Populer Internasional: Hamas Kerahkan Polisi di Gaza - Inggris Ingin Kirim Tentara NATO ke Ukraina
Rangkuman berita populer internasional, di antaranya Hamas mulai bangkit di wilayah-wilayah di mana Israel menarik sebagian besar pasukannya. 
07:30
5 Februari 2024

Populer Internasional: Hamas Kerahkan Polisi di Gaza - Inggris Ingin Kirim Tentara NATO ke Ukraina

Rangkuman berita populer Tribunnews di kanal Internasional dapat disimak di sini.

Hamas menunjukkan tanda-tanda kebangkitannya di Gaza saat Israel menarik sebagian besar pasukannya.

Sejumlah polisi dikerahkan untuk berjaga-jaga di markas polisi dan kantor pemerintah lainnya serta RS Al-Shifa.

Sementara itu, Raja Arab mengucurkan dana Rp78 miliar untuk UNRWA di Gaza.

Soal perang Rusia dan Ukraina yang masih berlangsung, Inggris memiliki rencana untuk mengirim tentara NATO.

Selengkapnya, berikut berita populer internasional dalam 24 jam terakhir.

1. Tanda Kebangkitan Hamas di Tengah Keterpurukan Israel, Kerahkan Polisi dan Bayar Gaji Pegawai

Anggota Brigade Al-Qassam, sayap bersenjata gerakan Hamas Palestina, berparade di Kota Gaza pada 7 Juni 2021. Anggota Brigade Al-Qassam, sayap bersenjata gerakan Hamas Palestina, berparade di Kota Gaza pada 7 Juni 2021. (MOHAMMED ABED / AFP)

Kelompok militan Palestina, Hamas telah memulai kebangkitan mereka di tengah Israel menarik sebagian pasukannya dari Gaza.

Dalam beberapa hari terakhir, Hamas mulai mengerahkan pasukan polisi dan membayar gaji sebagian pegawai negeri di kota Gaza.

Dengan bangkitnya Hamas di Gaza, menunjukkan kekuatan para pejuang meskipun Israel melakukan kampanye udara dan darat yang mematikan selama empat bulan terakhir.

Upaya yang dilakukan Hamas untuk mengerahkan polisi di Gaza ini juga dikonfirmasi oleh warga sipil.

Beberapa warga di kota Gaza mengatakan kepada Associated Press telah melihat petugas polisi berseragam dan berpakaian sipil dikerahkan di dekat markas polisi dan kantor pemerintah lainnya.

Petugas polisi juga tampak berjaga-jaga di dekat rumah sakit Al-Shifa.

Dengan dikerahkannya petugas polisi menandakan ketertiban di Gaza mulai bangkit kembali setelah Israel menarik sejumlah besar pasukan dari Gaza utara bulan lalu, dikutip dari Al Arabiya.

BACA SELENGKAPNYA >>>

2. Raja Arab Kucurkan Rp 78 Miliar untuk Danai Operasi UNRWA di Gaza

Raja Uni Emirat Arab mengumumkan rencana untuk menyuntikan bantuan senilai 5 juta dolar AS atau Rp 78 miliar guna mendukung pendanaan Organisasi badan pengungsi Palestina PBB (UNRWA).

Bantuan ini diguyurkan raja Arab usai sejumlah negara barat kompak menangguhkan pemberian dana bantuan kepada UNRWA untuk Palestina.

Penangguhan ini pertama kali terjadi usai Israel menuding sejumlah anggota UNRWA memiliki hubungan dengan Hamas.

Tak sampai disitu pemerintah Israel juga menuduh Hamas dan kelompok-kelompok militan lainnya telah menggunakan bantuan serta fasilitas PBB untuk tujuan militer.

Pasca tuduhan itu mencuat, PBB gerak cepat melakukan penyelidikan pada stafnya. Sementara itu UNRWA berulang kali mengatakan bahwa kapasitasnya di Gaza hanya memberikan bantuan kemanusiaan kepada pengungsi.

Namun hal tersebut tak membuat tuduhan mereda, Amerika yang menjadi negara penyumbang terbesar untuk UNRWA dengan total sumbangan 343,9 juta dolar AS atau setara Rp5,4 triliun justru memutuskan untuk mengakhiri bantuannya.

BACA SELENGKAPNYA >>>

3. Kasus Dugaan Perselingkuhan Miss Japan dengan Dokter di Jepang Mencuat, Pihak Asosiasi Buka Suara

Dokter Takuma Maeda (kiri) dan Miss Japan Karolina Shiina (26). Miss Japan, Karolina Shiino dikabarkan berselingkuh dengan seorang dokter beristri bernama Takuma Maeda. Dokter Takuma Maeda (kiri) dan Miss Japan Karolina Shiina (26). Miss Japan, Karolina Shiino dikabarkan berselingkuh dengan seorang dokter beristri bernama Takuma Maeda. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Miss Japan, Karolina Shiino (26) dikabarkan berselingkuh dengan seorang dokter beristri bernama Takuma Maeda.

Kasus perselingkuhan keduanya ini mencuat setelah diberitakan oleh media lokal, Weekly Bunshun, Kamis (1/2/2024) lalu dalam artikelnya 'Miss Japan Selingkuh dan Berpegangan Tangan dengan Dokter.'

Terkait kabar perselingkuhan ini, Asosiasi Miss Jepang akhirnya memberikan tanggapannya.

"Mengenai masalah yang dilaporkan oleh Weekly Bunshun pada tanggal 1 Februari, fakta yang dapat dibaca dari artikel tersebut adalah bahwa hal itu terjadi karena seorang pria dengan istri dan anak-anak mendekati seorang wanita dengan menyatakan bahwa dia lajang, dan saya percaya bahwa wanita itu (Miss Japan) tidak bersalah," ungkap pihak Asosiasi Miss Japan.

BACA SELENGKAPNYA >>>

4. Inggris Ingin Kerahkan Tentara NATO ke Ukraina, Malah Disebut Bisa Jadi Misi Bunuh Diri

Bendera NATO dan Ukraina digambarkan di Vilnius, Lituania pada 9 Juli 2023, beberapa hari menjelang KTT NATO 11-12 Juli. PETRAS MALUKAS/AFP Bendera NATO dan Ukraina digambarkan di Vilnius, Lituania pada 9 Juli 2023, beberapa hari menjelang KTT NATO 11-12 Juli. (PETRAS MALUKAS/AFP)

Inggris mendesak sekutunya yang tergabung dalam Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk mengirim tentara NATO ke Ukraina.

Menurut seorang narasumber, desakan itu terkait dengan perkembangan perang di Ukraina yang disebut mengecewakan.

Narasumber itu juga mengatakan Inggris telah meminta NATO untuk memberlakukan zona larangan terbang di atas wilayah yang dikuasai oleh pemerintah Ukraina.

Di samping itu, Inggris dilaporkan meminta bantuan militer untuk Ukraina ditingkatkan.

“Laporan tentang rencana Inggris mengerahkan pasukan ekspedisi NATO ke Ukraina adalah sebuah khayalan fantasi pada sebagain orang Inggris dan tidak memiliki dasar dalam kenyataan,” ujar Larry Johnson, seorang pensiunan agen CIA dan Kementerian Luar Negeri AS, kepada Sputnik News.

“Tapi hanya karena orang Inggris gila, itu tidak berarti Rusia bisa mengabaikan mereka. Ini usulan yang serius,” kata Johnson menambahkan.

Sementara itu, Matthew Gordon-Banks yang menjadi mantan peneliti senior di Akademi Pertahanan Inggris meyakini rumor pengiriman tentara NATO itu tidak perlu ditanggapi serius.

BACA SELENGKAPNYA >>>

(Tribunnews.com)

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha

Tag:  #populer #internasional #hamas #kerahkan #polisi #gaza #inggris #ingin #kirim #tentara #nato #ukraina

KOMENTAR