Media Luar Negeri Ikut Pantau Hasil Quick Count Pilpres di Indonesia
Ilustrasi pemilu di Indonesia. (Al Jazeera)
16:36
16 Februari 2024

Media Luar Negeri Ikut Pantau Hasil Quick Count Pilpres di Indonesia

–Media asal Qatar, Al Jazeera ikut menyoroti pesta demokrasi di Indonesia terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dilansir dari Al Jazeera pada Kamis (15/2), media tersebut menjelaskan, pemilu di Indonesia tahun ini didominasi para pemilih kalangan muda atau biasa disebut dengan generasi Z.

Media asal Qatar tersebut juga melakukan beberapa wawancara dengan narasumber pemuda di wilayah Indonesia. Salah satunya ada warga Bali Gunghar, 18. Dia mengaku deg-degan karena baru mengikuti pencoblosan untuk pertama kali.

”Kaum pemilih muda menginginkan perubahan besar di Indonesia,” ujar Gunghar.

Namun dia tak memberikan tahu capres maupun cawapres mana yang dipilih.

”Kami ingin Indonesia menjadi negara paling berdampak dalam hal ini semakin maju dalam bernegara,” tambah Gunghar.

Selain Gunghar, anak muda lain, Marcelina dari Jakarta menilai, pemilu 2024 menjadi pemilihan terbanyak bagi kalangan anak muda. Namun dia juga menyesalkan nyaris 20 persen di kelompok usia 15-24 tahun masih menjadi pengangguran.

”Situasi pekerjaan adalah hal yang paling penting bagi kami para pemilih muda, karena saat ini sulit untuk mencari kerja,” ujar Marcellina.

Dia juga mengutarakan ingin presiden yang bisa membuat Indonesia jauh lebih baik dengan situasi politik dan ekonomi yang semakin bertumbuh.

Indonesia menggelar pemilihan umum pada Rabu (14/2). Warga memilih calon presiden-calon wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD, anggota DPR provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Capres maupun cawapres yang turut berkompetisi pada pemilu kali ini yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sejumlah lembaga survei telah melakukan quick count atau hitung cepat dan hasilnya Pasangan Prabowo Gibran unggul 50 persen atas pasangan lainnya. Namun untuk real count harus menunggu dari KPU sebagai penyelenggara Pemilu 2024 dan masih membutuhkan waktu.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #media #luar #negeri #ikut #pantau #hasil #quick #count #pilpres #indonesia

KOMENTAR