Runtuhnya Narasi Kemenangan? Mayoritas Warga Israel Ingin Akhiri Perang Gaza
Polisi menggunakan meriam air saat warga Israel memprotes Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di Yerusalem, Israel, Sabtu (18/7/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/ Ammar Awad/foc/djo (REUTERS/AMMAR AWAD)
17:08
8 Oktober 2024

Runtuhnya Narasi Kemenangan? Mayoritas Warga Israel Ingin Akhiri Perang Gaza

Sebuah jajak pendapat Israel menunjukkan bahwa 53% dari pemukim Israel percaya bahwa sudah waktunya untuk mengakhiri perang di Jalur Gaza dan bahwa mencoba untuk mengalahkan perlawanan Palestina adalah tujuan yang tidak realistis.

Hasil survei yang dilakukan oleh Pusat Keluarga Viterbi untuk Pendapat Publik dan Penelitian Kebijakan diterbitkan di surat kabar Zionis Ma’ariv, menunjukkan bahwa 53% dari Zionis percaya bahwa sudah waktunya untuk mengakhiri perang di Gaza.

Hampir dua pertiga pemukim Zionis tidak merasa aman setelah Operasi Badai Al-Aqsa, yang dilakukan oleh gerakan perlawanan Palestina Hamas Oktober lalu, dan 62% percaya bahwa kembalinya tahanan Israel dari Gaza adalah tujuan utama rezim Zionis.

Jajak pendapat juga menunjukkan bahwa 29% persen menganggap penghancuran gerakan Hamas sebagai tujuan utama rezim Israel.

Baca Juga: "Seperti Hari Pertama Perang": Trauma dan Keputusasaan Warnai Setahun Serangan Hamas-Israel

Para peserta survei ini juga memberikan skor rendah pada kinerja pejabat politik dan militer berpangkat tinggi Israel, dan di antaranya, Itamar Ben-Gvir, menteri garis keras yang disebut keamanan internal, Yair Lapid, Pemimpin oposisi dan Benjamin Netanyahu, perdana menteri rezim Zionis, telah menerima skor terendah dalam hal ini.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #runtuhnya #narasi #kemenangan #mayoritas #warga #israel #ingin #akhiri #perang #gaza

KOMENTAR