Qatar Sediakan Beasiswa bagi Mahasiswa Afghanistan untuk Belajar di Indonesia
Kedatangan Prabowo di Qatar disambut HE Secretary General of the Ministry of Foreign Affairs of the State of Qatar, Dr. Ahmad Al-Hamadi dan Atase Pertahanan RI, Kolonel Laut (T) Hariyanto, S.T, M.Si pada Selasa (14/5/2024). 
22:20
21 Oktober 2024

Qatar Sediakan Beasiswa bagi Mahasiswa Afghanistan untuk Belajar di Indonesia

Qatar telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk memberikan beasiswa kepada beberapa mahasiswa Afghanistan untuk belajar di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, QNA melaporkan bahwa MoU ditandatangani oleh Menteri Negara Kerja Sama Internasional, Lolwah Bint Rashid Al Khater, dengan pihak dari Indonesia yang sebelumnya diwakili oleh Menteri Luar Negeri Indonesia terdahulu, Retno Lestari Priansari Marsudi, melalui konferensi video.

Nota Kesepahaman ini bertujuan untuk “membangun kerangka kerja sama untuk membangun kapasitas manusiawi rakyat Afghanistan melalui pemberian beasiswa untuk belajar di Republik Indonesia.”

Kantor berita tersebut mengutip Al-Khater yang menekankan hubungan mendalam antara Qatar dan Indonesia.

Merayakan kolaborasi budaya dan ekonomi mereka, mengutip Tahun Kebudayaan Qatar-Indonesia 2023 yang merayakan warisan Islam dan seni kedua negara.

Ia menyatakan kebanggaan Qatar “atas karya beberapa perusahaan nasional di Indonesia, anggota G20, dan menekankan bahwa Nota Kesepahaman ini menambahkan pembangunan internasional sebagai dimensi lain dalam hubungan Qatar-Indonesia, di mana kedua negara bekerja sama untuk mendukung pembangunan manusia global, khususnya di Afghanistan.”

Menteri Qatar menekankan bahwa program beasiswa ini “merupakan bagian dari visi dan misi bersama kedua negara untuk mendukung proyek pendidikan dan pembangunan di Afghanistan secara lokal dan global, dengan fokus khusus pada penciptaan peluang yang memberdayakan pemuda Afghanistan untuk membangun masa depan yang lebih cerah dan sejahtera di negara mereka.”


Indonesia menyampaikan bahwa “kolaborasi kedua negara dalam memberikan beasiswa kepada pelajar Afghanistan menegaskan komitmen bersama untuk membangun masa depan yang lebih cerah bagi Afghanistan serta mencerminkan dan mewujudkan semangat solidaritas dan kerja sama.”


SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Editor: Muhammad Barir

Tag:  #qatar #sediakan #beasiswa #bagi #mahasiswa #afghanistan #untuk #belajar #indonesia

KOMENTAR