Belum Lama Ditunjuk Jadi PM Baru Prancis, Gabriel Attal Terapkan Kebijakan Kontroversial
PM Prancis Gabriel Attal. (People News)
13:51
10 Januari 2024

Belum Lama Ditunjuk Jadi PM Baru Prancis, Gabriel Attal Terapkan Kebijakan Kontroversial

Presiden Emmanuel Macron resmi menunjuk Gabriel Attal sebagai Perdana Menteri Prancis pada usianya yang baru menginjak 34 tahun pada Selasa (9/1).

Penunjukan Attal dilakukan usai Elizabeth Borne mengajukan pengunduran diri sebagai PM Prancis bersama seluruh anggota pemerintahan, setelah menjabat kurang dari dua tahun.

”Presiden menunjuk Gabriel Attal sebagai perdana menteri dan menugaskan untuk membentuk pemerintahan,” demikian pernyataan Macron dilansir dari People News pada Rabu (10/1).

Gabriel Attal merupakan kepala pemerintahan termuda dan pertama di Prancis yang secara terbuka menyatakan dirinya sebagai seorang gay. Sebelum menjadi Perdana Menteri, Attal menjabat sebagai Menteri Pendidikan Prancis.

Selama menjabat, dia pernah menerapkan larangan memakai abaya di lingkungan sekolah pada September lalu.

”Tidak akan lagi mungkin untuk mengenakan abaya di sekolah,” ujar Attal kepada Washington Post.

Gabriel Attal menilai penggunaan pakaian tradisional perempuan muslim itu melanggar hukum sekuler yang ketat di Prancis. Terutama, dalam bidang pendidikan.

Larangan itu ditetapkan setelah debat salam berbulan-bulan di tingkat parlemen soal penggunaan abaya di sekolah-sekolah Prancis.

Sejumlah laporan muncul bahwa penggunaan abaya di sekolah semakin banyak dan hal itu membuat ketegangan di sekolah antara guru dan orang tua murid.

Terlepas dari kebijakannya yang kontroversial terutama bagi sekitar 3,35 juta umat muslim di Prancis itu penunjukan Attal sebagai PM Disebut membawa angin segara bagi Prancis.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #belum #lama #ditunjuk #jadi #baru #prancis #gabriel #attal #terapkan #kebijakan #kontroversial

KOMENTAR