Memanasnya Konflik Israel-Hizbullah Berpotensi Menyeret Iran dan Amerika Serikat
Serangan udara Israel menghantam Lebanon. (Suara.com/twitter @sahouraxo)
09:04
25 September 2024

Memanasnya Konflik Israel-Hizbullah Berpotensi Menyeret Iran dan Amerika Serikat

Selama hampir setahun, Israel dan Hizbullah terlibat dalam pertikaian lintas batas yang semakin provokatif karena para pengamat memperingatkan bahwa perang yang semakin meningkat ini dapat menyebabkan konflik habis-habisan di wilayah tersebut. Beberapa hari terakhir telah membuat skenario yang menghancurkan itu semakin mendekati kenyataan.

Pertama-tama adalah serangan pager dan walkie-talkie Israel, serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap komunikasi Hizbullah yang melukai ribuan operator organisasi tersebut.

Disusul oleh pembunuhan Ibrahim Aqil, seorang pemimpin utama Hizbullah, yang tewas dalam serangan udara yang juga menewaskan komandan senior kelompok militan lainnya, serta beberapa warga sipil. Hizbullah menanggapi dengan memperluas jangkauan geografis roketnya yang ditembakkan ke Israel, menargetkan fasilitas militer dan lingkungan sipil di seluruh Israel utara.

Israel kemudian melancarkan serangan udara segar yang menewaskan lebih dari 270 orang, menurut otoritas kesehatan Lebanon, yang juga menyebabkan ribuan penduduk dari Lebanon Selatan mengungsi ke utara negara tersebut.

Baca Juga: Darurat Lebanon: Malaysia Imbau Warga Tunda Perjalanan!

Sebagai seorang sarjana Lebanon dan Israel, saya telah mengikuti dinamika perang atrisi ini sejak 8 Oktober 2023, sehari setelah Hamas melakukan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan mematikan terhadap Israel, yang ditanggapi dengan membombardir Jalur Gaza. Hizbullah kemudian mulai menembakkan roket ke Israel utara sebagai bentuk solidaritas dengan Hamas di Gaza.

Meskipun ada retorika yang tinggi dan ancaman saling menghancurkan, hingga beberapa hari terakhir baik Israel maupun Hizbullah, maupun sponsor terakhir Iran, tidak menunjukkan minat dalam perang skala penuh.

Semua pihak pasti mengetahui sendiri kemungkinan konsekuensi destruktif dari kemungkinan tersebut: Israel memiliki kekuatan militer untuk menghancurkan Beirut dan bagian lain Lebanon seperti yang dilakukannya di Gaza, sementara Hizbullah yang melemah pun dapat menembakkan ribuan rudal ke lokasi strategis Israel, dari bandara hingga pusat Tel Aviv, jalur pasokan air dan pusat listrik, serta rig gas lepas pantai.

Jadi, mereka malah saling tembak-menembak di sepanjang perbatasan bersama, dengan garis merah yang disepakati mengenai cakupan geografis serangan dan upaya untuk tidak secara sengaja menargetkan warga sipil.

Namun, serangan Israel baru-baru ini di Lebanon mungkin telah mengubah halaman perang yang melelahkan ini menjadi situasi yang baru dan jauh lebih akut, yang menempatkan wilayah tersebut di ambang perang penuh. Perang semacam itu akan mendatangkan malapetaka di Lebanon dan Israel, dan mungkin juga menyeret Iran dan Amerika Serikat ke dalam konfrontasi langsung.

Baca Juga: Zelensky: Ukraina Semakin Dekat dengan Akhir Perang!

Dengan demikian, hal itu juga akan memenuhi tujuan orang-orang bersenjata Hamas yang membunuh sekitar 1.200 warga Israel pada 7 Oktober dengan harapan bahwa tanggapan Israel yang keras akan menarik lebih banyak kelompok di seluruh wilayah.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #memanasnya #konflik #israel #hizbullah #berpotensi #menyeret #iran #amerika #serikat

KOMENTAR