Didiagnosis Kanker, Raja Charles Fokus Menjalani Perawatan
Raja Charles III. (GB News)
06:54
6 Februari 2024

Didiagnosis Kanker, Raja Charles Fokus Menjalani Perawatan

Raja Charles dari Inggris telah didiagnosis mengidap penyakit kanker berdasar pernyataan dari Istana Buckingham pada Selasa (6/2).

Meski pria berusia 75 tahun itu akan menghentikan beberapa pertemuan publik untuk perawatan, pihak istana menyampaikan bahwa kondisi Raja Charles tetap baik.

Charles, yang menjadi raja pada September 2022 setelah kematian ibundanya, Ratu Elizabeth, telah memulai serangkaian perawatan. Dia berharap dapat kembali menjalankan tugas penuh sesegera mungkin kata pihak istana.

Pengungkapan kanker itu muncul setelah Charles menghabiskan tiga malam di rumah sakit bulan lalu. Dia menjalani prosedur perbaikan untuk pembesaran prostat jinak.

Istana mengatakan ada masalah terpisah yang menjadi perhatian selama dirawat di rumah sakit. Namun, tidak memberikan rincian lebih lanjut selain mengatakan bahwa tes telah mengungkapkan bahwa raja menderita sejenis kanker.

”Tidak ada rincian lebih lanjut yang dibagikan pada tahap ini, kecuali untuk memastikan bahwa Yang Mulia tidak menderita kanker prostat,” kata pihak istana.

”Sepanjang periode ini, Yang Mulia akan terus menjalankan urusan negara dan dokumen resmi seperti biasa,” tambah istana.

Charles akan terus mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Rishi Sunak. Sementara istrinya Ratu Camilla akan melanjutkan pertemuan.

Pada Minggu (4/2), raja tampak dalam kondisi sehat dan tidak memberikan indikasi diagnosisnya ketika melambai kepada masyarakat Inggris saat dia menghadiri kebaktian gereja bersama Camilla.

Ini adalah penampilan publik pertamanya sejak dia dan menantu perempuannya, Kate, meninggalkan rumah sakit yang sama di London seminggu lalu, tempat mereka berdua menjalani perawatan yang direncanakan.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #didiagnosis #kanker #raja #charles #fokus #menjalani #perawatan

KOMENTAR