Dua Tahun Jadi Tawanan Rusia, Marinir Ukraina Pulang Dalam Keadaan Linglung
Ilustrasi tentara Ukraina yang menjadi bagian pertukaran tahanan erang dengan Rusia 
04:30
28 September 2024

Dua Tahun Jadi Tawanan Rusia, Marinir Ukraina Pulang Dalam Keadaan Linglung

Seorang anggota marinir Ukraina yang dua tahun menjadi tahanan Rusia kembali dalam keadaan linglung.

Yuriy Hulchuk, 22 tahun, mengalami trauma berat diduga akibat penyiksaan yang dilakukan oleh militer Rusia selama dia menjadi tahanan perang.

Media Ukraina hromadske.ua mengabarkan, Yuriy Hulchuk dari Brigade Marinir ke-36 lebih banyak berada di tahanan selama peperangan melawan Rusia.

Ia tertangkap sejak beberapa bulan setelah invasi Rusia. Sejak itu ia diduga mengalami penyiksaan oleh tentara Rusia.

Setelah pertukaran tahanan, ia dilarikan ke ruang perawatan intensif dalam kondisi mental yang serius.

Saat dilapas dalam pertukaran tahanan, pria ini tidak dapat berbicara.

Kepada ibunya, Yuriy Hulchuk mengaku merasa jiwanya terpisah dari tubuhnya.

Ia melihat dirinya sendiri seolah-olah melalui kaca, melihat tangannya di dekat piring berisi makanan dan tidak dapat memegang sendok.

"Ia mengenali wajah dan suara saya hanya tiga hari kemudian. Namun pengenalan emosional datang pada hari ke-4 - ia menangis dan memeluk saya seperti anak memeluk ibunya. Pagi itu, psikiater berkata: agar Yuriy dapat berbicara lagi, ia harus menghabiskan setidaknya satu tahun di bangsal psikiatri. Namun, ia berbicara tujuh jam setelah itu. Dan ia mulai pulih dengan sangat cepat," ibu Yuriy, Milana, memberi tahu wartawan.

Ibu Yuriy Hulchuk menjemput sang anak tujuh hari setelah pertukaran tahanan.

Namun, pemuda itu tetap tidak mau menjawab terlalu banyak pertanyaan. Dia juga dengan tegas menghentikan segala upaya ibunya untuk menyelidiki pikirannya terlalu dalam. "Ini belum waktunya. Dia baru mulai kembali pada kehangatan dan cinta, meninggalkan kebencian dan sikap dingin Rusia," tulis laporan itu.

Sebelum perang, Yuriy tekun belajar bahasa Mandarin di Universitas Linguistik Nasional Kyiv. 

Pada tahun kedua kuliahnya, pada musim gugur 2021, dia memutuskan untuk bergabung dengan angkatan bersenjata dan direkrut ke unit Korps Marinir. 

Dua minggu sebelum perang skala penuh, pemuda itu menandatangani kontrak dengan brigadenya. Dia ditempatkan di Mariupol, tempat dia bertempur untuk Pabrik Illich setempat sebelum ditangkap oleh pasukan penyerbu.

Baca juga: Tim ICC memeriksa ruang penyiksaan Rusia di wilayah Kharkiv
Ibunya melihat namanya dalam daftar tawanan perang di situs web Rusia pada 18 April 2022. Awalnya dia termasuk di antara mereka yang ditahan di koloni hukuman Olenivka, tempat lebih dari 50 tawanan perang Ukraina tewas dalam serangan teroris yang direncanakan oleh Rusia.

Lokasi Penyiksaan Tahanan Perang di Kharkiv

Kepala Kantor Tim Ukraina dari Kejaksaan Mahkamah Pidana Internasional, Brenda J. Hollis, bersama dengan timnya, memeriksa ruang penyiksaan yang didirikan oleh militer Rusia selama pendudukan mereka di wilayah Kharkiv. 

Layanan pers Kantor Kejaksaan Agung Ukraina melaporkan hal ini di Telegram, yang dilihat oleh Ukrinform. 

Video hari ini Putar Video Perlu dicatat, bahwa selama kunjungan perwakilan Mahkamah Pidana Internasional, Kepala Departemen Pemberantasan Kejahatan yang Dilakukan dalam Kondisi Konflik Bersenjata dari Kantor Kejaksaan Daerah Kharkiv, Spartak Borysenko, mengatakan bahwa jaksa penuntut, bersama dengan petugas penegak hukum lainnya, menemukan 25 ruang penyiksaan di wilayah Kharkiv. Bukti yang dikumpulkan menunjukkan bahwa para tahanan menjadi sasaran penyiksaan, kekerasan fisik, psikologis, dan seksual. 

Orang-orang hampir tidak diberi makan dan hanya diberi air minum teknis. Rusia memotong gigi mereka, mengikat pergelangan tangan mereka, mengangkat tubuh orang ke udara dengan kait logam pada derek, mencabut paku, mengalirkan listrik melalui kabel yang terpasang pada berbagai bagian tubuh, dan memukul mereka dengan tongkat karet.

Kepala Departemen Perang, Yurii Bielousov, juga mengatakan bahwa sebagai bagian dari penyelidikan yang lebih luas terhadap tindak pidana yang dilakukan di Ukraina, jaksa ICC sedang mengumpulkan dan menganalisis bukti penyiksaan warga sipil di wilayah Kharkiv.

"Kerja sama kami yang membuahkan hasil dengan ICC terus berlanjut. Fokusnya harus pada para penjahat yang terhadapnya terdapat cukup bukti untuk dituntut tanpa memandang pangkat atau jabatan mereka. Kami melakukan segala yang mungkin untuk membawa semua penjahat ke pengadilan. Dan itu pasti akan terjadi. Ini hanya masalah waktu," layanan pers Bielousov mengutip.

Seperti yang dilaporkan, pada Juni 2024, Brenda Hollis mengatakan dalam sebuah lokakarya untuk jurnalis bahwa perwakilan Pengadilan Kriminal Internasional sedang mengidentifikasi lokasi-lokasi di mana Rusia secara brutal menyiksa tahanan perang dan warga sipil Ukraina.

Pada September 2023, ICC membuka kantor lapangannya di Kyiv.

Sejak Maret 2022, kantor ICC telah melakukan penyelidikan independennya sendiri terhadap kejahatan perang Rusia yang dilakukan di Ukraina.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #tahun #jadi #tawanan #rusia #marinir #ukraina #pulang #dalam #keadaan #linglung

KOMENTAR