10 Negara Konsumen Beras Terbanyak di Seluruh Dunia Tahun 2023/2024
Nasi diatas piring (bon appetit/Gentl & Hyers)
14:48
3 Februari 2024

10 Negara Konsumen Beras Terbanyak di Seluruh Dunia Tahun 2023/2024

Beras adalah salah satu makanan pokok yang banyak dikonsumsi di dunia, khususnya Asia.

Beras dimasak menjadi nasi dan menjadi salah satu komponen utama tak tergantikan.

Nasi memiliki rasa yang netral sehingga dapat dipadukan ke dalam semua jenis hidangan yang biasa dikonsumsi manusia di seluruh dunia.

Beras adalah makanan populer di seluruh Asia, dan banyak negara Asia yang berada di peringkat teratas konsumsi beras di dunia. Beras di ekstraksi dari tanaman padi selama panen.

Padi membutuhkan kondisi yang spesifik untuk bisa tumbuh dengan subur. Sawah sebagai lahan menanam padi harus tergenang air setinggi beberapa inci supaya padi berhasil panen dengan hasil yang baik.

Ada puluhan jenis padi yang ditanam dan dikonsumsi di seluruh dunia, meski demikian terdapat tiga jenis padi yang paling menonjol yaitu indica, japonica, dan aromatik.

Statista merangkum dari beberapa sumber berikut 10 Negara dengan konsumsi beras terbanyak di dunia tahun 2023/2024.

1. China

Tiongkok menjadi negara dengan konsumsi terbesar di dunia dengan jumlah sekitar 150 juta metrik ton pada tahun 2023/2024.

Pada tahun 2022/2023 konsumsi beras di Tiongkok mencapai 154,9 juta metrik ton, sehingga bisa dikatakan pada tahun ini mengalami penurunan.

Nasi dan mie adalah makanan pokok di Tiongkok, pola konsumsi nasi dan mie berdasarkan pada wilayah.

Di wilayah selatan, nasi lebih banyak dikonsumsi, sedangkan mie lebih banyak dikonsumsi di wilayah utara. Di Tiongkok, nasi biasanya disajikan secara polos untuk dimakan bersamaan dengan hidangan lainnya.

Produksi beras di Tiongkok terus meningkat tiap tahunnya, tetapi meskipun demikian, Tiongkok tetap menjadi importir beras terbesar di dunia pada tahun 2022/2023.

2. India

Di Peringkat kedua adalah india dengan konsumsi 118 juta metrik ton beras pada periode yang sama. Hal ini bukan sesuatu yang luar biasa jika separuh penduduk India mengonsumsi beras. Dari semua jenis makanan, nasi putih banyak dikonsumsi karena membantu mengatasi masalah pencernaan.

Selain mengonsumsi, India juga sebagai negara eksportir beras terbesar di dunia. India mengekspor beras ke lebih dari 150 negara.

Industri beras India terkena dampak positif dari adanya dukungan pemerintah terhadap produksi beras, musim hujan yang sesuai, peningkatan jumlah industri pengolahan beras, dan ekspor.

3. Bangladesh

Bangladesh berada di peringkat ketiga setelah India dengan konsumsi beras pada periode 2023/2024 adalah 37 juta metrik ton beras.

Bangladesh mempunyai salah satu populasi manusia terbesar di dunia sekitar 164 juta jiwa per 2017. Hal ini linear dengan kebutuhan konsumsi beras di Bangladesh yang tidak kalah tinggi dengan India dan China.

4. Indonesia

Indonesia memiliki jumlah konsumsi beras pada periode 2023/2024 yaitu 36 juta metrik ton beras.

Konsumsi beras di Indonesia kemungkinan akan meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan peningkatan tingkat pendapatan secara global.

Konsumsi beras per kapita di Indonesia lebih tinggi dibandingkan negara tetangga yang memproduksi beras juga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

Di Indonesia sudah diterapkan peralihan konsumsi beras ke gandum tetapi tidak menurunkan tingkat konsumsi beras di Indonesia.

5. Vietnam

Vietnam memiliki jumlah konsumsi beras pada periode 2023/2024 yaitu 21 juta metrik ton beras.

Vietnam memiliki jumlah penduduk hampir 100 juta jiwa. Ra-rata setiap penduduk mengkonsumsi beras sekitar 83 kg/tahun sehingga jumlah total beras yang dikonsumsi per rumah tangga sekitar 8,5 juta ton beras.

6. Filipina

Filipina memiliki jumlah konsumsi beras pada periode 2023/2024 yaitu 16 juta metrik ton beras. Filipina masih membutuhkan impor beras dari negara lain meski di Filipina sendiri sudah memproduksi beras yang berarti pertumbuhan konsumsi beras jauh melebihi produksi. Filipina juga merupakan importir beras terbesar setelah China.

7. Thailand

Thailand memiliki jumlah konsumsi beras pada periode 2023/2024 yaitu 12 juta metrik ton beras. Pada tahun 2023, wilayah timur laut Thailand menjadi daerah pengkonsumsi beras tertinggi sebagai makanan pokok per kapita yaitu sekitar 142 kilogram per orang.

Konsumsi beras di Thailand terus menurun dalam beberapa tahun terakhir yang terlihat dari kalangan generasi muda di daerah perkotaan seperti Bangkok yang lebih banyak konsumsi olahan dari tepung terigu.

8. Burma/Myanmar

Burma memiliki jumlah konsumsi beras pada periode 2023/2024 yaitu 10 juta metrik ton beras.

Beras menjadi makanan pokok terpenting di Burma dengan rata-rata konsumsi per kapita sebesar 170 k per tahun. Beras juga menjadi produk ekspor yang penting di Burma.

9. Jepang

Jepang memiliki jumlah konsumsi beras pada periode 2023/2024 yaitu 8 juta metrik ton beras. Volume konsumsi beras di Jepang kurang dari 50 kilogram per orang sejak tahun 2021.

Olahan makanan dari bahan dasar tepung terigu menjadi popular beberapa tahun terakhir.

10. Nigeria

Nigeria memiliki jumlah konsumsi beras pada periode 2023/2024 yaitu 7 juta metrik ton beras.

Beras menjadi salah satu makanan pokok di negara ini, dikonsumsi di semua zona geopolitik dan kelas sosial ekonomi di Nigeria. 57 persen dari 6,7 juta metrik ton beras yang dikonsumsi di Nigeria setiap tahunnya diproduksi secara lokal.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #negara #konsumen #beras #terbanyak #seluruh #dunia #tahun #20232024

KOMENTAR