Satu-satunya di Dunia! Epic OneWater Brew Jadi Bir Daur Ulang dari Air Limbah Pertama di San Fransisco
Epic OneWater Brew, satu-satunya bir di dunia yang terbuat dari air limbah (sumber: web Epic Cleantec)
20:36
27 Januari 2024

Satu-satunya di Dunia! Epic OneWater Brew Jadi Bir Daur Ulang dari Air Limbah Pertama di San Fransisco

 

 Sebuah inovasi ramah lingkungan tercipta dari perusahaan kecil di San Fransisco, AS. Perusahaan tersebut bernama Epic Cleantec. 

Didirikan pada tahun 2015, Epic Cleantec adalah sebuah perusahaan yang berbasis pada pelayanan lingkungan.

Di Epic Cleantec, mereka telah melakukan sesuatu inovasi dengan cara yang berbeda. Yaitu, mendaur ulang air limbah apartemen menjadi bir.

Melansir dari laman Epic Cleantec, ide pembuatan bir tersebut tercetus ketika San Fransisco telah mengesahkan peraturan bahwa air harus bisa digunakan kembali.

Dari situlah mereka mendapat ide, untuk melakukan inovasi daur ulang terhadap air limbah dan menciptakan Epic OneWater Brew, sebagai satu-satunya minuman bir yang berasal dari air limbah di dunia.

Penemuan ramah lingkungan yang mereka ciptakan ini, berhasil menjadikan Epic Cleantec sebagai perusahaan pertama di dunia. Dengan memproduksi bir dari air limbah, yang dimurnikan dari bagunan tempat tinggal bertingkat tinggi.

Epic OneWater Brew juga dinobatkan sebagai penemuan terbaik di majalah Time pada tahun 2023 kemarin, yang menjadikannya sebuah bukti nyata dari potensi teknologi masa kini.

Lantas, apakah air daur ulang aman untuk diminum?

Saat mereka memulai proyek pembuatan bir ini pada September 2022, mereka sempat meragukan untuk menggunakan air limbah tersebut.

Meskipun, telah banyak pembuat bir yang menganut konsep air daur ulang. Namun, masih banyak masyarakat yang masih beranggapan, bahwa kualitas minuman dari air limbah akan lebih rendah dari air bersih murni.

Untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, jawabannya hanyalah dengan teknologi canggih yang bisa mendaur ulang air limbah, agar aman untuk dikonsumsi.

Salah satu pendiri Epic Cleantec, Igor Tartakovsky, meyakinkan tim  perusahaan dengan sebuah kalimat. “Menurut Anda, apa yang diminum para astronot ketika mereka berada di luar angkasa?”

Dan jawaban yang ia berikan, tentu saja air daur ulang. Tetapi mereka menyebutnya dengan air reklamasi, yaitu air yang diolah untuk menghilangkan kontaminan. Sehingga dapat digunakan kembali dengan aman untuk tujuan yang bermanfaat.

Dengan begitu, bagaimanakah proses pembuatan Epic OneWater Brew itu sendiri?

Perusahaan ini menggunakan air limbah yang berasal dari gedung apartemen mewah bertingkat 40 di San Fransisco, yaitu Fifteen Fifty.

Pada akhir September 2022, Epic Cleantec mengirimkan sekitar 2 ribu galon air daur ulang ini dari gedung Fifteen Fifty, ke mitra pembuatan bir mereka di Devil’s Canyon Brewing.

Disanalah proses penyaringan dilakukan, dengan melibatkan bakteri yang menargetkan kontaminan. 

Kemudian disaring melalui membran 1/1000, dan di desinfeksi dengan sinar UV serta klorin. 

Selanjutnya, air limbah akan disaring kembali, sehingga air saringan tersebutlah yang diolah menjadi bir ala Kölsch.

Pada akhir Oktober 2022, proses pembuatan Epic OneWater Brew pun selesai. Tak lupa, minuman ini juga diberi desain kemasan dengan siluet gedung Fifteen Fifty yang ditampilkan secara jelas.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #satu #satunya #dunia #epic #onewater #brew #jadi #daur #ulang #dari #limbah #pertama #fransisco

KOMENTAR