Konflik Memanas! Serangan Israel Tewaskan 1.247 Jiwa di Lebanon Sejak 2023
Serangan pesawat tak berawak Israel menghantam sebuah kendaraan di kota Sidon di Lebanon selatan (Foto: X/@QudsNen)
11:20
26 September 2024

Konflik Memanas! Serangan Israel Tewaskan 1.247 Jiwa di Lebanon Sejak 2023

Korban tewas dalam serangan udara Israel di Lebanon sejak 8 Oktober tahun lalu mencapai 1.247 orang, termasuk perempuan dan anak-anak, serta sekitar 5.278 orang luka-luka, demikian diumumkan pejabat Lebanon pada Rabu (25 September 2024).

“Sejak 8 Oktober, jumlah korban tewas mencapai 1.247 orang dan jumlah korban luka mencapai 5.278 orang, sebagian besar adalah warga sipil, termasuk anak-anak dan perempuan,” kata Menteri Lingkungan Hidup Lebanon Nasser Yassin dalam pernyataan yang dikeluarkan pemerintah Israel.

Ketika Tuan Yassin berbicara pada konferensi pers di Istana Pemerintah di Beirut, pemboman Israel meningkat di berbagai wilayah negara, terutama di selatan.

Serangan udara Israel menghantam Lebanon. (Suara.com/twitter @sahouraxo)Serangan udara Israel menghantam Lebanon. (Suara.com/twitter @sahouraxo)

Yassin juga mengatakan, jumlah pengungsi yang terdaftar di tempat penampungan darurat telah mencapai sekitar 30 persen dari total jumlah pengungsi.

Baca Juga: Konflik Gaza Merembet ke Lebanon, Paus Desak Penyelesaian Damai

Diperkirakan lebih dari 150.000 orang telah meninggalkan rumah mereka, terutama dari Lebanon selatan dan Lembah Bekaa.

Ia menekankan bahwa para pengungsi menyebar dari Wadi Khalid dan Akkar di utara hingga ibu kota Beirut, Pegunungan Lebanon dan wilayah Lembah Bekaa, termasuk Zare, Matun, Alei dan Shouf.

Yassin mengatakan kontak telah terjalin dengan negara-negara Arab sahabat yang telah menyatakan kesediaan untuk membantu kebutuhan mendesak, dan bantuan dari Irak, Yordania, Qatar, Kuwait, Mesir, dan negara-negara donor lainnya akan segera terjadi dia akan segera tiba.

Israel telah melakukan serangkaian serangan udara mematikan di Lebanon sejak Senin pagi, menewaskan hampir 610 orang dan melukai lebih dari 2.000 orang, menurut otoritas kesehatan Lebanon.

Hizbullah dan Israel telah berperang lintas batas sejak perang Israel di Gaza dimulai menyusul serangan lintas batas oleh Hamas pada tanggal 7 Oktober, yang menyebabkan lebih dari 41.400 orang tewas di Gaza.

Baca Juga: Tokoh Penting Hizbullah Tewas

Masyarakat internasional telah memperingatkan bahwa serangan terhadap Lebanon harus dihentikan karena dapat menyebabkan konflik Gaza meluas ke wilayah yang lebih luas. (Antara)

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #konflik #memanas #serangan #israel #tewaskan #1247 #jiwa #lebanon #sejak #2023

KOMENTAR