Raja Charles III Didiagnosa Kena Kanker, Presiden AS hingga Uskup Agung Westminster Kompak Kirim Doa
Pasca Istana Buckingham mengumumkan Raja Inggris Charles III menderita penyakit kanker, para pejabat dunia berbondong-bondong mengirimkan doa untuk untuk Raja Inggris berusia 75 tahun tersebut. Mulai dari Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak hingga Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. 
16:20
6 Februari 2024

Raja Charles III Didiagnosa Kena Kanker, Presiden AS hingga Uskup Agung Westminster Kompak Kirim Doa

Juru bicara Istana Buckingham mengumumkan Raja Inggris Charles III menderita penyakit kanker dan tengah mendapatkan pengobatan intensif di rumah sakit swasta London Clinic pada Senin (5/2/2024).

Istana Buckingham belum mengungkapkan kanker apa yang menggerogoti tubuh kepala negara Inggris.

Namun selama proses perawatan, Istana Buckingham akan menangguhkan semua tugas publik Raja Charles III hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Yang Mulia hari ini memulai jadwal perawatan rutin, dan selama itu beliau telah disarankan oleh dokter untuk menunda tugas-tugas yang berhubungan dengan publik," demikian pernyataan istana.

Publik Diminta Tak Berspekulasi Negatif

Usai pengumuman dirilis, Istana Buckingham meminta publik untuk tidak berspekulasi negatif atas penyakit yang diderita Raja Charles III.

“Yang Mulia telah memilih untuk membagikan diagnosisnya untuk mencegah spekulasi dan dengan harapan dapat membantu pemahaman publik bagi semua orang di seluruh dunia yang terkena dampak kanker,” kata Istana Buckingham seperti dikutip Reuters.

Dalam kesempatan itu, Istana Buckingham juga memastikan bahwa kanker yang diderita Charles bukan prostat, meski beberapa waktu lalu ia menjalani perawatan untuk penyakit tersebut.

Reaksi Pemimpin Dunia Terhadap Kabar Raja Charles III

Kabar penyakit yang diderita Raja Charles III sontak menjadi sorotan warganet, tak terkecuali para pimpinan dunia.

Pasca pengumuman ini dirilis, para pejabat dunia berbondong-bondong mengirimkan doa untuk untuk Raja Inggris berusia 75 tahun tersebut.

Mulai dari Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak hingga Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Melansir dari majalah Times, berikut daftar negarawan dunia dan pemimpin agama kompak mengirimkan cinta dan dukungan mereka kepada Raja Charles III.

Presiden AS-Joe Biden

"Saya khawatir tentang dia. Baru saja mendengar tentang diagnosisnya. Saya akan berbicara dengannya,"

Di akun X Biden juga mencuitkan: "Menavigasi diagnosis kanker, pengobatan, dan kelangsungan hidup membutuhkan harapan dan keberanian mutlak. Jill dan saya bergabung dengan masyarakat Inggris berdoa agar Yang Mulia segera pulih sepenuhnya."

Perdana Menteri Selandia Baru-Christoper Luxon

Dukungan serupa juga diberikan Perdana Menteri Selandia Baru Christoper Luxon kepada Raja lewat postingan di medsos X.

“Kia Kaha King Charles. Atas nama seluruh warga Kiwi, saya mendoakan yang terbaik bagi Yang Mulia agar segera pulih,” ujar Luxon.

Perdana Menteri Kanada-Justin Trudeau

“Rakyat Kanada memikirkan Yang Mulia Raja Charles III saat beliau menjalani pengobatan kanker. Kami mengirimkan harapan terbaik kami kepadanya - dan berharap beliau dapat pulih dengan cepat dan sepenuhnya,” kata Perdana Menteri Kanada-Justin Trudeau.

Mantan Presiden AS-Donald Trump

Dalam postingan media sosial, mantan Presiden AS Donald Trump menyampaikan keinginannya agar cepat pulih.

“Dia adalah pria yang luar biasa, yang saya kenal baik selama masa kepresidenan saya, dan kami semua berdoa agar dia cepat sembuh dan pulih sepenuhnya!”

Mantan Perdana Menteri Inggris-Liz Truss

"Mengirimkan setiap harapan terbaik untuk Yang Mulia Raja dan Keluarga Kerajaan saat beliau menjalani pengobatan kanker. Beliau akan selalu berada dalam pikiran dan doa kami. Semoga Tuhan menyelamatkan Raja!" tulis Liz Truss.

Mantan Perdana Menteri Britania Raya-Boris Johnson

"Seluruh negeri akan mendukung Raja hari ini. Harapan terbaik untuk Charles III untuk pemulihan penuh dan cepat," kata Boris Johnson.

Perdana Menteri Inggris-Rishi Sunak

“Semoga Yang Mulia segera pulih sepenuhnya. Saya yakin dia akan segera kembali ke kekuatan penuhnya dan saya tahu seluruh negara akan mendoakan yang terbaik untuknya," ujar Rishi Sunak.

Menteri Pertama Skotlandia-Humza Yousaf

“Pikiran dan doa kami hanya untuk Raja."

Dalam cuitannya ia juga menambahkan, “Pikiran saya juga tertuju pada Yang Mulia Ratu dan Anggota Keluarga Kerajaan lainnya pada saat yang saya tahu akan menjadi saat yang mengkhawatirkan bagi mereka semua.”

Uskup Agung Westminster-Kardinal Nichols

“Saya sedih mengetahui bahwa Raja Charles kini menghadapi masa pengobatan kanker. Atas nama seluruh Komunitas Katolik di Inggris dan Wales, saya menyampaikan harapan terhangat dan jaminan doa yang tak tergoyahkan kepada Yang Mulia Kaisar untuk kesembuhan beliau secara penuh dan cepat. Tuhan memberkati Raja," kata Kardinal Nichols.

(Tribunnews.com/ Namira Yunia)

Editor: Sri Juliati

Tag:  #raja #charles #didiagnosa #kena #kanker #presiden #hingga #uskup #agung #westminster #kompak #kirim

KOMENTAR