasokan kendaraan transportasi dan pasokan mobil mewah ke DPRK (Korea Utara)," kata Matthew Miller, Rabu (21/2/2024).

"Jika ini benar, maka nampaknya Rusia sekali lagi melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB yang didukungnya sendiri,” tambahnya, dikutip dari Azerbaycan24.

Miller melanjutkan dengan bercanda bahwa Kim Jong Un seharusnya mendapatkan perpanjangan garansi.

Namun juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, menampik anggapan bahwa Moskow melanggar sanksi.

Ia juga menanggapi tuduhan serupa dari pejabat Korea Selatan pada Selasa (20/2/2024).

“Jika Seoul memiliki pertanyaan tentang kepatuhan terhadap sanksi PBB terhadap DPRK, maka alih-alih langsung berbicara, mereka sebaiknya menghubungi komite sanksi Dewan Keamanan PBB,” tulisnya dalam postingan Telegram, Rabu.

“Akan menarik untuk mengetahui hal tekanan macam apa yang dilakukan Washington terhadap Seoul untuk mengganggu hubungan dagang yang sah dengan negara lain,” lanjutnya.

Sejak tahun 2006, Dewan Keamanan PBB telah mengeluarkan sejumlah resolusi yang memberikan sanksi kepada Korea Utara karena mengembangkan senjata nuklir dan aktivitas terkait, dikutip dari CFR.

Sanksi tersebut antara lain melarang perdagangan senjata/peralatan militer, membekukan aset orang-orang yang terlibat dalam program nuklir, membatasi kerja sama ilmiah, membatasi teknologi penggunaan ganda, kendaraan, mesin industri, logam, dilarang impor barang mewah tertentu, dll.

Putin Hadiahi Mobil Mewah untuk Kim Jong Un

Hadiah dari Presiden Rusia, Vladimir Putin, pertama kali dilaporkan pada Selasa di media pemerintah Korea Utara.

Mobil mewah tersebut telah diserahkan kepada otoritas DPRK akhir pekan lalu.

"Kim diberikan sebuah mobil buatan Rusia untuk penggunaan pribadinya oleh Vladimir Vladimirovich Putin, presiden Federasi Rusia,” lapor Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA), Selasa.

Kim Yo Jong, adik perempuan Kim Jong Un, dan seorang pejabat senior Korea Utara, menyebut hadiah tersebut sebagai demonstrasi jelas dari hubungan pribadi yang istimewa antara kakaknya dan Putin.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kemudian membenarkan laporan tersebut.

“Ketika pemimpin DPRK (Korea Utara) berada di Kosmodrom Vostochny, dia melihat mobil ini, Putin menunjukkannya secara pribadi, dan seperti banyak orang, Kim menyukai mobil ini,” kata Peskov kepada wartawan, Rabu.

“Jadi keputusan ini telah dibuat. Korea Utara adalah tetangga kami, tetangga dekat kami, dan kami bermaksud, dan akan terus, mengembangkan hubungan kami dengan semua tetangga kami, termasuk Korea Utara,” lanjutnya, seperti diberitakan CBS News.

Ia mengatakan mobil yang diberikan kepada Kim Jong Un memang limusin Aurus, namun tidak merinci modelnya.

Sebelumnya, Vladimir Putin bertemu dengan Kim pada September 2023 lalu di timur jauh Rusia, tempat pemimpin Korea Utara tersebut mengunjungi berbagai fasilitas militer dan sipil.

Kedua kepala negara itu juga mengunjungi kosmodrom Vostochny, tempat Putin memamerkan dua kendaraan negara, limusin Aurus.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Rusia dan Ukraina

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #gara #gara #putin #beri #mobil #jong #rusia #korea #utara #langgar #resolusi

KOMENTAR