Tanggapan Netanyahu Setelah 24 Tentaranya Tewas Bareng-bareng, Bersedih tapi Ingin Lanjutkan Perang
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memimpin rapat kabinet di pangkalan militer Kirya, yang menampung Kementerian Pertahanan Israel, di Tel Aviv pada 24 Desember 2023. 
22:10
23 Januari 2024

Tanggapan Netanyahu Setelah 24 Tentaranya Tewas Bareng-bareng, Bersedih tapi Ingin Lanjutkan Perang

Sebanyak 21 tentara Israel tewas menandai serangan tunggal paling mematikan terhadap Pasukan Israel sejak perang di Gaza dimulai.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berduka atas tentara tersebut tetapi berjanji untuk terus melanjutkan serangan sampai kemenangan mutlak diraih.

Satu tentara dalam jumlah besar tewas di Jalur Gaza dalam serangan paling mematikan terhadap pasukan Israel sejak serangan Hamas pada 7 Oktober yang memicu perang, kata militer pada Selasa, sebuah kemunduran besar yang dapat menambah meningkatnya seruan gencatan senjata.

Beberapa jam kemudian, militer mengumumkan bahwa pasukan darat telah mengepung kota selatan Khan Younis, kota terbesar kedua di Gaza, di mana pertempuran sengit dalam beberapa hari terakhir.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berduka atas tentara tersebut tetapi berjanji untuk terus melanjutkan serangan sampai kemenangan mutlak atas Hamas.

Dia juga berjanji akan mengembalikan lebih dari 100 sandera yang ditawan di Gaza. Namun masyarakat Israel semakin terpecah mengenai pertanyaan apakah hal tersebut mungkin dilakukan, dan banyaknya korban di pihak Israel telah menekan pemerintah Israel untuk menghentikan operasi militer di masa lalu.

Sementara itu, seorang pejabat senior Mesir mengatakan Israel telah mengusulkan gencatan senjata selama dua bulan di mana para sandera akan dibebaskan dengan imbalan pembebasan warga Palestina yang dipenjara oleh Israel dan para pemimpin tinggi Hamas di Gaza akan diizinkan untuk pindah ke negara lain.

Pejabat tersebut, yang tidak berwenang memberi pengarahan kepada media dan berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan Hamas menolak usulan tersebut dan bersikeras bahwa tidak ada lagi sandera yang akan dibebaskan sampai Israel mengakhiri serangannya dan menarik diri dari Gaza. Pemerintah Israel menolak mengomentari pembicaraan tersebut.

Pejabat itu mengatakan Mesir dan Qatar, yang menjadi perantara perjanjian-perjanjian masa lalu antara Israel dan Hamas, sedang mengembangkan proposal multi-tahap untuk mencoba menjembatani kesenjangan tersebut.

Keluarga para sandera telah menyerukan Israel untuk mencapai kesepakatan dengan Hamas, dan mengatakan bahwa waktu hampir habis untuk membawa pulang para sandera dalam keadaan hidup.

Pada hari Senin, pasukan cadangan Israel sedang mempersiapkan bahan peledak untuk menghancurkan dua bangunan di Gaza tengah ketika seorang militan menembakkan granat berpeluncur roket ke sebuah tank di dekatnya. Ledakan itu memicu ledakan, menyebabkan kedua bangunan dua lantai itu runtuh menimpa tentara di dalamnya.

Setidaknya 217 tentara tewas sejak serangan darat dimulai pada akhir Oktober, termasuk tiga orang tewas dalam serangan terpisah pada Senin, menurut militer.

Netanyahu mengakui ini adalah salah satu hari tersulit sejak perang dimulai dan mengatakan militer akan melakukan penyelidikan.

“Atas nama pahlawan kami, dan demi hidup kami sendiri, kami tidak akan berhenti berjuang hingga kemenangan mutlak,” tulisnya di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Israel melancarkan serangannya setelah Hamas melintasi perbatasan pada 7 Oktober, menewaskan lebih dari 1.200 orang dan menculik sekitar 250 lainnya. Lebih dari 100 orang dibebaskan pada bulan November sebagai imbalan atas gencatan senjata selama seminggu dan pembebasan 240 warga Palestina yang dipenjara oleh Israel.

Serangan tersebut telah menyebabkan kehancuran yang luas, membuat sekitar 85 persen penduduk Gaza mengungsi dan menyebabkan lebih dari 25.000 warga Palestina tewas, menurut pejabat kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas.

PBB dan badan-badan bantuan internasional mengatakan pertempuran tersebut telah menyebabkan bencana kemanusiaan, dengan seperempat dari 2,3 juta penduduk Gaza menghadapi kelaparan.

Perang tersebut telah meningkatkan ketegangan regional, dengan kelompok-kelompok yang didukung Iran di Lebanon, Suriah, Irak dan Yaman menyerang sasaran-sasaran Amerika Serikat dan Israel untuk mendukung Palestina.

AS dan Inggris kembali melancarkan gelombang serangan pada hari Senin terhadap pemberontak Houthi di Yaman, yang menargetkan pelayaran internasional di Laut Merah dalam apa yang mereka gambarkan sebagai blokade terhadap Israel.

Hamas menghadapi salah satu serangan udara dan darat paling mematikan dalam sejarah baru-baru ini. Tapi, militan Hamas masih memerangi pasukan Israel di seluruh wilayah dan meluncurkan roket ke Israel.

Serangan yang menewaskan tentara tersebut terjadi sekitar 600 meter dari perbatasan di Maghazi, salah satu dari tiga kamp pengungsi yang dibangun di Gaza tengah sejak perang tahun 1948 seputar pembentukan Israel.

Operasi darat telah difokuskan di kamp-kamp tersebut, serta Khan Younis, setelah Israel mengklaim telah mengalahkan Hamas di Gaza utara dalam operasi yang menyebabkan kerusakan luas di bagian wilayah tersebut, termasuk Kota Gaza.

IDF mengatakan pasukannya telah membunuh puluhan militan Hamas di Khan Younis dalam beberapa hari terakhir dan berhasil mengepung kota tersebut. Laporan tersebut tidak memberikan bukti, dan tidak mungkin untuk mengkonfirmasi rincian secara independen mengenai pertempuran di sana.

Israel yakin para komandan Hamas mungkin bersembunyi di kompleks terowongan yang luas di bawah Khan Younis, kampung halaman pemimpin tertinggi kelompok itu di Gaza, Yehya Sinwar, yang lokasinya tidak diketahui. Para pemimpin Hamas juga diyakini menggunakan sandera sebagai tameng manusia, sehingga semakin mempersulit upaya penyelamatan.

Meningkatnya angka kematian dan situasi kemanusiaan yang mengerikan telah menyebabkan meningkatnya tekanan internasional terhadap Israel untuk mengurangi serangan dan menyetujui pembentukan negara Palestina setelah perang. Amerika Serikat, yang telah memberikan bantuan militer penting untuk serangan tersebut, juga ikut serta dalam seruan tersebut.

Namun Netanyahu, yang popularitasnya anjlok sejak 7 Oktober dan koalisi pemerintahannya terikat pada partai-partai sayap kanan, telah menolak kedua tuntutan tersebut.

Sebaliknya, ia mengatakan Israel perlu memperluas operasi dan pada akhirnya mengambil alih sisi Gaza yang berbatasan dengan Mesir, tempat ratusan ribu warga Palestina yang melarikan diri dari daerah lain berkumpul di tempat penampungan yang dikelola PBB dan kamp tenda yang luas.

(Sumber: The Messenger)

Tag:  #tanggapan #netanyahu #setelah #tentaranya #tewas #bareng #bareng #bersedih #tapi #ingin #lanjutkan #perang

KOMENTAR