PM Italia Giorgia Meloni Mengumumkan Embargo Senjata Terhadap Israel
Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni. 
10:00
18 Oktober 2024

PM Italia Giorgia Meloni Mengumumkan Embargo Senjata Terhadap Israel

Italia telah memberlakukan embargo senjata terhadap Israel di tengah invasi dan pemboman yang terus dilakukan oleh Pendudukan di Jalur Gaza yang terkepung, dalam sebuah tindakan yang menurut Roma mendahului tindakan yang belum diambil oleh negara-negara Barat lainnya.

Menurut kantor berita Italia, ANSA , Perdana Menteri Giorgia Meloni mengungkapkan pada hari Selasa selama debat di Senat Italia bahwa, setelah invasi Israel ke Gaza pada bulan Oktober tahun lalu, "pemerintah segera menangguhkan semua lisensi ekspor baru, dan semua perjanjian yang ditandatangani setelah 7 Oktober tidak dilaksanakan".

Menyatakan bahwa otorisasi lisensi ekspor senjata sedang “dianalisis berdasarkan kasus per kasus oleh otoritas yang berwenang di Kementerian Luar Negeri”, Perdana Menteri Italia menyatakan bahwa “kami telah memblokir semuanya”.

 

 

 

 


 

 

 

 

 

Meloni juga mengakui bahwa kebijakan pemerintahnya “jauh lebih ketat dibandingkan dengan kebijakan yang diterapkan oleh mitra kami – Prancis, Jerman, dan Inggris”.

Salah satu penyebab utama embargo yang dilaporkan Italia dan deklarasi terbuka Meloni tentang hal itu adalah serangan terbaru Israel terhadap pasukan penjaga perdamaian di Pasukan Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa di Lebanon (UNIFIL), di mana Italia merupakan penyumbang pasukan terbesar.

Perdana Menteri Italia mengutuk serangan di Senat tersebut, dengan menyatakan bahwa “meskipun tidak ada korban jiwa atau kerusakan besar, saya pikir serangan Israel terhadap UNIFIL tidak dapat dianggap dapat diterima”.

Pengungkapan ini juga muncul setelah pemimpin oposisi Italia dari partai Gerakan Bintang Lima, Giuseppe Conte, menyerukan embargo tersebut – dan juga pembentukan negara Palestina – dalam sebuah unggahan di Instagram.

 


SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Editor: Muhammad Barir

Tag:  #italia #giorgia #meloni #mengumumkan #embargo #senjata #terhadap #israel

KOMENTAR