Perang Rusia-Ukraina Hari ke-717, Pom Bensin di Kharkiv Dihantam Drone Moskow
Pemandangan luar dari sebuah hotel yang hancur akibat serangan rudal di Kharkiv, pada 11 Januari 2024, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. - Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina, yang telah memasuki hari ke-717 pada Sabtu (10/2/2024). 
11:10
10 Pebruari 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-717, Pom Bensin di Kharkiv Dihantam Drone Moskow

Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina, yang telah memasuki hari ke-717 pada Sabtu (10/2/2024).

Drone Rusia menyerang sebuah pom bensin di Kharkiv pada Jumat (9/2/2024) malam.

Serangan tersebut memicu kebakaran besar, 14 rumah dilanda jago merah, kata pejabat setempat.

Para pejabat mengatakan ada satu orang terluka dalam kebakaran tersebut.

Jumlah korban mungkin bertambah seiring operasi pencarian dan penyelamatan yang masih berlanjut sepanjang malam.

Ada 50 warga yang dievakuasi.

Pesawat tak berawak juga menghantam sebuah rumah sakit dan restoran di kota Velykyi Berluk, sisi timur Kharkiv.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-717

  • Serangan Rusia di wilayah Sumy di Ukraina timur laut menewaskan tiga orang dan melukai empat lainnya, kata Ukraina pada Jumat (9/2/2024).

    "Para korban berada di bengkel sebuah perusahaan pertanian desa yang terkena serangan," kata Menteri Dalam Negeri Igor Klymenko melalui Telegram.

    "Rusia meluncurkan tujuh bom berpemandu," katanya, sambil mengunggah foto tim penyelamat yang sedang bekerja di reruntuhan.

  • Para pejabat dan pakar di negara barat bereaksi kecewa terhadap wawancara Tucker Carlson dengan Vladimir Putin.

    Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, menyebut klaim presiden Rusia bahwa perang di Ukraina adalah akibat ekspansi NATO “jelas konyol”.

    Anggota Parlemen Belgia Guy Verhofstadt mengatakan AS “akan menderita karena [Putin] menyebarkan kebohongan tanpa tantangan dan tanpa filter” dan “begitulah matinya demokrasi”

    Juru bicara Komisi Eropa mengatakan wawancara tersebut hanyalah pengulangan dari “kebohongan” dan “propaganda perang” yang biasa dilakukan Putin.
  • Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina yang baru diangkat, Jenderal Oleksandr Syrskyi mengatakan pendekatan baru diperlukan untuk mencapai keberhasilan di medan perang, dalam komentar publik pertamanya sejak mengambil alih komando.

    Syrskyi menyebut drone dan peperangan elektronik sebagai contoh teknologi baru yang menurutnya akan membantu Ukraina.

    Presiden Volodymyr Zelenskiy menunjuk Syrskyi dalam perombakan militer terbesar sejak invasi Rusia hampir dua tahun lalu.

    Syrskyi menggantikan Valerii Zaluzhnyi, yang dianugerahi gelar Pahlawan Ukraina oleh Zelenskiy setelah memecatnya .
  • Ukraina menuduh Rusia menggunakan bahan kimia beracun dalam lebih dari 200 serangan di medan perang pada bulan Januari saja.

    Sebuah peningkatan tajam dari apa yang dikatakan Ukraina sebagai contoh penggunaan bahan kimia tersebut oleh pasukan Rusia selama invasi mereka.

    Moskow membantah menggunakan senjata kimia di Ukraina dan menuduh pasukan Ukraina menggunakannya,

    Namun Kyiv membantahnya.

    Tidak ada pihak yang memberikan bukti dan Reuters mengatakan pihaknya belum dapat memverifikasi penggunaan apa pun oleh kedua pihak.
  • Serangan pesawat tak berawak melukai satu orang di pelabuhan Laut Hitam Odessa, kata gubernur regional.
  • Petani Polandia pada hari Jumat (9/2/2024) melakukan blokade di seluruh negeri untuk memprotes persaingan dari Ukraina dan peraturan Uni Eropa yang ketat,

    Warsawa mengisyaratkan akan memberlakukan larangan impor baru pada produk pertanian Ukraina.
  • Ukraina harus meminta ganti rugi dari Rusia atas kerugian lingkungan seperti kontaminasi ranjau darat, kata sekelompok tokoh internasional, termasuk aktivis iklim Greta Thunberg dan politisi Eropa dalam sebuah laporan pada hari Jumat (9/2/2024).

    Rekomendasi tersebut, yang ditujukan bagi Ukraina dan masyarakat internasional, mencakup pembentukan badan tingkat tinggi untuk mengawasi pengumpulan bukti dampak lingkungan dan menunjuk seorang pejabat untuk mengawasi rekonstruksi ramah iklim.
  • Uni Emirat Arab (UEA) menyatakan berhasil memediasi pertukaran tahanan antara Rusia dan Ukraina yang masing-masing berjumlah 100 sandera.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Sri Juliati

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #bensin #kharkiv #dihantam #drone #moskow

KOMENTAR