Paus Pembunuh Terperangkap di Es Lepas Pantai Hokkaido Jepang
Paus Pembunuh Terperangkap di Es di Lepas Pantai Hokkaido, Jepang. (Sumber foto: The Guardian)
17:12
6 Februari 2024

Paus Pembunuh Terperangkap di Es Lepas Pantai Hokkaido Jepang

  - Kekhawatiran muncul terhadap kesejahteraan sekelompok paus pembunuh yang terlihat terperangkap di es di lepas pantai Hokkaido, Jepang utara.

Dilansir dari The Guardian, rekaman yang disiarkan oleh lembaga penyiaran publik NHK pada hari Selasa menunjukkan setidaknya 10 orca muncul.

Mereka terlihat dari celah kecil di permukaan air sekitar 1 km di lepas pantai Rausu di semenanjung Shiretoko , sebuah situs warisan dunia Unesco yang terkenal dengan kekayaan satwa liarnya.

Pemerintah kota mengatakan es terlihat sangat tebal, membuat penjaga Pantai tidak mungkin bisa membebaskan mamalia tersebut.

“Kami tidak punya pilihan selain menunggu es mencair dan mereka bisa melarikan diri melalui jalur tersebut,” kata seorang pejabat Rausu kepada NHK.

Seiichiro Tsuchiya, seorang ahli kehidupan laut yang memfilmkan hewan-hewan yang terserang penyakit tersebut menggunakan drone, mengatakan kepada penyiar bahwa dia melihat pod tersebut saat melakukan penelitian terhadap populasi singa laut setempat.

“Saya melihat sekitar 13 paus pembunuh dengan kepala mencuat dari lubang es dan tampak kesulitan bernapas,” tambahnya.

Cetacea terbesar dapat menghabiskan waktu lama di bawah air, namun paus pembunuh umumnya hanya bertahan di bawah air selama beberapa menit saja.

Laut di lepas pantai timur Hokkaido, pulau utama paling utara di Jepang, diselimuti es yang terapung setiap musim dingin.

Jumlah es yang ada juga telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir karena kenaikan suhu laut akibat krisis iklim.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #paus #pembunuh #terperangkap #lepas #pantai #hokkaido #jepang

KOMENTAR