Sangat Langka! Telur Berusia 1.700 Tahun yang Masih Mengandung Kuning Telur dalam Bentuk Cair Utuh Ditemukan di Inggris
Gambar CT scan telur menunjukkan bagian tengah cairannya yang masih utuh (Facebook Oxford Archaeology & University of Kent)
09:03
21 Februari 2024

Sangat Langka! Telur Berusia 1.700 Tahun yang Masih Mengandung Kuning Telur dalam Bentuk Cair Utuh Ditemukan di Inggris

 

 

 - Sebuah telur yang telah berumur selama lebih dari 1.700 tahun, ternyata masih mengandung kuning telur yang cair. Telur yang sangat langka ini kemungkinan besar diletakkan oleh seekor ayam. Telur ini ditemukan di Inggris antara tahun 2007 dan 2016, selama penggalian yang berlangsung di sebuah situs yang dikenal sebagai Berryfields di Buckinghamshire.

Berryfields merupakan sebuah pemukiman Zaman Besi dengan jejak Romawi yang penting di bagian Tenggara negara itu, demikian yang dilaporkan oleh Newsweek.   Pada saat itu, para arkeolog menemukan sebuah lubang berisi air, yang mungkin telah digunakan sebagai sumur pengharapan.   Sumur tersebut berasal dari antara tahun 270 masehi hingga 300 masehi, saat Inggris masih menjadi bagian dari kekaisaran Romawi.   Di dalam lubang tersebut, mereka menemukan harta karun berupa artefak, termasuk tembikar, koin, sepatu kulit, tulang belulang hewan, dan keranjang anyaman yang berisi empat butir telur.   Dikutip dari New York Post, tiga dari keseluruhan telur tersebut hancur saat digali, namun masih ada satu telur yang utuh.   CT scan (pemindaian menggunakan sinar-x) pada telur oleh University of Kent, menemukan bahwa telur tersebut masih mengandung kuning dan putih telur.   "Di Inggris, ini adalah penemuan yang unik," kata Edward Biddulph, manajer proyek senior dari Oxford Archaeology, yayasan yang terlibat dalam penggalian, kepada media.   Saat ini, telur tersebut diperkirakan menjadi satu-satunya yang masih utuh dari periode tersebut.  

  "Kami semua kagum mendengar bahwa telur tersebut bahkan lebih langka daripada yang kami sadari, dan dengan bagian tengah cairannya yang masih utuh.    "Telur ini merupakan satu-satunya contoh yang diketahui dari jenisnya di dunia," demikian postingan blog Tim Warisan dan Arkeologi Dewan Buckinghamshire.  

Editor: Kuswandi

Tag:  #sangat #langka #telur #berusia #1700 #tahun #yang #masih #mengandung #kuning #telur #dalam #bentuk #cair #utuh #ditemukan #inggris

KOMENTAR