Dunia Internasional Ramai-ramai Mengecam AS, Setelah AS Veto Resolusi Gencatan Senjata di Gaza Lagi
AS Memveto Resolusi Dewan Keamanan PBB yang Menyerukan Gencatan Senjata di Gaza, Selasa (20/2/2024) 
14:00
21 Pebruari 2024

Dunia Internasional Ramai-ramai Mengecam AS, Setelah AS Veto Resolusi Gencatan Senjata di Gaza Lagi

Dunia ramai-ramai mengutuk veto terbaru Amerika Serikat di Dewan Keamanan PBB terhadap gencatan senjata di Gaza.

Rusia berjanji tidak akan menyerah ketika Tiongkok mengatakan veto AS memberikan lampu hijau bagi berlanjutnya pembantaian Israel di Gaza.

Amerika Serikat kembali memveto rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) mengenai perang Israel di Gaza, yang memicu kecaman luas dari negara-negara saingan dan sekutu.

Langkah tersebut merupakan veto ketiga AS terhadap resolusi DK PBB yang menuntut gencatan senjata di Gaza, dan terjadi sehari setelah Washington mengedarkan resolusi yang akan mendukung gencatan senjata sementara terkait dengan pembebasan semua tawanan Israel dari wilayah kantong Palestina.

Pemungutan suara di dewan yang beranggotakan 15 orang tersebut menghasilkan hasil 13-1, dengan Inggris abstain, yang mencerminkan dukungan kuat dari negara-negara di seluruh dunia untuk mengakhiri konflik dahsyat yang telah menewaskan lebih dari 29.000 warga Palestina.

Berikut tanggapan negara-negara dan para pemimpin dunia:

China

Zhang Jun, utusan Tiongkok untuk PBB, menyatakan “kekecewaan dan ketidakpuasan yang kuat” terhadap AS, menurut kantor berita Xinhua.

“Veto AS mengirimkan pesan yang salah, mendorong situasi di Gaza menjadi lebih berbahaya,” kata Zhang, seraya menambahkan bahwa penolakan terhadap gencatan senjata di Gaza “tidak ada bedanya dengan memberikan lampu hijau terhadap pembantaian yang berkelanjutan”.

“Hanya dengan memadamkan api perang di Gaza, dunia dapat mencegah api neraka melanda seluruh wilayah,” kata dia seperti dikutip Xinhua.

Rusia

Duta Besar Rusia untuk PBB Vasily Nebenzia mengatakan veto AS menandai “halaman hitam lain dalam sejarah Dewan Keamanan”.

Dia menuduh AS mencoba mengulur waktu agar Israel dapat menyelesaikan “rencana tidak manusiawi” mereka di Gaza, yaitu mengusir warga Palestina dari wilayah tersebut dan “membersihkan” wilayah kantong tersebut sepenuhnya.

Dia menambahkan bahwa betapapun pahitnya “rasa sisa” dari pemungutan suara tersebut, “kami tidak berminat untuk menyerah”.

Perancis

Utusan Perancis untuk PBB Nicolas de Riviere menyatakan penyesalannya bahwa resolusi gencatan senjata DK PBB “tidak dapat diadopsi, mengingat situasi bencana” di Gaza.

De Riviere menambahkan bahwa Prancis, yang menyetujui resolusi tersebut, akan terus berupaya agar semua tawanan dibebaskan dan agar gencatan senjata “segera dilaksanakan”.

Aljazair

Utusan Aljazair mengatakan DK PBB telah “sekali lagi gagal” dan memperingatkan bahwa tindakan tersebut dapat menimbulkan konsekuensi besar bagi Timur Tengah secara keseluruhan.

“Pesan kami kepada Anda hari ini adalah komunitas internasional harus menanggapi seruan untuk mengakhiri pembunuhan warga Palestina dengan menyerukan gencatan senjata segera. Semua pihak yang menghalangi seruan tersebut harus meninjau kembali kebijakan dan perhitungan mereka karena keputusan yang salah saat ini akan berdampak buruk pada kawasan dan dunia kita di masa depan. Dan akibatnya adalah kekerasan dan ketidakstabilan,” kata Amar Bendjama.

“Maka tanyakanlah pada dirimu sendiri, periksalah hati nuranimu. Apa pengaruh keputusan Anda hari ini? Bagaimana sejarah akan menilai Anda?”

Hamas

Kelompok Palestina mengatakan keputusan pemerintahan Presiden AS Joe Biden untuk memblokir rancangan resolusi Aljazair menguntungkan agenda pendudukan Israel, yang bertujuan untuk “membunuh dan menggusur” warga Palestina.

“Presiden Joe Biden dan pemerintahannya memikul tanggung jawab langsung atas kegagalan resolusi gencatan senjata di Gaza,” kata Hamas dalam sebuah pernyataan. “Posisi Amerika dianggap sebagai lampu hijau bagi pendudukan untuk melakukan lebih banyak pembantaian dan membunuh orang-orang yang tidak bersalah melalui pemboman dan kelaparan.”

Otoritas Palestina

Kantor Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan veto AS menentang komunitas internasional dan memberi Israel “lampu hijau tambahan bagi pendudukan Israel untuk melanjutkan agresinya terhadap rakyat Gaza dan melancarkan serangan berdarah terhadap Rafah”.

Kepresidenan Palestina juga mengatakan bahwa mereka menganggap pemerintah AS bertanggung jawab untuk “mendukung dan memberikan perlindungan” terhadap “serangan biadab” Israel terhadap anak-anak, wanita dan orang tua di Gaza.

“Kebijakan ini menjadikan Amerika Serikat mitra dalam kejahatan genosida dan pembersihan etnis serta kejahatan perang yang dilakukan pasukan Israel,” kata kantor tersebut.

Qatar

Duta Besar Qatar untuk PBB Alya Ahmed Saif Al Thani mengatakan dia menyesali kegagalan DK PBB untuk mengadopsi resolusi yang dirancang Aljazair dan berjanji untuk terus memfasilitasi upaya untuk mencapai gencatan senjata di Gaza.

Arab Saudi

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyatakan “penyesalan” atas veto tersebut dan menekankan “kebutuhan untuk melakukan reformasi Dewan Keamanan lebih dari sebelumnya untuk melaksanakan tanggung jawabnya dalam menjaga perdamaian dan keamanan dengan kredibilitas dan tanpa standar ganda”.

Norwegia

Misi Norwegia untuk PBB mengatakan pihaknya “menyesalkan” bahwa dewan tersebut tidak dapat mengadopsi resolusi mengenai gencatan senjata kemanusiaan segera.

“Sangat penting untuk mengakhiri kengerian di Gaza,” tambahnya.

Kuba

Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel Bermudez mengecam AS dengan mengatakan bahwa hak vetonya membuat AS terlibat dalam kejahatan Israel terhadap warga Palestina.

“AS baru saja memveto kembali resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza dan diakhirinya pemindahan paksa penduduk Palestina,” kata Bermudez dalam sebuah postingan di media sosial. “Mereka adalah kaki tangan genosida Israel terhadap Palestina.”

Amnesti Internasional

Agnes Callamard, direktur kelompok hak asasi manusia, mengatakan bahwa Washington memiliki peluang untuk melindungi warga sipil Palestina tetapi memilih “jalan sebaliknya” di DK PBB.

“Dan sekali lagi… ketika AS dapat melakukan hal yang benar: melindungi warga Palestina dari risiko genosida yang serius; menghormati hukum internasional dan universalitas; mencegah pembunuhan dan penderitaan besar-besaran – mereka memilih jalan yang berlawanan,” kata Callamard.

Amerika Serikat Mem-Veto untuk yang ketiga terhadap resolusi Gencatan Senjata di Gaza.

Veto Amerika Serikat itu terjadi dalam 137 hari genosida Israel terhadap warga Gaza, dan karena Veto itu, Israel dapat izin untuk melanjutkan Genosida di Gaza.

Veto itu, bertentangan dengan keinginan 153 negara lain yang sebelumnya telah menyerukan Perdamaian atau Gencatan Senjata di Gaza.

Veto Amerika Serikat itu, melawan seruan luar biasa Pasal 99 oleh UNSG dan melawan keputusan Mahkamah Internasional yang menganggap genosida masuk akal dan kewajiban untuk mencegahnya.

Amerika Serikat telah mengeluarkan veto untuk yang ketiga kalinya terhadap resolusi gencatan senjata di Gaza.

Duta Besar Rusia mengatakan Washington terus memberi Israel 'izin untuk membunuh'.

AS mengeluarkan hak veto terhadap resolusi gencatan senjata Gaza di Dewan Keamanan PBB pada tanggal 20 Februari, yang merupakan veto ketiga sejak dimulainya perang pada tanggal 7 Oktober.

Resolusi hari Selasa, yang diajukan oleh Aljazair atas nama seluruh negara Arab, menuntut “gencatan senjata kemanusiaan segera” dan diakhirinya perang di Gaza.

Resolusi Aljazair menyerukan penghentian “pengungsian paksa penduduk sipil Palestina yang melanggar hukum internasional,” dan menuntut “penghentian segera terhadap pelanggaran tersebut dan pembebasan semua sandera segera dan tanpa syarat.”

Amar Benjama, duta besar Aljazair, berbicara kepada Dewan Keamanan, menyatakan bahwa “sekarang adalah waktu untuk bertindak dan waktu untuk kebenaran.”

Duta Besar AS Linda Thomas-Greenfield menyatakan bahwa Washington mengusulkan resolusi terpisah yang menyerukan gencatan senjata dengan syarat semua tawanan Israel di Gaza dibebaskan, dan menambahkan bahwa sudah saatnya dewan mengutuk Hamas.

“Mari kita berkomitmen untuk melakukan hal ini dengan cara yang benar dan pada waktu yang tepat,” tambah Thomas-Greenfield, tanpa menyebutkan ribuan warga Palestina yang ditawan di penjara-penjara Israel.

Duta Besar Rusia Vassily Nebenzia menyatakan kepada dewan bahwa Washington terus memberikan “izin untuk membunuh” kepada Israel.

“Kami menyerukan keanggotaan Dewan untuk melawan pelanggaran hukum di Washington,” tambah Nebenzia.

Tiga belas anggota Dewan Keamanan mendukung resolusi gencatan senjata, yang gagal akibat veto AS. Inggris abstain.

“Kita telah menyaksikan halaman hitam lain dalam sejarah Dewan Keamanan,” kata Nebenzia dari Rusia setelah pemungutan suara.

Duta Besar Tiongkok Zhang Jun mengatakan bahwa veto Washington mengirimkan pesan yang salah dan akan memperburuk krisis di Gaza, dan menambahkan bahwa tidak ada pembenaran yang dapat dibuat AS untuk mengatakan bahwa resolusi Aljazair membahayakan negosiasi yang sedang berlangsung.

“Jumlah korban jiwa dan situasi kemanusiaan di Gaza tidak dapat ditoleransi, dan operasi Israel harus diakhiri,” kata Duta Besar Perancis, Nicholas de Rivière. “Kami sangat menyesalkan hal ini dan menyerukan kepada Dewan untuk segera keluar dari ambiguitas yang salah ini.”

Sementara itu, Duta Besar Inggris, Barbara Woodward, menyerukan “penangguhan segera dalam pertempuran,” dengan mengatakan bahwa hal itu akan mengarah pada gencatan senjata.

Woodward menambahkan bahwa perlu ada pemerintahan baru di Gaza dan Tepi Barat dan penghapusan kapasitas perlawanan Palestina untuk melancarkan serangan terhadap Israel.

Pedro Afonso, duta besar Mozambik, mengatakan, “Kami menyerukan kepatuhan penuh terhadap tindakan sementara Mahkamah Internasional dan dengan tegas menentang pemindahan paksa warga sipil Palestina, terutama perempuan dan anak-anak,” seraya menambahkan bahwa ia mendesak pembebasan warga sipil Palestina yang menjadi tawanan.

Lebih lanjut ia meminta Dewan Keamanan dan komunitas internasional untuk bekerja tanpa henti demi mewujudkan solusi dua negara.

Duta Besar Aljazair Benjema menyesalkan veto tersebut dan sekali lagi menyampaikan pidato kepada dewan tersebut, dengan mengatakan, “Pesan kami untuk Anda hari ini adalah bahwa komunitas internasional harus menanggapi seruan untuk mengakhiri pembunuhan warga Palestina dengan menyerukan gencatan senjata segera.”

“Kami tidak akan berhenti sampai Dewan ini memikul tanggung jawabnya secara penuh dan segera memberlakukan gencatan senjata. Kami tidak akan pernah lelah, dan kami tidak akan pernah berhenti.” Benjema menambahkan.

(Sumber: Al Jazeera, X, The Cradle)

Tag:  #dunia #internasional #ramai #ramai #mengecam #setelah #veto #resolusi #gencatan #senjata #gaza #lagi

KOMENTAR