''Ukraina Hari Ini, Asia Timur Esok?'' PM Jepang Baru Peringatkan Ancaman Perang Regional
Perdana Menteri Jepang Shigeru Ishiba (X)
16:16
4 Oktober 2024

''Ukraina Hari Ini, Asia Timur Esok?'' PM Jepang Baru Peringatkan Ancaman Perang Regional

Perdana Menteri baru Jepang Shigeru Ishiba memperingatkan dalam pidato kebijakan pertamanya hari Jumat bahwa Ukraina hari ini bisa menjadi Asia Timur di masa mendatang sambil juga menyebut angka kelahiran rendah negara itu sebagai "darurat yang tenang".

"Banyak yang khawatir bahwa Ukraina hari ini bisa menjadi Asia Timur di masa mendatang. Mengapa pencegahan tidak berhasil di Ukraina?" Ishiba mengatakan kepada parlemen.

"Dikombinasikan dengan situasi di Timur Tengah, masyarakat internasional menjadi semakin terpecah dan konfrontatif," kata mantan menteri pertahanan berusia 67 tahun itu.

Ishiba tidak merujuk langsung ke China tetapi hubungan negaranya dengan Beijing telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir karena menegaskan kehadiran militernya di sekitar wilayah yang disengketakan di wilayah tersebut.

Baca Juga: Zelensky: Ukraina Semakin Dekat dengan Akhir Perang!

Yang menjadi perhatian khusus adalah Taiwan. Beijing mengklaim pulau demokrasi itu sebagai bagian dari wilayahnya dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa pulau yang diperintah sendiri itu di bawah kendalinya.

Jepang juga membuat China kesal dengan rencana peningkatan besar dalam pengeluaran pertahanan dan dengan meningkatkan hubungan keamanan dengan Amerika Serikat dan sekutunya termasuk Filipina dan Korea Selatan.

Pada bulan Agustus, sebuah pesawat militer China melakukan serangan pertama yang dikonfirmasi oleh China ke wilayah udara Jepang, diikuti beberapa minggu kemudian oleh sebuah kapal perang Jepang yang berlayar melalui Selat Taiwan untuk pertama kalinya.

Ishiba telah mendukung pembentukan aliansi militer regional seperti NATO, dengan mengatakan pada hari Selasa bahwa lingkungan keamanan di Asia adalah "yang paling parah sejak akhir Perang Dunia II".

Penurunan populasi

Baca Juga: Zelenskyy Kritik Rencana JD Vance yang Dukung Penyerahan Wilayah Ukraina ke Rusia: Ini Sinyal Berbahaya!

Jepang, seperti banyak negara maju, menghadapi krisis demografi yang mengancam karena populasinya menua dan angka kelahiran tetap rendah.

Negara ini memiliki populasi tertua di dunia setelah Monaco yang kecil, menurut Bank Dunia.

Tahun lalu, angka kelahirannya -- jumlah rata-rata anak yang diharapkan dimiliki seorang wanita dalam hidupnya -- mencapai 1,2, jauh di bawah 2,1 yang dibutuhkan untuk mempertahankan populasi.

Pada hari Jumat, Ishiba menyebut situasi angka kelahiran sebagai "darurat yang tenang", menambahkan bahwa pemerintah akan mempromosikan langkah-langkah untuk mendukung keluarga seperti jam kerja yang fleksibel.

Upah minimum Kishida tidak populer di kalangan pemilih karena serangkaian skandal dan inflasi yang menekan pendapatan di ekonomi terbesar keempat di dunia. Ishiba ingin meningkatkan pendapatan melalui paket stimulus moneter baru serta dukungan untuk pemerintah daerah dan rumah tangga berpenghasilan rendah.

Dalam dekade ini, ia mengatakan pada hari Jumat bahwa ia ingin menaikkan upah minimum nasional rata-rata menjadi 1.500 yen ($10,20) per jam, naik hampir 43 persen dari 1.050 yen saat ini. Yen melonjak Jumat lalu setelah Partai Demokrat Liberal (LDP) memilih Ishiba sebagai pemimpin barunya karena ia secara luas mendukung keluarnya Bank of Japan dari kebijakannya yang sangat longgar.

Namun Ishiba mengatakan kepada wartawan pada hari Rabu malam bahwa ia tidak berpikir lingkungannya tepat untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut, yang membuat mata uang Jepang kembali melemah. Pada Jumat sore, satu dolar dibeli 146,02 yen, setelah sedikit pulih dari level di atas 147 pada awal minggu ini.
Suksesi

Ishiba juga mempertimbangkan kelangkaan pewaris laki-laki yang memenuhi syarat untuk tahta kekaisaran.

Aturan suksesi khusus laki-laki berarti keluarga kekaisaran menghadapi kepunahan, dengan hanya satu pewaris muda: keponakan Kaisar Naruhito yang berusia 18 tahun, Pangeran Hisahito.

Putri kaisar, Putri Aiko, 22 tahun, dilarang naik takhta berdasarkan Undang-Undang Rumah Tangga Kekaisaran, yang berlaku sejak 1947.

Wanita kerajaan harus meninggalkan keluarga ketika mereka menikahi orang biasa -- seperti pada tahun 2021, ketika mantan putri Mako Komuro, keponakan Naruhito, menikahi kekasihnya di universitas.

Anggota parlemen pada bulan Mei mulai membahas kemungkinan pelonggaran aturan suksesi yang ketat, dan jajak pendapat Kyodo News baru-baru ini menemukan 90 persen dukungan publik untuk suksesi perempuan.

"Suksesi kerajaan yang stabil sangatlah penting. Menstabilkan jumlah anggota Keluarga Kekaisaran merupakan isu yang sangat mendesak," kata Ishiba kepada parlemen, sambil menyerukan perdebatan aktif mengenai isu tersebut.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #ukraina #hari #asia #timur #esok #jepang #baru #peringatkan #ancaman #perang #regional

KOMENTAR