Perang Rusia-Ukraina Hari ke-718: 7 Orang Tewas dalam Serangan Drone Rusia di Kharkiv
Tim penyelamat Ukraina memadamkan api di sebuah bangunan tempat tinggal setelah serangan rudal di Kyiv pada 7 Februari 2024. --- Rudal Rusia menewaskan 7 orang di Kharkiv. Simak update perang Rusia-Ukraina hari ke 718. 
15:40
11 Februari 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-718: 7 Orang Tewas dalam Serangan Drone Rusia di Kharkiv

Berikut ini perkembangan terkini perang Rusia dan Ukraina hari ke-718 pada Minggu (11/2/2024).

Pertahanan udara Ukraina menjatuhkan 40 dari 45 drone serang buatan Iran yang diluncurkan oleh Rusia dari wilayah pendudukan Krimea pada Minggu (11/2/2024) dini hari waktu setempat.

Drone tersebut dicegat di wilayah Kyiv, Vinnytsia, Zhytomyr, Kirovohrad, Mykolaiv, Cherkasy, Odesa, Dnipropetrovsk, dan Kherson.

"Musuh meluncurkan mereka dari daerah Balaklava dan Tanjung Chauda di Krimea yang diduduki sementara. Pekerjaan tempur berlangsung lebih dari 5,5 jam," lapor Angkatan Bersenjata Ukraina, Minggu.

"Sebagai hasil dari operasi tempur, 40 (drone) "Shaheed" musuh dihancurkan oleh pasukan dan sarana pertahanan udara bekerja di wilayah Kyiv, Vinnytsia, Zhytomyr, Kirovohrad, Mykolaiv, Cherkasy, Odesa, Dnipropetrovsk, dan Kherson," lanjutnya, dikutip dari Suspilne.

Serangan Rusia Tewaskan 7 Orang di Kharkiv

Serangan drone Rusia di Kharkiv menewaskan tujuh orang dalam semalam, menurut laporan gubernur regional Kharkiv Oleh Syniehubov, Sabtu (10/2/2024).

Seorang jaksa Ukraina, suaminya, dan tiga anak mereka yang masih kecil termasuk di antara tujuh orang yang tewas.

Serangan drone itu menghantam sebuah depot minyak, yang memicu kobaran api yang membakar separuh jalan hingga rata dengan tanah.

Sepasang suami istri lansia yang tinggal di jalan yang sama juga tewas dalam serangan yang menurut Walikota Ihor Terekhov melukai 57 orang dan menghancurkan 15 rumah.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengatakan Rusia akan bertanggung jawab atas serangan di Kharkiv.

“Perlu dicatat bahwa dalam sejarah, para pelaku pembunuhan semacam itu tidak luput dari hukuman,” katanya, Sabtu malam.

11 Februari Jadi Hari Berkabung di Kharkiv

Wali Kota Kharkiv, Ihor Terekhov, mengumumkan bahwa 11 Februari dinyatakan sebagai Hari Berkabung bagi mereka yang tewas dalam serangan Rusia di Kharkiv.

Bendera negara bagian akan dikibarkan setengah tiang di Kharkiv dan musik hiburan akan dilarang di berbagai institusi.

Hal ini diumumkan oleh walikota kota Igor Terekhov di telethon "Edyny novyny". Perintah tersebut dipublikasikan di situs dewan kota.

Akibat musibah yang terjadi di depo minyak setempat dan kebakaran yang kemudian terjadi di sektor swasta di dekatnya, tujuh orang tewas, tiga di antaranya adalah anak-anak.

Zelensky Tunjuk 5 Pejabat Militer yang Baru

Presiden Zelensky mengumumkan lima senior militer untuk mengisi tim yang baru dibentuk setelah dia menunjuk Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi sebagai panglima angkatan bersenjata yang baru.

Pada Sabtu, ia mengatakan dia menghabiskan hari itu untuk bertemu dengan para pemimpin militer dan pemerintahnya dan bahwa komandan tempur perang yang berpengalaman akan mengambil tugas baru.

NATO Minta Eropa Perbantak Produksi Senjata

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, meminta Eropa untuk meningkatkan produksi senjatanya untuk mendukung Ukraina dan mencegah potensi perang selama beberapa dekade dengan Rusia.

“Kita perlu menyusun kembali dan memperluas basis industri kita lebih cepat, untuk meningkatkan pengiriman ke Ukraina dan mengisi ulang stok kita sendiri," katanya kepada media Jerman menjelang pertemuan dengan menteri pertahanan anggota NATO di Brussels, Sabtu, dikutip dari The Guardian.

Rusia Tangkis Serangan Drone di Laut Hitam

Rusia mengatakan pada Sabtu, pasukannya telah menangkis upaya serangan drone Ukraina terhadap kapal angkut sipil Rusia pada Jumat malam di bagian barat daya Laut Hitam.

Kapal-kapal sipil di Laut Hitam umumnya tidak menjadi sasaran sejak Moskow memerintahkan pasukannya masuk ke Ukraina pada Februari 2022.

Namun pada Juli 2023 lalu, kedua belah pihak mengatakan mereka akan mulai memperlakukan kapal-kapal yang menuju ke pelabuhan masing-masing sebagai calon pengangkut kargo militer.

Putin Siap Lawan 3 Kandidat Presiden Rusia

Pendaftaran kandidat Rusia untuk pemilihan Presiden Rusia pada Maret mendatang telah ditutup.

Media Rusia, TASS, melaporkan kandidat Presiden Rusia meliputi mencakup presiden Vladimir Putin dan tiga politisi yang semuanya mendukung perang Rusia di Ukraina.

Daftar tersebut tidak memasukkan kandidat anti-perang Rusia, Boris Nadezhdin, setelah Komisi Pemilihan Umum Pusat melarangnya pada Kamis untuk mencalonkan diri.

Nadezhdin mengatakan pada hari Kamis bahwa dia akan menantang keputusan CEC di mahkamah agung Rusia.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Rusia dan Ukraina

Editor: Pravitri Retno W

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #orang #tewas #dalam #serangan #drone #rusia #kharkiv

KOMENTAR